Jalur KA yang Terdampak Banjir Grobogan Ditargetkan Pulih 5 Februari

Jalur KA yang Terdampak Banjir Grobogan Ditargetkan Pulih 5 Februari
Pekerja melakukan upaya penanganan jalur rel kereta api km 32+5/7 antara Stasiun Gubug-Karangjati yang amblas akibat banjir luapan air Sungai Tuntang di Gubug, Grobogan Jawa Tengah.(ANTARA/Yusuf Nugroho)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menargetkan pemulihan jalur rel yang terdampak banjir di Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, dapat selesai pada 5 Februari 2025.

“Kami Lanjut bekerja maksimal Kepada memperbaiki jalur terdampak banjir dengan membangun Bangunan temporary bridge sejak Senin (27/1). Kami targetkan pada 5 Februari 2025 perbaikan dapat diselesaikan dalam 10 hari kerja,” kata Direktur Pengelolaan Prasarana KAI Heru Kuswanto dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (2/2).

Dia menyampaikan KAI Lanjut melakukan upaya percepatan pemulihan jalur rel yang terdampak banjir di Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug, Kabupaten Grobogan.

Cek Artikel:  Kemenhub Hukum Pejabat Bandara Merauke yang Gebuki Istrinya

“Hingga hari Sabtu (1/2), proses perbaikan telah memasuki hari ke-12 sejak kejadian banjir pertama dan hari ke-6 sejak banjir kedua yang kembali merusak Bangunan yang sebelumnya telah diperbaiki,” ujarnya.

Dalam upaya pemulihan itu, KAI berkolaborasi dengan Kementerian Pekerjaan Lumrah, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub, Balai Besar Area Sungai (BBWS), dan pemerintah daerah Kepada membangun tanggul guna menahan potensi banjir susulan.

“Sejak pengerjaan dari Senin (27/1) hingga Rabu (29/1), tanggul yang dibangun telah menunjukkan peningkatan tinggi yang signifikan dan diharapkan Bisa menahan arus air dari Sungai Tuntang,” ujarnya pula.

Cek Artikel:  Heru Budi: Kirab Bendera Puska dan Naskah Proklamasi Akan Jadi Tradisi

Selain pembangunan tanggul, kata Heru, tim KAI juga Lanjut melakukan berbagai pekerjaan teknis, termasuk pemasangan perancah (struktur sementara yang digunakan Kepada menyangga pekerja dan material Demi Bangunan atau perbaikan bangunan), rel, serta turap (dinding yang berfungsi Kepada menahan tekanan tanah, air, dan pasir) Kepada memperkuat jalur rel yang terdampak.

“Hari Kamis (30/1), kami targetkan jalur hilir di luar jembatan dapat dinormalisasi. Sementara itu, tim jembatan Lanjut bekerja memasang turap dan struktur lainnya. Kami harapkan pada Jumat ini seluruh perancah telah terpasang, sehingga Sabtu (1/2), kami dapat mulai pemasangan high beam dan Bangunan lainnya,” ujarnya Kembali.

Heru menambahkan, selain menghadapi tantangan cuaca ekstrem, perbaikan itu juga memerlukan perhitungan teknis yang cermat karena dilakukan di jalur lengkung penuh.

Cek Artikel:  Menpora: Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Sudah Diteken Jokowi, Sasaran Rampung Oktober

Seluruh proses perbaikan dipastikan mengikuti standar keamanan dan keselamatan yang ketat, guna menjamin operasional kereta api yang optimal pascapemulihan.

Pada kesempatan terpisah, Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan apresiasi kepada pelanggan atas pengertian dan kesabaran selama masa pemulihan itu.

KAI berkomitmen Kepada Lanjut memberikan layanan terbaik dengan mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan kepuasan pelanggan. (Ant/E-2)

Mungkin Anda Menyukai