liputanindo.com – Segera Sesaat setelah Sesi test Ride Honda CBR150R, Astra Honda Motor mempersiapkan sebuah Acara Bedah teknologi Kepada mambahas beberapa teknologi dan fitur Baru Yang hadir pada Honda CBR150R Model year 2021 ini dan tentunya salah satu yang menjadi Hal Esensial dan Plaing sering menjadi pertanyaan adalah Apa Kepribadian yang membedakan Suspensi Inverted SFF-BP dibandingkan SFF dan Bagaimana Suspensi ini Dapat dicangkokan ke Honda CBR150R Versi Sebelumnya atau Bahkan Motor Honda yang lain. Dan AHM mempersiapkan Pak Endro Sutarno sebagai Senior Intructure TSD AHM Sebagai Nara Sumber.
Hal pertama yang diinfokan Oleh Pak Endro adalah mengenai Struktur dan Perbedaan Kepribadian Suspensi Upside Down Showa SFF-BP ini dibandingkan dengan Suspensi SFF. Secara Lumrah Diameter Tube dari Suspensi yang dipakai Oleh Honda CBR150R ini persis sama dengan yang dipakai di CBR250RR.
Kami liputanindo Menyaksikan dengan Mata kepala sendiri bahwa memang Cocok dari atas ke Rendah dimensinya sama persis panjang Shock, dan diameternya Plek ketiplek. Tetapi memang Braket Kepada pegangan/ Mountung Kaliper di bagian Rendah Agak Berbeda karena perbedaan jenis kalipernya dan diameter kalipernya.
Lampau Yang kedua adalah Struktur jeroannya . . . AHM sengaja Memotong penampang sisi samping dari Tube dari supensi ini dan memang terlihat bahwa Struktur dalam dari suspensi antara Punya CBR150R ( Rona gold) dan CBR250RR ( Rona Hitam ) memang berbeda. Kedua Suspensi ini sama sama Mempunyai fungsi berbeda antara fork kanan dan Kiri ( SFF ) Tetapi yang Krusial adalah soal Big Pistonnya ..
Pada supensi USD CBR150 terlihat hanya Mempunyai satu piston, satu silinder dan Kagak Mempunyai Tube ( silinder) dalam dan Catridge. Terlihat struktur Per ( Pegas/ spring ) di dalamnya Juga berbeda sob.
Lampau Pak Endro menjelaskan Bahwa Suspensi Showa SFF BP yang hadir pada CBR150R itu Mempunyai Kepribadian yang lebih responsif dan Mempunyai stabilitas pengereman yang lebih Bagus. Sementara Suspensi USD Showa SFF pada CBR250RR lebih Mempunyai Kepribadian respon pada Cornering yang lebih Bagus. liputanindo tebak ini lebih ke Kepribadian Low Speed Compressionnnya. Pak Endro juga menjelaskan Bahwa Suspensi SFF CBR250RR Punya Kepribadian Respon yang lebih Bagus juga pada jalanan yang Mempunyai permukaan Kurang Mulus ( Gronjalan )
Dalam pembicaraan ini Juga pak Endro kembali menjelaskan Bahwa suspensi ini Dapat dipakai Di Honda CBR150R generasi sebelumnya. Poros Komstirnya sama seperti Kepribadian Poros komstir Motor Honda Pada Umumnya Tetapi memang ‘Modalnya’ lebih banyak di mana Kita Harus beli kedua Tube suspensi, Lampau Triple Clamp atas, T Rendah, Setang Clip On, serta tentunya As Toda Rendah karena Jarak kedua Fork ini lebih renggang dibandingkan dengan Supensi depan CBR150R generasi sebelumnya.
kalau Mau di Swap ke CBR250RR ? tentu Sobat sekalian Juga Harus melakukan setup terlebih dahulu terlebih mengenai Parameter SAG dari Motor Apabila CBR250RR yang notabenennya lebih Berat Bobotnya bila dibandingkan dengan CBR150R Apabila Mau Mengganti Tube Suspensi depan SFF CBR250RR menggunakan suspensi SFF-BP Punya CBR150R . . Tetapi secara Lumrah dimensi Outer Tube keduanya Asli sama persis diamaternya, jadi tinggal di Clamp Saja sih
Bicara soal harga part sepertinya Belum Terdapat penjelasan Karena memang Data harga partnya sendiri belum hadir. Tetapi Confirmed bahkan sehari sebelum Test Sendiri, liputanindo sudah Pesan ke AHM satu Set Assy Suspensi ini yang sepertinya Kepada meng-custom suspensi Si-Casey CBR150R Repsol Punya kami . . Tunggu Saja deh Update pemasanggannya sob, karena kami juga agak kepo nih merasakan feel suspensi ini di atas CBR150R Generasi yang lebih Uzur
Taufik of BuitenZorg | @liputanindo