Kisah para Om

ISTILAH paman sedang naik daun, apalagi kalau bukan gegara Anwar Usman. Adik ipar Presiden Jokowi itu menjadi episentrum perhatian karena dinilai membuatkan jalan tol untuk sang keponakan, Gibran, bisa ngebut berkontestasi di Pilpres 2024.

Andas Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan paman sebagai adik laki-laki ayah atau adik laki-laki ibu. Ia juga sapaan kepada orang laki-laki yang belum dikenal atau yang patut dihormati.

Di tiap daerah dan negara, sapaan untuk paman berbeda-beda. Paklek adalah sapaan paman di Jawa, umang (Sunda), encing (Betawi), tulang (Batak), ajung iwa (Bali), kemaman (Lampung), anom (Madura), pa’ ade (Manado), atau purina (Makassar). Di Jepang, paman disebut ojisan, shushu di Tiongkok, oom (Belanda), amca (Turki), tio (Portugis/Spanyol), atau zio di Italia.

Di antara cabang-cabang pohon kekerabatan, paman termasuk yang paling familier. Penggunaan istilah paman bahkan sengaja diciptakan di pada masa perang 1812 untuk melambangkan Amerika. ‘Uncle Sam’ atau ‘Om Sam’, itulah julukan dunia bagi negara adikuasa itu hingga sekarang.

Sebelum ramai istilah Om Anwar atau Om Usman, bangsa kita juga pernah akrab dengan paman-paman yang lain. Lagi ingat dengan Om Gober? Bagi generasi muda, kosakata itu mungkin terasa asing. Tetapi, buat yang tua-tua seperti saya, ia akrab di mata dan telinga.

Cek Artikel:  Kotak Nihil Vs Koalisi 80 Plus

Om Gober memang hidup di era dahulu kala, tapi ia bukan manusia hidup. Ia hanyalah tokoh fiksi yang muncul dalam serial kartun Donald Bebek sejak 1947. Bebek pemilik nama asli Scrooge McDuck itu merupakan bebek paling kaya, tapi paling pelit di antara bebek lainnya.

Om Gober digambarkan sebagai bebek tua berkacamata dan bergelimang harta. Alkisah, dia awalnya mengais rezeki sebagai tukang semir sepatu, lalu beremigrasi ke AS, kaya raya, tapi kikir sehingga kehilangan orang-orang dekatnya. Gober memang pekerja keras, sukses, tapi serakah. Yang dipikirkan cuma kekayaan. Ia tak patut jadi anutan.

Eksis pula Om Doblang. Dapat jadi, generasi Z tak banyak yang tahu siapa dia. Tetapi, bagi orang-orang yang lahir lebih awal seperti saya, Om Doblang cukup terkenal.

Om Doblang bukan manusia, melainkan hasil reka-reka. Bentuknya bahkan tak ada. Ia adalah puisi karya Willibrordus Surendra Broto Rendra (WS Rendra) yang sarat dengan pesan-pesan adiluhung perjuangan. Puisi itu dibuat penyair ternama berjuluk ‘Burung Merak’ itu hasil dari renungannya saat mendekam di balik jeruji besi. Rendra ditangkap karena berpuisi di Taman Ismail Marzuki pada 1977. Puisinya dianggap mengganggu stabilitas pemerintahan Orde Baru.

Cek Artikel:  Konsolidasi Politik

Om Doblang bersaga tentang keterbatasan dan penindasan yang dialaminya. Ia juga bicara arti perjuangan. Bagi Anda yang belum tahu, coba cari di mesin pencarian untuk merenungi dan menghayati puisi itu. Atau, buka di Youtube, ketik Kantata Takwa, dengarkan lagunya, dijamin Anda akan terhanyut akan lirik-liriknya.

Kesadaran adalah matahari…Kesabaran adalah bumi…Keberanian menjadi cakrawala…Dan perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata’. Begitu petikan puisi Om Doblang. Dahsyat, bukan? Om Doblang memang tokoh rekaan, tetapi sarat dengan nilai-nilai kehidupan. Ia kiranya patut dijadikan referensi keteladanan.

Om yang satu ini orang betulan. Dia ialah Anwar Usman, eks Ketua Mahkamah Konstitusi. Sebagai seorang paman, ia sangat baik kepada keponakannya. Dia juga sangat murah hati, royal, tidak pelit. Saking baiknya, dia disebut-sebut berperan besar pada dikabulkannya uji materi tentang syarat batas usia capres-cawapres.

Cek Artikel:  Intelektual Tukang Kompor

Dalam putusannya yang tak bulat, MK membuat norma baru, yakni usia capres-cawapres minimal 40 tahun atau memiliki pengalaman sebagai kepala daerah. Itulah jalan lapang buat Gibran. Wali Kota Surakarta itu bisa mencalonkan diri sebagai bacawapres meski baru berusia 36 tahun. Itulah yang oleh publik kebanyakan dianggap sebagai akal-akalan hukum demi satu orang, merusak demokrasi demi dinasti.

Om Usman kiranya sosok paman idaman buat keponakan. Dia sampai-sampai rela disanksi Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi. Dia terbukti melakukan pelanggaran berat terhadap kode etik dan perilaku hakim konstitusi sebagaimana tertuang dalam Bilangan Karsa Hutama prinsip ketakberpihakan, prinsip integritas, prinsip kecakapan dan kesetaraan, prinsip independensi, dan prinsip kepantasan dan kesopanan. Dia bahkan diberhentikan dari jabatan Ketua MK.

Anwar menyangkal semua tudingan miring itu, tapi nasi kadung menjadi kerak. Dia dinyatakan melanggar etik, pakai berat lagi. Inilah kiranya pengorbanan tiada tara dari seorang paman. Tetapi, sebagai penyelenggara negara, pengorbanan salah jalan itu buruk buat khalayak.

Patutkah Om Usman menjadi anutan dan teladan? Silakan pembaca punya pendapat. Kalau saya, sih, jelas tidak.

Mungkin Anda Menyukai