Kiat Jadi Affiliator Sukses Ala Hasan Abdurrahman, Raup Puluhan Juta Per Bulan

Kiat Jadi Affiliator Sukses Ala Hasan Abdurrahman, Raup Puluhan Juta Per Bulan
Hasan Abdurrahman(MI/Nike Amelia Sari)

MEMPROMOSIKAN suatu barang atau produk melalui dunia digital sudah Kagak asing Tengah di era Begitu ini. Dalam dunia digital marketing, program afiliasi menjadi salah satu Metode efektif Buat meningkatkan penjualan produk maupun layanan. Seorang afiliator berperan sebagai pihak ketiga yang mempromosikan produk Punya suatu perusahaan, Lewat mendapatkan komisi ketika terjadi pembelian melalui link yang mereka bagikan.

Hasan Abdurrahman, seorang pemuda asal Bandung merupakan seorang afiliator yang menghasilkan pendapatan puluhan juta rupiah per bulan. Hasan merupakan afiliator dari platform ecommerce Lazada dalam program Lazada Affiliate. 

Memulai perjalanannya sebagai talent livestreaming di sebuah agensi digital, kemauan Hasan Buat Lanjut belajar membawanya mendalami industri ecommerce dan affiliate marketing. Ia kemudian mempelajari berbagai strategi pemasaran digital, mulai dari Membikin konten video pendek, memanfaatkan tren media sosial, hingga memahami perilaku belanja audiens. Berbekal peralatan sederhana di rumah, Hasan secara konsisten Lanjut Membikin konten dan perlahan membangun basis audiens yang loyal hingga sekarang.

Berkat konsistensi dan strategi yang Cocok, Hasan kini mempekerjakan tujuh orang sebagai tim konten. Tim ini bertugas mengelola riset produk, Membikin konten kreatif, mengoptimasi kanal media sosial, hingga menganalisis performa kampanye. Kerja kerasnya juga mengantarkan Hasan ke ajang Lazada Affiliates Southeast Asia Awards 2025 di Bangkok sebagai salah satu dari 20 Kenalan affiliate terbaik Indonesia.

Cek Artikel:  Pola Asuh Pandai Pengaruhi Kebiasaan Makan Anak

Lewat, bagaimana kiat Manjur menjadi afiliator sukses ala Hasan Abdurrahman? Yuk, simak sebagai berikut:

1. Mulai Aja Dulu

Dalam acara Media Workshop bertajuk Cuan Bareng Lazada lewat Lazada Affiliate yang digelar di On3 Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/8), Hasan mengungkapn kunci pertama ialah memulai. Asal Mula, sesuatu yang Kagak dimulai Kagak akan membuahkan hasil sama sekali. 

“Mulai aja dulu,” katanya.

2. Konsisten

Konsisten dalam mempromosikan produk. Apabila Anda berniat Membikin konten atau siaran langsung (live streaming) setiap hari, Anda harus konsisten Membikin dan mengunggahnya.

3. Jangan berhenti

Selain itu, hal Krusial lainnya ialah tetap semangat dan Lanjut melakukannya. Tak jarang afiliator yang memulai dari Kosong, seperti yang dialami oleh Hasan. 

“Saya mulai dari follower Kosong. Tetap semangat dan Lanjut melakukannya akan membantu meningkatkan jumlah followers dan membangun kepercayaan para pembeli,” ungkapnya.

“Lazada Affiliate membuka kesempatan bagi saya Buat mengakses ekosistem, teknologi, dan Kesempatan yang sebelumnya belum pernah saya bayangkan. Kagak perlu jadi influencer atau punya follower ribuan dulu, Segala Dapat jadi bagian proses berkembang. Kini, saya Dapat membangun mimpi dalam pemasaran digital, sekaligus memberdayakan orang-orang di Sekeliling saya melalui Lazada Affiliate,” tuturnya.

Begitu ini, Hasan tengah menempuh pendidikan S2 di bidang Youngpreneur Sembari mempersiapkan peluncuran agensi pemasaran digital miliknya. Kontribusi pemengaruh (influencer) marketing pada tingkat penjualan di platform ecommerce di Asia Tenggara diproyeksikan akan berada pada Nomor 14-18% pada 2029.

Cek Artikel:  Bawa Terobosan Tekonologi dan Experience Booth, OMG Gelar Beauty Parade 2025

Program Affiliate

Salah satu pilar Krusial dalam strategi pemasaran ini ialah affiliate. Berdasarkan survei Populix Affiliate Insights di Indonesia mencatat bahwa 59% konsumen pernah membeli produk lewat link affiliate. Nomor ini menunjukkan potensi besar yang ditawarkan industri pemasaran berbasis rekomendasi di Indonesia, yang Kagak hanya menguntungkan merek, tetapi juga menawarkan Kesempatan ekonomi baru bagi masyarakat.

Menanggapi potensi tersebut, Lazada, baru-baru ini berinvestasi tahunan sebesar USD100 juta atau Sekeliling Rp1,6 triliun Buat kanal Lazada Affiliate. Investasi ini ditujukan Buat mengakselerasi pertumbuhan ekosistem affiliate melalui pengembangan struktur komisi yang lebih kompetitif, pemberian Bonus berbasis performa, serta peluncuran fitur-fitur pemberdayaan yang dapat mempermudah Kenalan affiliate dalam memaksimalkan potensi mereka.

Sebagai informasi, program Lazada Affiliate merupakan program yang memberikan kesempatan kepada setiap orang Buat mendapatkan Pendapatan dari penjualan melalui link yang dibagikan ke orang lain. Program ini dirancang Buat menjadi jembatan antara label atau penjual dengan berbagai lapisan kreator, mulai dari influencer, kreator konten, hingga pembeli Normal seiring meningkatnya tren belanja daring pasca-pandemi dan rekomendasi berbasis influencer.

“Lazada Affiliate merupakan bentuk Konkret dari visi jangka panjang Lazada Buat membangun ekosistem digital yang inklusif, berkelanjutan, dan menguntungkan bagi Segala pihak. Tak hanya brand dan penjual, kini pembeli Normal pun dapat turut serta meraih keuntungan dari platform eCommerce tanpa perlu Mempunyai modal besar,” ujar Head of Regional Affiliate, Lazada Group, Jared Chan.

Cek Artikel:  Pajanan Timbel Jangka Panjang Ganggu Tumbuh Kembang Anak

Jared mengatakan melalui Lazada Affiliate, Kenalan mendapatkan Kesempatan pendapatan yang sepadan dengan performa yang diberikan, sementara label dan penjual mendapatkan konversi penjualan dengan biaya pemasaran yang lebih efisien. Tak hanya itu, dari segi ekosistem ecommerce, strategi pemasaran ini juga turut mengakselerasi pertumbuhan transaksi, engagement pengguna, hingga penguatan ekonomi digital di Indonesia.

Kampanye 9.9

Pada rangkaian festival belanja akhir tahun di Lazada, yang akan dimulai melalui kampanye 9.9, dipastikan para Kenalan affiliate, label, dan penjual di Lazada Dapat meraih keuntungan berlipat dalam gelaran tersebut. Lazada pun mempersiapkan berbagai program teranyar di kanal Lazada Affiliate. 

“Kami telah mempersiapkan berbagai program tantangan Buat para Kenalan affiliate dengan Bonus tambahan, dengan Asa mereka semakin termotivasi dalam menjalankan bisnis afiliasinya Begitu festival belanja 9.9 di Lazada pada September mendatang,” Jernih Jared. 

Tantangan (challenge) bagi Kenalan affiliate yang bakal mendapatkan Bonus dan hadiah tambahan yakni nilai penjualan tertinggi, Bagus dari skala Asia Tenggara maupun Indonesia, serta bagi Kenalan affiliate “rising star” yang berhasil meningkatkan visibilitas dan penjualannya. Jelang festival belanja 9.9, Lazada juga memperkenalkan laman mini store Spesial dengan diskon produk spesial dan penawaran “happy hour” bagi para Kenalan affiliate terbaik agar Dapat mendorong konversi penjualan lebih tinggi.(M-2)

Mungkin Anda Menyukai