PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mempersiapkan Fulus Kas sebesar Rp24,6 triliun Demi memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Nataru 2024/2025. (Foto: Dok. BRI)
Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mempersiapkan Fulus Kas sebesar Rp24,6 triliun Demi memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, atau Normal disebut Nataru. Nomor ini sedikit lebih kecil dibandingkan alokasi tahun Lewat yang mencapai Rp25,2 triliun, sejalan dengan Penilaian kebutuhan serta penguatan transaksi digital.
Senior Executive Vice President Operation BRI Nyoman Sugiriyasa menyatakan bahwa Fulus Kas senilai Rp24,6 triliun yang disiapkan oleh BRI Demi memenuhi kebutuhan transaksi nasabah selama periode Nataru antara 25 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025 atau 8 hari.
Jumlah tersebut telah diperhitungkan dan disesuaikan berdasarkan tren transaksi masyarakat yang semakin mengarah pada layanan digital. Hal tersebut tercermin dari transaksi tarik Kas di mesin ATM/CRM BRI di sepanjang tahun 2024 yang menurun 10% secara year on year (YoY). Tetapi, di sisi lain, transaksi digital di BRI tercatat Lalu meningkat. Seperti pada jumlah transaksi Super Apps BRImo yang mengalami peningkatan 39,8% yoy, transaksi QRIS BRI yang tumbuh 176% yoy dan transaksi EDC merchant BRI yang meningkat 97,8% yoy.
“Kami Menonton peningkatan adopsi digital banking yang signifikan, sehingga kebutuhan Fulus Kas sedikit menurun. Tetapi, kami tetap mengutamakan kesiapan Demi memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh Daerah Indonesia, khususnya di daerah-daerah yang Mempunyai tradisi libur natal,” ujarnya.
Dari total alokasi Fulus Kas yang disiapkan, Sekeliling 63 persen Anggaran atau Sekeliling Rp15,6 triliun akan didistribusikan Demi pengisian mesin ATM/CRM BRI di seluruh Indonesia. Sisanya sebesar Rp9 triliun akan dialokasikan Demi kebutuhan di kantor cabang, termasuk layanan kas keliling dan penyediaan Fulus Kas di daerah-daerah terpencil. Hingga akhir September 2024, BRI Mempunyai lebih dari 721 ribu jaringan e-channel yang terdiri dari 700 ribu EDC, 12 ribu mesin ATM, dan 9 ribu mesin CRM.
Di sisi lain, BRI memastikan bahwa layanan perbankan, Berkualitas Kas maupun non-Kas, dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat selama periode Nataru. Nasabah dapat memanfaatkan super app BRImo yang Mempunyai lebih dari 100 fitur Lalu dioptimalkan dengan teknologi terbaru Demi menjamin kemudahan dan keamanan transaksi.
Masyarakat juga dapat memanfaatkan keberadaan AgenBRILink yang Demi ini jumlahnya mencapai lebih dari 1 juta agen yang tersebar di seluruh penjuru negeri.
“AgenBRILink adalah salah satu ujung tombak kami Demi menghadirkan layanan keuangan yang inklusif. Selama periode Nataru, kami memaksimalkan peran agen ini Demi melayani kebutuhan transaksi seperti tarik Kas, setor Kas, pembayaran tagihan, transfer antarbank, pembelian pulsa serta transaksi perbankan lainnya,” imbuhnya.
“Dengan pendekatan yang terencana dan komprehensif, BRI berharap dapat memberikan pengalaman layanan perbankan yang optimal bagi masyarakat di momen akhir tahun yang penuh keceriaan ini,” pungkas Nyoman.