KBRI Doha: Program “Years of Culture” sebagai promosi budaya Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Duta Besar Republik Indonesia Kepada Qatar Ridwan Hassan mengatakan program “Qatar-Indonesia Years of Culture 2023” adalah sarana yang Dapat dimanfaatkan Kepada mempromosikan budaya Indonesia kepada Anggota Qatar dan seluruh Anggota asing yang tinggal di sana.

“Indonesia Ingin memanfaatkan juga dengan Bagus tentunya program ‘Qatar Years of Culture’ sebagai satu pertunjukan Indonesia yang menjadi pusat budaya yang beraneka dan kuat, karena di Qatar Tak Sekadar Anggota Qatar saja yang Eksis, tapi, banyak Anggota negara asing dari berbagai negara,” ucap Ridwan Begitu ditemui di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Doha, Qatar, Selasa (28/11), dalam rangkaian ajang “Qatar-Indonesia Years of Culture 2023”.

Cek Artikel:  Cantiknya Agnez Mo Liburan Akhir Tahun di Bali

Selain sebagai promosi kebudayaan, program tahunan “Years of Culture” yang dilakukan Qatar dengan berbagai negara juga sebagai salah satu kegiatan yang dapat menopang industri pariwisata Indonesia.

Ridwan mengatakan dari 2,7 juta penduduk Qatar, Sekeliling 2,3 juta jiwa merupakan Anggota asing dari berbagai negara, sementara penduduk Asal Qatar hanya Sekeliling 300.000 jiwa. Selain itu, banyaknya turis asing yang berdatangan terutama sejak Piala Dunia Qatar 2022, Membangun program budaya yang diselenggarakan di Qatar Dapat menjadi pilihan destinasi wisata yang Dapat dinikmati Anggota asing dari seluruh dunia.

Indonesia dinobatkan menjadi Kenalan Qatar Kepada program kebudayaan Years of Culture pada tahun 2023. Ridwan mengatakan Indonesia menjadi Krusial karena kuatnya diaspora Indonesia yang Mempunyai banyak kontribusi terhadap kehidupan di Qatar.

Cek Artikel:  Astindo targetkan transaksi DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 Letih Rp7M

“Keberadaan diaspora Indonesia di sini mempunyai banyak kontribusi terhadap kehidupan yang Eksis di Qatar, Bagus sosial, ekonomi, termasuk kebudayaan. Kemudian Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan budaya yang kuat dan Variasi,” kata Ridwan.

Salah satu budaya yang dibawa pada program “Qatar-Indonesia Years of Culture 2023” adalah kopi, yang Dapat memberikan wawasan dan pendidikan bahwa negara Indonesia adalah negara yang besar.

Kopi, yang disebut qahwa di Qatar, menjadi satu ikatan budaya antara Indonesia dengan bangsa Arab termasuk Qatar. Terlepas dari bagaimana kopi bermigrasi dari satu negara ke negara lain, komoditas itu juga berkembang di Indonesia dan meningkatkan nilai ekonomi suatu negara.

Cek Artikel:  Ancol siapkan delapan pos pantau dan tujuh ambulans di kawasan pantai

Ridwan mengatakan KBRI juga selalu mendukung kegiatan diaspora Indonesia di Qatar dalam mempromosikan kebudayaan Indonesia melalui Variasi kegiatan paguyuban di sana.

Begitu ini, jumlah masyarakat Indonesia yang Eksis di Qatar kurang lebih 23.550 dengan bidang pekerjaan di minyak dan gas, petrokimia serta pelayanan kesehatan, perhotelan hingga pariwisata. Jumlah tersebut bertambah seiring dengan tren masuknya penduduk Indonesia ke Qatar sejak 1997, yang dinilai Ridwan positif.

Mungkin Anda Menyukai