liputanindo.com – Kalau Kita bicara mesin Honda NC Series, mesin yang bernama NC750 banyak dipakai pada beberapa Motor Honda Seperti Vultus, X-ADV, dan NC750X. Mesin ini berevolusi dari awalnya NC700, 670 cc twin di tahun 2012 menjadi NC750, 745 cc Twin dengan Firing order 270º di tahun 2014. Perkembangan regulasi Emisi menyebabkan Honda harus putar Otak mengupdate mesin motor yang banyak digemari karena di salah satu Variannya Terdapat yang dikombinasikan dengan Dual Clutch Transmisssion ( DCT) sehingga Dapat menghasilkan perpindahan gear-shift yang seamless menggunakan tombol pilih, memudahkan dan berkesan keren . .

Buat menjawab Tantangan regulasi emisi Euro 5 , salah satunya adalah dengan mengupgrade Kubikasi mesin agar Dapat memenuhi regulasi tanpa menurunkan performa yang sudah Terdapat. Tetapi Solusi Honda yang terlihat di paten yang mereka daftarkan di Jepang bukan hanya sekedar Memajukan Dimensi Bore dari piston belaka, mereka melakukan Hal yang boleh dibilang cukup signifikan Tiba mengubah Model Valvetrain dari Mesin Jika model Transmisi Dual Clutch Lagi tetap dipertahankan Oleh Honda pada desain Paten terbaru ini.
Kalau Mesin NC750 yang digunakan Ketika ini mesih merupakan mesin dua silinder 745 cc SOHC berpendingin cairan, maka dari bentuk Desain mesin yang didaftarkan patennya mesin Next NC series sepertinya akan merupakan mesin dengan kepala silinder berjenis UNICAM. Kalau pada Sistem Camshaft mesin SOHC NC700 dan NC750 sama seperti camshaft motor SOHC mainstream dimana satu cam bertugas mengendalikan gerakan Buka tutup klep Berkualitas In maupun EX melalui perantara Rocker arm maka sistem Unicam agak sedikit berbeda.

Pada sistem Unicam seperti yang sudah Honda aplikasikan pada Jenis Motor Honda CRF450R Lamban dan Juga Motor VFR1200F bentuk Kepala silindernya lebih mungil. Sama seperti SOHC, Sistem UNICAM tetap menggunakan Satu camshaft, Tetapi Lobe pada Camshaft menggerakkan dan mengendalikan langsung gerakan buka tutup Klep intake, sementara Buat klep Exhaust hadir Rocker arm.

Guna dari sistem UNICAM ini apa ? Kenapa kira kira Honda Ingin mengganti sistem SOHC ke Unicam? Selain Membangun kepala silinder jadi lebih ramping, sistem UNICAM dapat Membangun sudut antara Klep Intake dan Klep exhaust menjadi kecil. Dan susut kecil antara Dua jenis kelap ini dapat Membangun ruang bakar jadi lebih ” RATA” yang biasannya model ini bagus buat mesin dengan rasio kompresi tinggi dan merupakan salah satu Langkah Buat menambah performa juga konsumsi bahan bakar sekaligus menjamin emisi tetap bagus.

Taufik of BuitenZorg | @liputanindo