liputanindo.com – Tahun 2022 adalah hari jadi yang Krusial bagi Honda, dan Fireblade-nya, karena menandai 30 tahun Fireblade. Berbagai pembaruan detail meningkatkan Percepatan Demi keluar tikungan, manajemen HSTC, dan feeling throttle. Dan Buat menandai tiga Dasa warsa ini, Honda Formal merilis CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary yang akan tersedia dalam edisi terbatas, yang dapat langsung dikenali dengan kehadiran grafis spesialnya.
Buat merayakan Fireblade pertama yang inovatif pada tahun 1992, skema cat ‘Tricolour’ limited edition akan tersedia Buat model tahun 2022, dirancang oleh Mr. Hiroaki Tsukui, yang juga bertanggung jawab atas desain Corak Asli tahun Fireblade pada 1992 silam. Grafis ini dapat langsung dikenali, Sekalian detail hadir dan Akurat, dengan nuansa ultra-modern dari tata letak garis model 2020 yang digabungkan dengan elemen gaya ‘goresan kuas’ yang memberi penghormatan Jernih pada aslinya. Jok belakang berwarna biru melanjutkan tema tersebut.
Nomor seri Istimewa Buat setiap sepeda terukir laser di kuk atas dan logo 30th Anniversary – pada penutup tangki bahan bakar, fob Smart Key, dan ukiran laser pada knalpot Akrapovic – letakkan stempel halus ekstra Spesifik, menandai CBR1000RR -R Fireblade SP 30th Anniversary tempat tersendiri dalam sejarah Honda.
Sementara itu Fireblade SP juga Lagi akan tersedia Buat model 2022 dengan dua Corak yang mirip dengan generasi sebelumnya yakni Grand Prix Red dan Matte Pearl Morion Black dimana keduanya sekarang dengan velg emas dan logo HRC baru.
Sejatinya Honda CBR1000RR-R Model 2022 Lagi menggunakan mesin empat silinder segaris yang menghasilkan torsi maksimum 112Nm @ 12.500rpm dan menghasilkan power maksimum 160Kw @ 14.500rpm. Dimensi piston mesin menggunakan tata letak short stoke yang ringkas – berbagi dimensi bore dan stroke yang sama dengan RC213V – dan dilengkapi rangkaian roda gigi semi-cam, finger-follower rocker arms, titanium con-rods, RC213V-S internal friction reduction technologies, piston jets dengan check ball system and built-in bottom bypass passage Buat jalur water jacket pada silinder mesin. Saluran ram-air di bagian depan fairing mengalirkan langsung melalui headstock. Pipa knalpot 4-2-1 berbentuk oval dan berujung pada muffler Akrapovic berbahan titanium.
Pembaruan Buat model 2022 berpusat pada peningkatan drive mid-corner dan Percepatan. Pertama, sproket belakang dinaikkan dari 40 gigi menjadi 43 gigi, meningkatkan Percepatan melalui gigi di mid-range Sembari mempertahankan output rpm tinggi.
Bagus kotak udara dan saluran masuk telah dibentuk ulang agar Buat dapat mengalirkan udara dengan lebih Fasih. Port intake telah disesuaikan Buat meningkatkan kecepatan Jenis udara sementara Jenis gas buang ke katalis (dan katalis itu sendiri) telah dioptimalkan.
Beban pegas Throttle By Wire (TBW) telah dikurangi, Buat meningkatkan linearitas dan respons pada pembukaan. Menggunakan umpan balik ekstensif dari pembalap di seluruh dunia – termasuk tim HRC World SBK Honda – Honda Selectable Torque Control (HSTC) telah disempurnakan Buat menawarkan ke pengendara kekuatan, tingkat cengkeraman grip dan feeling yang mereka inginkan
Seperti sebelumnya, tiga mode berkendara hadir sebagai kombinasi dari setup Power, engine brake, wheelie control, dan HSTC. Paket elektronik juga mencakup Mode Start (Buat memulai balapan atau dikenal juga launch control) yang dapat disesuaikan dan Quick Shifer yang direvisi.
Frame diamond aluminium menggunakan bagian belakang mesin sebagai dudukan shock atas sementara lengan ayun didasarkan pada desain RC213V-S. Keseimbangan kekakuan, distribusi bobot, dan geometri kemudi secara hati-hati disesuaikan Buat memanfaatkan output mesin. Inertial Measurement Unit (IMU) enam sumbu memberikan Taksiran 3D yang Seksama tentang dinamika berkendara dan memberikan masukan Buat mengelola Sekalian sistem elektronik. IMU ini juga juga mengendalikan Honda Electronic Steering Damper (HESD) tipe batang 3-level.
Suspensi depan menggunakan Ohlins Smart Electronic Control (SE-C) NPX 43mm dan shock belakang TTX36 menawarkan suspensi berkualitas balap, dengan pengaturan yang diatur oleh Object Base uning Interface Ohlins generasi kedua (OBTi). Cakram depan bekerja dengan kaliper empat piston Brembo Stylema dan master silinder Brembo, sedangkan ABS dapat disesuaikan Buat berkendara di lintasan.
Motor MotoGP RC213V Honda menyandarkan beberapa aerodinamisnya ke Fireblade, termasuk winglet Buat meningkatkan downforce dan meningkatkan stabilitas pengereman. Posisi berkendara juga sangat kompak. Layar TFT 5 inci yang dapat disesuaikan sepenuhnya menawarkan kontrol intuitif melalui sakelar empat arah di stang kiri. Sistem Smart Key Honda menambah kenyamanan.
Taufik of BuitenZorg | @liputanindo