liputanindo.com – Terakhir kita sempat mengetahui bahwa Kawasaki sempat memamerkan prototipe motor hybrid mereka yang menggunakan dua mesin dalam 1 unit motor (mesin bakar + motor listrik) kali ini Honda sepertinya nggak mau kalah, mereka juga ketahuan baru-baru ini mematenkan desain mesin hybrid yang bahkan menggunakan tiga mesin (1 mesin bakar + 2 motor listrik) dalam satu unit sepeda motor. Honda mendesain mesin ini di atas platform motor yang sudah Pelan ini dikenal sebagai Honda X-ADV.
Ya, Bukan seperti motor hybrid konvensional yang didesain pada Ninja HEV Kawasaki, yang akan diluncurkan sebagai bagian dari jajaran model perusahaan pada tahun 2024 – Honda Bukan hanya menambahkan motor listrik Kepada mendongkrak mesin konvensional. Desain yang dipatenkan pada dasarnya Mempunyai dua transmisi – memungkinkannya Kepada beroperasi dalam berbagai mode termasuk sebagai mode listrik murni, sebagai CVT twist-and-go. dan sebagai sepeda motor Lazim dengan beberapa rasio gigi tetap.
Tata letak transmisi ditunjukkan di gambar atas. Sepertinya inspirasi desain transmisi ini sebagian diambil dari mobil hybrid OG – Toyota Prius – dengan menggunakan planetary gearset epicyclic Kepada menghubungkan dua motor listrik dan mesin bensin secara bersamaan, tanpa menggunakan kopling konvensional sama sekali. Sobat Pandai Menyaksikan Eksis mesin bakar yang dilambangkan piston, mesin motor listrik pertama (MG1) dan mesin motor listrik 2 (MG2) yang dibubungkan dalam sebuah sistem transmisi yang menarik. Desain ini memungkinkan mesin hybrid Honda ini berjalan dalam paling Bukan empat mode.
Mode EV
Ini adalah mode paling sederhana yang dapat dijalankan oleh sepeda motor dimana hanya menggunakan motor listrik kedua (MG2) Kepada menggerakkan roda belakang dan hanya menggunakan daya baterai. Pada mode ini, mesin pembakaran dimatikan sama sekali, sehingga dudukan ring gear tetap Hening. Segala roda gigi pada transmisi multi-kecepatan dilepaskan.
eCVT Mode
Mode kedua dijuluki ‘eCVT’ dan mewakili pengaturan hybrid twist-and-go dari motor. Menggunakan perpaduan tenaga dari mesin pembakaran dan dua motor listrik, yang juga beroperasi sebagai generator Kepada mengisi ulang baterai ketika Eksis kelebihan daya.
Dalam pengaturan ini, mesin pembakaran sedang berjalan dan putarannya dimodulasi oleh kecepatan motor listrik Penting (MG1). Motor listrik kedua, MG2, secara permanen diarahkan ke roda belakang sehingga akan selalu bergerak dengan kecepatan yang berbanding lurus dengan seberapa Segera motor melaju.
Mode Gear
Meskipun pengaturan eCVT mungkin Pandai melakukan semuanya dalam hal memadukan tenaga dari mesin dan motor listrik, Tetapi hal ini sepertinya Bukan akan memberikan pengalaman berkendara yang paling menarik. Honda Mengerti bahwa pengendara sepeda motor suka menggunakan persneling, jadi Honda juga menyediakan hal tersebut.
Roda gigi dalam transmisi relatif konvensional, meskipun hanya Eksis empat gigi transmisi. Pada sepeda motor Lazim, poros input akan digerakkan oleh mesin bakar, Tetapi di sini terhubung ke motor listrik Penting (MG1) memberikan kesan lebih seperti sepeda motor konvensional.
Power Generation Mode
Mode terakhir adalah mode yang hadir dalam keadaan motor Hening. Mesin bakar tetap menyala dan mengisi baterai. Seluruh tenaga dari motor/generator kedua MG2 dialihkan ke motor Penting /generator (MG1), yang bertindak dalam mode generator Kepada mengisi ulang baterai.
Keseluruhan proyek ini sepertinya Lagi dalam tahap awal, Tetapi banyaknya paten yang terkait dengannya menunjukkan bahwa proyek ini sedang dikerjakan secara serius. Mungkin proyek ini menjadi bagian dari proyek Mendunia Honda yang berencana menjadikan bisnis sepeda motornya Independen karbon pada tahun 2040. – @liputanindo