liputanindo.com – Front Liner Pelayanan dalam dunia bisnis sepeda motor jadi garda terdepan, mereka umumnya merupakan personal yang biasannya langsung Berjumpa dengan konsumen, berdiskusi soal prospek pembelian motor, berdiskusi mengenai feedback produk motor, Tamat menerima komplain komplain masalah yang dirasakan pelanggan. Nah setelah beberapa tahun absen karena Pandemi, tahun PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar Kontes Layanan Honda Nasional 2023. Sebanyak 5.874 peserta dari seluruh Indonesia unjuk kemampuan dan kompetensinya dalam ajang bergengsi yang menginjak Penyelenggaraan ke 14 ini dan pada grand Final hari ini peserta sudah mengerucut ke 21 personal terbaik yang terbagi menjadi 7 Kategori.
Kepada diketahui, 21 peserta terbaik ini pada dasarnya adalah peserta proses penyaringan dari kegiatan tingkat Regional 2020 yang tertunda Pandemi. Jadi pada dasarnya kontestan di Grand Final ini adalah 3 terbaik di masing masing Kategori : Kepala Jaringan/ Bengkel AHASS Reguler, FLP Reguler, Deliveryman Reguler, Kepala Jaringan/ Bengkel Wing – Big Wing Dealer, FLP Wing/ Big Wing, Delivery Man Wing/ Big Wing dan CRO Costumer Retention Officer.
Sebelum memasuki Grand Final, peserta sudah terlebih dahulu diuji kemampuan dan kompetensinya di Tahap Pra-Kontes Nasional mulai September 2023 yang Lewat. Pada tahap Pra Kontest, kontestan diuji berdasarkan beberapa tahapan penilaian.
Setelah pra Kontest selanjutnya dilakukan proses karantina di mana ketiga kategori akan melewati beberapa rangkaian penilaian seperti tes tulis, studi kasus, role play, dan lain lain. Puncaknya, sebanyak masing masing 6 peserta terbaik dari 7 kategori Bertanding pada Kontes Layanan Honda Nasional yang akan dihelat pada 6 – 9 November 2023 di Astra Honda Safety Riding & Training – Delta Mas. Dari Top-6 mengerucut menjadi Top-3 yang dikompetisikan Pada Grand Final.
Kebetulan liputanindo diundang sebagai salah seorang Juri kontes ini dan Menyaksikan karena yang ikut sudah merupakan 3 terbaik, maka memang secara Lumrah Sekalian peserta sudah Mempunyai potensi, kompetensi, dan komunikasi yang sudah lebih Bagus dari tahun tahun sebelumnya. Mereka Mempunyai banyak Hasil karya yang bersifat kekinian seperti pendekatan digital.
General Manager Honda Customer Care Center (HC3) Division AHM Antok Yuniarso mengatakan perusahaan dan jaringannya di seluruh Indonesia selalu konsistem berinovasi dalam layanan purna jual guna meningkatkan kualitas layanan, mendukung keberlanjutan, dan menciptakan pengalaman interaksi dengan pelanggan yang lebih Bagus dan menyenangkan. Salah satu perwujudannya adalah kontes layanan yang selalu dikembangkan sesuai kebutuhan layanan konsumen yang semakin Variasi.
“Kepuasan konsumen merupakan prioritas Esensial kami. Oleh karena itu, kami Maju berkolaborasi dengan seluruh ujung tombak pelayanan sepeda motor Honda dalam upaya meningkatkan standar layanan sesuai kebutuhan konsumen yang kian Variasi. Kami berharap para peserta kontes layanan ini dapat juga menginspirasi seluruh garda terdepan layanan Honda di seluruh Indonesia,” ujar Antok.
Dan menang diakui oleh HC3 bahwa penilaian di sisi kegiatan sosial – digital ini jadi salah satu yang di nilai dari para peserta. Semangat dan komitmen tinggi Novianti Hasima, Front Line People (FLP) dari Astra Motor Sumatera Selatan dan juga Neni Susanti FLP dari PT Capella Dinamik Nusantara – Aceh dalam menjaga kepuasan konsumen sepeda motor Honda berbuah manis. Pada puncak Kontes Layanan Honda Nasional 2023 (KLHN) yang dilaksanakan di AHM Safety Riding & Training Center Deltamas, Jawa Barat hari Kamis (9/11), Neni Susanti berhasil menjadi pemenang terbaik di kategori FLP Reguler Dealer.
Sementara Novianti Hasima sukses menjadi FLP terbaik di kategori FLP Wing/Big Wing Dealer. Keduanya berhasil lolos pengujian ketat yang menguji kompetensi mereka dalam memberikan pelayanan terbaik Kepada konsumen, sekaligus menyisihkan 3.450 FLP dari 29 main dealer Honda di seluruh Indonesia.
Selain kategori FLP, gelaran yang memasuki memasuki tahun Penyelenggaraan ke-14 ini juga Mempunyai kategori lain seperti Pimpinan Jaringan Honda Reguler Dealer, Pimpinan Jaringan Honda Wing/Big Wing Dealer, Deliveryman Reguler Dealer, Deliveryman Wing/Big Wing Dealer, dan Customer Retention Officer.
Kategori Pimipinan Jaringan Honda Reguler dijuarai oleh Nurush Shobahiyah dari main dealer Astra Motor Nusa Tenggara Barat, sementara Kepada Wing/Big Wing diraih oleh Budi Sentosa Widjaya dari PT Daya Adicipta Motora. Pada kategori Deliveryman Reguler Dealer, Susanto dari Astra Motor Yogyakarta menjadi yang terbaik mendampingi Nurul Sabri dari PT Indako Trading Company yang meraih Pemenang Kepada Wing/Big Wing Dealer. Selanjutnya Kepada Customer Retention Officer terbaik diraih oleh Anggarda Pascha dari PT Capella Dinamik Nusantara – Aceh.
CUSTOMER Retention Officer
- 1 Anggarda Pasca
- 2 Rosita Dewi
- 3 Muthia Yolanda
FLP Diler Reguler
- 1 Neni Susanti
- 2 Siska Wulandari
- 3 Shofi Aziz
FLP Wing – Big Wing Diler
- 1 Novianti Hasima
- 2 Roby Suhendra
- 3 Aji Syamsi Prayoga
Delivery man Diler Reguler
- 1 Susanto
- 2 Ero Rohaero
- 3 Ikhwan Arifin
Delivery man Diler Wing – Big Wing
- 1 Nurul Sabri
- 2 Mustakim
- 3 Sri Wahyudi
Pimpinan Jaringan Diler Reguler
- 1 Nurush Shobahiah
- 2 Deni Wirawan
- 3 Joni Saputra
Pimpinan Jaringan Wing – Big Wing
- 1 Budi Sentosa W
- 2 Danang Midianto
- 3 Fiqih Rizkia
Taufik of BuitenZorg | @liputanindo