Kenalan Dengan Mesin 755 cc Twin Buat Honda Hornet dan Transalp Baru

New Hornet Concept Update

liputanindo.com – Secara Lumrah di EICMA Milan 2022 dan beberapa gelaran motorshow lainnya di akhir tahun ini kita akan Pandai Menonton bagaimana Honda akan menghadirkan motor motor baru dengan mesin konsep baru seperti New Honda Hornet dan Transalp. Buat kedua jenis motor ini, Honda memungkinkan kita Menonton sekilas mesin dua silinder baru di kubikasi 700-an cc. Bicara soal mesin jenis ini, sebenarnya Honda telah Mempunyai mesin dua silinder segaris dengan 750 cc sejak 2012 yang sudah menjadi dapur pacu varian NC750X travel enduro dan di skuter Forza 750, lho ngapain Tiba bikin mesin baru?

Desain mesin NC750 current

Mesin NC750-an series yang telah dibenamkan di banyak varian ini Mempunyai platform dimensi silinder yang dimiringkan jauh ke depan. Sekilas bahkan terlihat Dekat ‘terlentang’ seperti mesin mesin Cub. Mesin dengan platform desain fisik ini  diperlukan agar Pandai juga dipasang di skuter NC700 Integra. Tetapi kelemahan dari arsitektur ini bila dipasang pada sepeda motor (full frame atau Lumrah disebut motor laki) adalah memerlukan jarak sumbu roda yang panjang atau lengan ayun yang pendek sehingga merugikan traksi.

Cek Artikel:  Andi Gilang debut Moto2 World Championship 2019 di Misano

Bukan rahasia Kembali bahwa Honda berencana Buat menghidupkan kembali/reborn dua model: Hornet yang punya Aliran street fighter dan sebuah travel enduro yakni Transalp. Honda Hornet tersedia dari tahun 1998 sebagai CB600F, dan pada tahun 2002 naik cc ke Hornet CB900F Hornet. Ciri khas dari naked bike ini adalah mesin empat silinder segaris dan sistem pembuangan ditarik ke belakang (underseat). Produksi Hornet 900 berakhir pada 2005 dan 600 berakhir pada 2013.

Sementara Buat Transalp, Honda menggunakan nama model ini jauh lebih lelet Kembali. Honda XL600V Transalp pertama diluncurkan pada tahun 1987. Setelah beberapa perubahan model, produksi XL700V Transalp dihentikan pada tahun 2012 Tetapi Sekalian model Transalp dahulu dilengkapi dengan mesin V2.

Cek Artikel:  Race 2 Shell Advance Asia Talent Cup Seri Zhuhai . . . Date Pemenang, Willy Hammer finish 16 :(

Nah, Buat kedua model baru ini (Hornet dan Transalp) nanti, Honda akan menggunakan mesin 2 silinder sejajar (inline) Tetapi Mempunyai citarasa dan Kepribadian output ala-ala mesin V2. Yes Honda mendesain mesin 2 silinder sejajar dengan langkah (stroke) pendek dengan kubikasi 755 cc, 4 valve dan Mempunyai poros engkol offset 270°. Buat desain yang ringkas, kontrol Penutup hanya dilakukan dengan satu camshaft (Unicam). Honda sudah membeberkan data performanya: 92 hp pada 9.500 rpm dan 75 Nm pada 7.750 rpm.

New Hornet Concept Update

Fuyuki Hosokawa, yang juga bertanggung jawab atas CBR1000RR-R Demi ini, dipercayakan dengan manajemen proyek Buat pengembangan mesin ini. Dalam teks pers Honda menulis tentang kontrol Penutup Unicam. Unicam adalah desain Spesifik yang pertama kali digunakan Honda pada mesin motorcross empat langkah pada tahun 2002.

Cek Artikel:  Kawasaki Ninja 250 tercepat Sesi 1 Test Pra-Musim AP250 ARRC 2019

Camshaft overhead menggerakkan Penutup masuk langsung melalui bucket tappet, sedangkan Penutup buang digerakkan melalui rocker-arm. Hal ini memungkinkan pengendalian yang tajam pada Penutup masuk, tetapi lebih kompak Buat dimensi kepala silinder dibandingkan desain dua camshaft (DOHC) di kepala silinder.

Mungkin Anda Menyukai