INTUITIVE Machines (IM) memperkenalkan kendaraan Moon RACER atau Reusable Autonomous Crewed Exploration Rover di Space Center Houston. Unit demo yang sepenuhnya elektrik ini dibangun perusahaan otomotif berperforma tinggi, Roush, Demi Intuitive Machines (IM) akan dipamerkan Jumat (8/11) Demi Lazim dan pelajar yang mengikuti kegiatan Hari STEM Nasional di pusat pengunjung Johnson Space Center Punya NASA.
“Kami sangat bersemangat Demi menunjukkannya kepada Anda hari ini,” kata Trent Martin, wakil presiden senior sistem luar angkasa di Intuitive Machines, kepada pejabat NASA, Kenalan industri, dan pers yang hadir dalam pengungkapan tersebut. “Dalam seminggu, kami akan membawanya ke Lubang besar Meteor di Arizona dan mengujinya di lingkungan yang mirip dengan kondisi di bulan.”
Sebagai perusahaan yang berbasis di Houston dan membawa kembali Amerika Perkumpulan ke permukaan bulan dengan pendarat Odysseus Nova-C pada Februari, IM adalah salah satu dari tiga perusahaan yang dipilih Demi mengembangkan LTV Demi program Artemis NASA.
Kontrak senilai US$30 juta ini menugaskan IM dan tim subkontraktornya Demi menciptakan peta jalan kelayakan dalam mengembangkan dan menerapkan LTV di bulan menggunakan pendarat kelas kargo berat IM.
Bekerja sama dengan Roush Demi sistem sasis dan suspensi, Michelin Demi ban, Boeing sebagai pemimpin desain, dan Northrop Grumman Demi dukungan perencanaan misi (serta lima perusahaan dirgantara lainnya), tim yang dipimpin oleh IM merancang Moon RACER sebagai kombinasi antara Apollo Lunar Roving Vehicle dan golf cart berperforma tinggi, lengkap dengan antena komunikasi, trailer peralatan opsional, dan sepasang tanduk sebagai ornamen kap — yang terakhir adalah fitur yang harus dilepas sebelum penerbangan.
“Tak, kami Tak akan membawa tanduk sepanjang 7 kaki ke bulan, tapi kami pikir itu akan cukup Kocak hari ini, karena ini adalah rover dari Texas,” kata Jack Fischer, mantan astronot NASA yang sekarang menjadi wakil presiden senior produksi dan operasi di Intuitive Machines.
Moon RACER sepanjang 14 kaki, tinggi 8,5 kaki, dan lebar 12 kaki (4,3 x 2,6 x 3,7 meter) ini dapat menarik trailer sepanjang 108 kaki (33 m). LTV ini Bisa mencapai kecepatan hingga 9,3 mph (15 kph), Nyaris sama dengan pendahulunya di era Apollo. Rover ini juga Bisa melewati kemiringan hingga Sekeliling 20 derajat dan melewati rintangan setinggi satu kaki (30 cm) — atau sebesar bola bowling.
Moon RACER dilengkapi dengan sistem penghindaran bahaya Ketika dikemudikan oleh awak dan mode operasi otonom Demi eksplorasi robotik.
“Astronot akan mengemudikannya, tetapi ketika mereka Tak Eksis di sana, kami akan Lanjut mengoperasikan kendaraan tersebut dari sini di Houston, dari Australia, dari platform yang Eksis di bulan seperti modul habitat, dan dari Gateway yang mengorbit bulan,” kata Martin. “Ini juga kendaraan otonom, jadi kami Bisa memberikan titik-titik tujuan dan mengatakan, ‘Saya Mau mencapai menara biru di sana,’ dan rover ini akan bergerak menuju menara biru, semoga tanpa Anjlok ke dalam Lubang besar di sepanjang jalan.”
Selain berfungsi sebagai pusat komunikasi antara para astronot, antena LTV Bisa meneruskan data melalui satelit atau transmisi langsung ke Bumi.
NASA memilih IM, Berbarengan dengan Lunar Outpost dan Venturi Astrolab, Demi fase pertama program pengembangan LTV ini dengan tujuan memilih salah satu dari tiga tim Demi mengirimkan rover mereka ke kutub selatan bulan dan memvalidasi kinerjanya sebelum misi Artemis 5 yang dijadwalkan Tak lebih awal dari kuartal pertama 2030.
“Kami sedang mengembangkan pendarat Nova-D kami. Kami telah berhasil mendaratkan Nova-C di bulan Februari Lampau. Jadi Nova-D pada dasarnya adalah tujuh Nova-C digabungkan, dan rover ini akan berada di atasnya,” ujar Ken Salazar, manajer operasi fasilitas Intuitive Machines, kepada collectSPACE, Sembari mencatat bahwa Moon RACER Tak perlu dilipat seperti rover lunar Apollo Demi peluncuran. “Rover ini dirancang agar muat di dalam fairing roket SpaceX Falcon 9 Heavy.”
NASA berencana mengeluarkan pesanan tugas tambahan Demi menyediakan kemampuan rover sesuai kebutuhan hingga tahun 2039.
Kontrak layanan LTV ini Mempunyai nilai potensial maksimum sebesar $4,6 miliar Demi Seluruh penghargaan. Rover dari perusahaan-perusahaan AS ini akan melengkapi Lunar Cruiser, rover bertekanan yang lebih besar dan sedang dikembangkan oleh JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency) dan Toyota Demi dikirimkan ke bulan pada tahun 2031.
Selain unit demo bergerak IM yang dipamerkan di Space Center Houston pada Jumat, sebuah model Stagnan dari Moon RACER telah diserahkan ke NASA Demi pengujian “human-in-the-loop” di Johnson. Model tersebut Mempunyai satu “fitur” lain yang Tak Eksis pada versi demo yang dapat dikemudikan — tanda tangan penjelajah bulan Apollo Charlie Duke dan Harrison Schmitt, dua dari enam orang yang pernah mengendarai rover di permukaan bulan hingga Ketika ini.
Pilot modul lunar Apollo 16 dan Apollo 17 mengevaluasi desain LTV ini, dengan Duke mengatakan kepada IM bahwa Moon RACER luar Lazim dan “jauh lebih Bagus dari apa yang kami miliki,” sementara Schmitt mencatat gagang pegangan Demi naik ke rover. “Pegangan tangga itu imut, tapi di bulan, kami hanya akan melompat ke kapnya,” kata seorang juru bicara IM, mengutip Schmitt terkait gravitasi bulan yang lebih rendah. (Space/Z-3)