KAI Layani 11,8 Juta Pemudik Selama Masa Angkutan Lebaran 2025

Ilustrasi, pemudik yang menggunakan transportasi kereta api. Foto: Istimewa.

Jakarta: KAI Group berhasil melayani total 11.803.522 pelanggan selama masa Angkutan Lebaran 2025/1446 H yang berlangsung dari 21 Maret hingga 29 Maret 2025 pukul 24.00 WIB. Capaian ini mencerminkan komitmen KAI Group dalam menyediakan layanan transportasi yang Terjamin, nyaman, dan andal bagi masyarakat selama periode mudik dan arus balik Lebaran.

“Pada periode Angleb 2025 yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April 2025, KAI Group menyediakan 59.129.350 tempat duduk. Dari total kapasitas tersebut, 98 persen merupakan kelas ekonomi, mencakup 2.164.488 tempat duduk KA Ekonomi Jarak Jauh dan 55.635.358 tempat duduk KA Ekonomi Lokal, termasuk layanan Commuter Line dan LRT Jabodebek,” ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba dikutip dari siaran pers yang diterima, Minggu, 30 Maret 2025.

Cek Artikel:  Penemuan dalam Industri Farmasi Dapat Dongkrak Pendapatan

Ia juga mengungkapkan dari total 11.803.522 pelanggan, keberangkatan mudik tersebut terdiri dari 1.659.974 pelanggan KA Jarak Jauh dan Lokal yang dikelola KAI, 9.175.434 pengguna Commuter Line yang dikelola KAI Commuter, 106.050 pengguna LRT Sumsel, 5.456 pelanggan KAI Wisata, 183.402 pelanggan KAI Bandara, 118.239 pelanggan Whoosh yang dikelola KCIC, 551.358 pelanggan LRT Jabodebek dan 3.609 pelanggan KA Makassar-Parepare.

Selain itu, KAI juga mencatat lonjakan jumlah pelanggan selama periode Angkutan Lebaran 2025. Berdasarkan data kumulatif pada 21-29 Maret 2025 pukul 24.00 WIB, sebanyak 1.659.974 pelanggan telah menggunakan layanan kereta api, meningkat 9,12 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2024 yang mencatat 1.521.252 pelanggan.

Cek Artikel:  Pemerintah Cadangan Pangan Kepada Antisipasi Bencana Alam

“Rinciannya, jumlah pelanggan Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) mencapai 1.408.770 penumpang, naik 7,80 persen dari tahun sebelumnya yang mencatat 1.306.894 penumpang. Sementara itu, jumlah pelanggan KA Lokal meningkat 17,19 persen, dari 214.358 penumpang pada 2024 menjadi 251.204 penumpang pada 2025,” papar Anne.
 


(Ilustrasi pemudik yang menggunakan transportasi kereta api. Foto: MI/Susanto)
 

3,4 juta tiket mudik-balik Lebaran ludes

Hingga 30 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, sebanyak 3.407.630 tiket telah terjual, atau 74,22 persen dari total kapasitas. Dari jumlah tersebut, tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual mencapai 3.041.548 dengan tingkat okupansi 88,32 persen, sedangkan KA Lokal terjual 366.082 tiket atau 31,90 persen dari kapasitas tersedia.

Cek Artikel:  BRI dan Artajasa Luncurkan Fitur Cardless Withdrawal, Transaksi tanpa Kartu Kini Lebih Mudah

Dalam rangka memastikan keamanan dan kenyamanan perjalanan selama masa Angkutan Lebaran 2025, KAI mengingatkan masyarakat Demi Enggak membeli tiket melalui media sosial yang Enggak Formal.

“Kami mengimbau calon pelanggan yang belum memperoleh tiket Demi mempertimbangkan pergeseran jadwal perjalanan mudiknya. Jangan membeli tiket dari sumber yang Enggak bekerja sama dengan KAI guna menghindari risiko penipuan atau tiket yang Enggak Absah. Tiket Formal dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI atau situs Formal booking.kai.id,” tegas Anne.

Mungkin Anda Menyukai