Jakarta (ANTARA) – Para pelaku pariwisata Kawasan Borobudur-Yogya-Prambanan (BYP) menegaskan komitmen Demi berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan terkait dalam pengembangan desa wisata menuju pariwisata terintegrasi dan berkelanjutan.
Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Martini M. Paham menekankan pentingnya komitmen dan sinergitas unsur pentahelix dalam pembangunan sektor pariwisata.
“Demi memastikan bahwa pariwisata Pandai berkelanjutan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat; komitmen, dukungan, dan kolaborasi seluruh komponen pentahelix adalah kunci sukses Demi mencapai tujuan tersebut. Terutama sinergitas antara pemerintah daerah, dinas pariwisata, asosiasi industri, dan badan usaha yang memegang peranan Krusial dalam mewujudkannya,” kata Martini dalam keterangannya pada Jumat.
Martini meminta agar kolaborasi tersebut direalisasikan dalam bentuk aksi Konkret sesuai arahan yang telah disampaikan dalam berbagai kesempatan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno yang selalu menegaskan pentingnya Ciptaan, adaptasi dan kolaborasi dalam pembangunan sektor kepariwisataan.
Sebanyak 20 orang perwakilan desa wisata yang merupakan local champion dari Kabupaten/Kota Magelang, Sleman, Klaten, dan Yogyakarta, yang menjadi sasaran program Kampanye Sadar Wisata 5.0, dalam kegiatan Biannual Tourism Perhimpunan yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menandatangani komitmen itu.
Komitmen di antaranya berisi penegasan Demi menjaga keberlanjutan pengembangan desa/kampung wisata, memperkuat koordinasi dan konsultasi dengan pemangku kepentingan terkait, juga membangun komunikasi dengan pemerintah daerah, pusat, akses pembiayaan, termasuk kalangan industri.
Pernyataan tersebut juga menggarisbawahi dukungan dari dinas pariwisata setempat berikut aparat desa, akan kegiatan pengembangan desa wisata.
Local champion adalah pemimpin/koordinator dari para pelaku pariwisata dari desa wisata yang dipilih sebagai agen perubahan dalam pengembangan pariwisata, yang telah mengikuti rangkaian program Kampanye Sadar Wisata 5.0 yang diselenggarakan dengan dukungan penuh Bank Dunia sejak tahun 2022 hingga 2023.
Salah satu perwakilan yakni Heru Nugroho, yang merupakan Kepala Desa Wisata Bugisan, Klaten, Jawa Tengah mengatakan pentingnya kolaborasi dalam pembangunan sektor pariwisata.
“Kita Bukan Pandai bergerak sendiri-sendiri, BUMDes (Badan Usaha Punya Desa), Kepala Desa, Pelaku Pariwisata, harus berkolaborasi, kita adalah satu Demi Membangun desa wisata kita lebih tertata, maju, dan sukses,” tegas Heru.
Sementara itu, Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf/Baparekraf Florida Pardosi mengapresiasi dukungan para pemangku kepentingan kepada para pelaku pariwisata dalam mengoptimalkan pengembangan desa wisata.
“Kami berharap program yang sudah disusun local champion dapat dilaksanakan hingga jangka menengah maupun jangka panjang. Kami juga akan mengingatkan, berkolaborasi, akan mengetuk pintu setiap stakeholder. 65 desa yang tersentuh oleh Program Kampanye Sadar Wisata sepanjang tahun 2022 Lampau, agar Pandai mengenali dan mengidentifikasi kebutuhannya, sehingga pemerintah dapat mengkomunikasikan dengan lintas sektor lainnya,” kata Florida.
Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid menyoroti pentingnya pelibatan masyarakat dalam mengidentifikasi kebutuhan desa dalam pembangunan sektor pariwisata.
“Identifikasi kebutuhan desa yang melibatkan masyarakat ini bertujuan agar program yang dilakukan itu dapat dijalankan dengan komitmen dan dukungan dari Anggota,” ucapnya.
Biannual Tourism Perhimpunan, merupakan Perhimpunan lintas sektor dalam pembangunan sektor kepariwisataan yang digelar Demi mendukung Program Pembangunan Pariwisata Terintegrasi dan Berkelanjutan (P3TB), di mana Program Kampanye Sadar Wisata 5.0 menjadi bagian di dalamnya.