
BANK Sendiri menyiapkan kebutuhan Fulus Kontan Sekeliling Rp6,13 triliun Kepada mengantisipasi peningkatan kebutuhan Fulus Kontan masyarakat di Kawasan Jawa Barat selama 30 hari ke depan, Yakni pada 10 Maret–8 April 2025 Begitu Ramadhan menjelang Idul Fitri 1446 H.
Jumlah kebutuhan Fulus Kontan tersebut naik sebesar 4% dibandingkan realisasi tahun sebelumnya.
Regional CEO Bank Sendiri Region VI/Jawa Barat Biru Mayta Dwi Rihandjani mengatakan, inisiatif ini diharapkan dapat membantu nasabah memenuhi berbagai kebutuhan pada periode Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, terutama pada masa pembayaran gaji dan THR ASN. Adapun secara nasional, Bank Sendiri telah mengantisipasi net kebutuhan Fulus Kontan Sekeliling Rp 31,6 triliun
Sebagian besar dari alokasi kebutuhan Fulus Kontan tersebut digunakan Kepada memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Sendiri di Kawasan Jawa Barat yang diprediksi mencapai Rp 5,04 triliun selama periode tersebut.
“Guna mendukung penyaluran Fulus Kontan ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 1.201 unit ATM/CRM (ATM setor tarik) Bank Sendiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Serempak, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak awal bulan ini hingga Begitu libur Lebaran,” kata Biru, Sabtu (29/3).
Selain mesin ATM, dia melanjutkan, Bank Sendiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran online Kepada membantu nasabah bertransaksi dengan Segera, antara lain dengan 18.290 mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Sendiri.
“Sejalan dengan tema program Ramadan tahun ini, yakni Raih Ketenangan, Banyak Kemenangan dan mengingat banyaknya pengguna Livin’ by Sendiri, kami akan mengoptimalisasi kapasitas super app ini agar tetap dapat memberikan layanan prima Begitu puncak transaksi, sehingga nasabah dapat beribadah dan berlibur dengan tenang,” jelasnya.
Dia menambahkan, Kepada memastikan kelancaran transaksi BI FAST nasabah, pihaknya akan menyediakan likuiditas yang memadai pada Rekening Settlement Anggaran (RSD) guna mengantisipasi lonjakan transaksi BI FAST pada periode Ramadhan dan Idul Fitri.
Sementara langkah preventive maintenance akan dilakukan pada 202 ATM/CRM yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di Posisi strategis seperti rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata.
Livin’ by Sendiri
Nasabah juga dapat menggunakan Livin’ by Sendiri yang Pandai memenuhi berbagai kebutuhan seperti cek saldo, transfer, pembayaran tagihan bulanan & e-commerce, top up e-money maupun e-wallet, serta pembayaran dengan QRIS. Bahkan, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta, pesawat, Tiba tempat wisata melalui fitur Sukha pada super app ini.
“Dengan fitur top up Sendiri e-money pada Livin’ by Sendiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan dimana saja dan Ketika saja,” imbuh Biru.
Bagi pengguna jalan tol yang belum Mempunyai kartu Sendiri e-money, dia menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan stok kartu hingga 132 ribu kartu yang dapat diperoleh di cabang, Fitur Sukha di Livin by Sendiri, toko retail (Indomaret, Alfamart, dan lain-lain), outlet Formal Bank Sendiri di e-commerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), serta vending machine di Posisi transportasi dan stasiun.
Biru menjelaskan, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal Kepada mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.
“Enggak hanya itu, selama bulan Ramadan Bank Sendiri juga memberikan banyak program Tertentu spesial Ramadan Kepada memanjakan nasabah. Nasabah dapat mengakses ragam program tersebut melalui bmri.id/ramadan2025,” tandasnya.
Layanan Penukaran Fulus Kontan
Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1446 H, Bank Sendiri turut mendukung kebijakan Bank Indonesia dalam penyediaan layanan penukaran Fulus Pecahan Kecil (UPK) bagi masyarakat. Penukaran tahun ini dapat dilakukan melalui dua skema Primer, yakni layanan penukaran terpadu dan layanan penukaran di loket cabang perbankan.
Layanan ini terbuka bagi masyarakat Lumrah, Berkualitas nasabah maupun non-nasabah, dan dapat dilakukan selama stok Tetap tersedia.
Bank Indonesia menjelaskan, sesuai ketentuan pemesanan hanya dapat dilakukan melalui situs BI Pintar (https://pintar.bi.go.id/), masyarakat dapat memilih Posisi bank dan nominal Fulus yang diinginkan.
Setelah mendaftar, masyarakat hanya perlu datang ke Posisi penukaran yang dipilih dan Enggak dapat diwakilkan. Mereka wajib membawa identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) Asli yang akan diverifikasi oleh teller bank sesuai data pemesanan.
Bank Sendiri, tambah Biru, Lalu berkoordinasi dengan Bank Indonesia Kepada memastikan kelancaran distribusi Fulus baru. Pihaknya berharap, dengan adanya layanan ini, masyarakat dapat memperoleh Fulus pecahan baru dengan mudah dan nyaman selama periode Ramadhan dan Idul Fitri.
Informasi lebih detail mengenai Posisi cabang, jadwal, dan kuota penukaran UPK dapat diakses di situs BI Pintar (https://pintar.bi.go.id/).