Kuak Transmisi Semi-Mekanis Kawasaki Hybrid

liputanindo.com – Seperti kita ketahui Berbarengan pada gelaran Suzuka 8H 2022, Kawasaki Motor Jepang sempat memberikan semacam penampilan demonstrasi dua motor masa depan mereka yang full 100% listrik dan hybrid. Pada gambar paten yang hadir via Cycle World terlihat bahwa Bagian dimensi mesin bakar dan mesin listrik sudah semakin proporsional, Tetapi sepertinya Kepada motor ini ukuran baterainya Bukan terlalu besar.

Dari sudut pandang ini terlihat bahwa kemungkinan ide dari desain sistem hybrid pada sepeda motor Kawasaki ini berbeda dengan mobil. Kalau pada mobil, hybrid dirancang sehingga sanggup menempuh ratusan kilometer dalam mode 100% listrik saja sehingga membutuhkan baterai yang juga berkapasitas besar.

Sementara pada sistem hybrid Kawasaki mungkin tujuannya hanya melaju dalam mode 100% listrik Kepada menempuh jarak yang pendek/dekat. Sedangkan Kepada cruising jarak jauh tetap bertumpu pada mesin bakar konvensional sembari memungkinkan potensi kombinasi dengan mesin listrik sehingga Bisa menghadirkan boost performa ketika dibutuhkan.

Cek Artikel:  Krisis KTM Dapat percepat era Moto3 Baru yang Bermesin Tunggal !

Nah Kepada motor hybrid yang memadukan mesin bakar konvensional dua silinder dengan mesin listrik terlihat Bukan hadir tuas kopling di daerah dekat footpeg kiri dari pengendara dan ini cukup berbeda dibandingkan desain paten awal yang menunjukan transmisi full-clutch. Kawasaki sendiri belum merilis penjelasan apapun, Tetapi rumor langsung membahana di mana Kawasaki akan menghadirkan transmisi semi-Mekanis pada mesin sepeda motor hybrid mereka ini.

Seperti yang dijelaskan oleh jurnalis Ben Purvis, pada gambar aplikasi paten baru, hadir motor penggerak listrik berpendingin cairan (M). Dan hasil dari putaran mesin listrik ini disalurkan ke poros input sproket depan setelah sebelumnya memasuki sistem transmisi. Nah sistem transmisi yang ditengarai Mempunyai 6 percepatan (G1 Tamat G6) ini dipakai bersamaan dengan mesin bakar konvensional.

Cek Artikel:  Preview Potensi Mesin Honda 125 cc eSP+ 4 Valve . . Bisa Kail Power Lebih Tinggi!

Sistem transmisi yang Kawasaki desain adalah menerapkan perpindahan gigi semi-Mekanis menggunakan tombol tekan pada setang kiri dan bukan tuas yang dikendalikan kaki kiri. Kawasaki menggunakan sistem kendali komputer yang mengatur giliran  penggunaan antara tenaga listrik dan tenaga mesin pembakaran serta mengatur pengedalian jalannya kopling dan shifter. Jadi pada dasarnya full-clutch, Tetapi yang menjalankan sistem clutchnya adalah komputer.

Sobat Bisa Menyaksikan sendiri secara teknis desain dari gigi gigi transmisi yang dibuat Kawasaki di tulisan Cycle World. Di sana terlihat bahwa tugas kaki kiri kita pada sistem manual clutch digantikan oleh sebuah motor servo (30) dan juga tentunya dijalankan oleh sistem kendali Mekanis komputer. Sementara tugas kaki kiri rider yang Normal digunakan menekan dan atau mencungkil tuas kopling akan digantikan oleh tombol ‘up’ dan ‘down’ pada setang kemudi Kepada mengganti gear sesuai dengan keinginan pengendara.

Cek Artikel:  Ini dia 3 Pembalap Muda Indonesia Yang Lolos Seleksi Asia Talent Cup 2023

Terlihat simpel, Tetapi butuh sistem komputer yang cukup rumit karena banyak sekali yang harus dikendalikan. Bukan hanya tugas engage/disengage kopling, Tetapi juga tugas tugas lain seperti mengubah rasio transmisi internal, asupan bahan bakar dan asupan udara. Mungkin pada pameran EICMA di kota Milan 2022 ini kita Bisa Menyaksikan sosok aslinya lebih lanjut. – Taufik of BuitenZorg | @liputanindo

Mungkin Anda Menyukai