Honda kembangkan Sistem Steering Assist Kepada Sepeda Motor

liputanindo.com – Apabila selama ini pengendalian asisten Otonom Kepada membantu Pengendara sepeda motor Ketika riding banyak dilakukan Via beberapa Sistem yang terhubung langsung ke dapur pacu seperti Traction Control, riding Mode, dan engine Brake control,  Sekarang pabrikan terlihat mulai mengalihkan perhatian mereka ke sistem kemudi ( setir ) Kepada Menyantap apakah komputer dapat membantu aspek sisten otonom ini juga di area tersebut . . Salah satunya yang Bisa dilihat di Patent Honda Yang baru saja dirilis beberapa waktu yang Lampau dimana terlihat seperti sebuah step pengembangan antara adaptive steering damper dan sistem active steering-assistance ( Bisa nyetir sendiri ) . . . wahhh agak ribet nih

Adjustable Steering damper di sepeda motor Jernih bukanlah hal baru. Umumnya sistem ini memberikan tingkat redaman yang bervariasi Kepada mencegah Kejadian seperti Tank Slapper atau gerakan setang mendadak yang tak terduga. Desain baru Honda pada Paten Ini secara fisik mirip steering damper, Tetapi pada dasarnya Bukan damper/ peredam, melainkan mengambil pendekatan yang lebih aktif dengan aktuator listrik.

Cek Artikel:  Honda Formal Rilis CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary

Gambar patent yang dirilis Honda terlihat bahwa bagaimana sebuah aktuator Listrik terhubung ke setang Honda Gold Wing Lumrah. Aktuator listrik yang fisiknya mirip steering damper ini pada dasarnya adalah sebuah mesin servo dengan torsi tinggi yang dipasang ke kemudi melalui sebuah batang (43c).

Dalam penggunaan normal, servo ini Bukan akan menghalangi pergerakan setang, dan bahkan dapat diprogram Kepada membantu pengendara yang pada dasarnya bertindak sebagai sistem power-steering. Nah selain sebagai Power steering, pada gilirannya servo ini dapat dikembangkan menjadi fungsi yang lain.

Dalam sistem kerjanya, Sistem ini terhubung secara elektronik ke IMU ( Inertial Measurement Unit ) dan tentunya ECU Kepada memantau perubahan sudut kemiringan, Pengaruh guling serta kecepatan roda Kepada menentukan apakah Motor bereaksi sesuai keinginan pengendara atau memasuki kondisi yang Bukan diinginkan. . . .

Cek Artikel:  Hadirkan Aksesori Perlengkapan Dasar Mobil Terjamin, Nyaman, dan Fungsional

Tetapi pada dasarnya Sistem Steering Assist ini diperkirakan Bukan bekerja sendiri. Ia dikombinasikan dengan kerja dari banyak sistem pengendali lainnya seperti Traction control, engine Brake Control, ABS dan lain lain yang pada ujungnya sih akan Membangun pengedaraan Jauh lebih sesuai dengan keinginan pengendara ( lebih safety ). Pengajuan Paten ini belum dapat diartikan bahwa sistem ini akan dibenamkan di Honda Gold Wing dalam waktu dekat misalnya, Tetapi Bisa saja diaplikasikan di Motor Motor lain.

Taufik of BuitenZorg | @liputanindo

Mungkin Anda Menyukai