Honda E-Clutch Diperkirakan Jadi Alternatif Quick Shifter Masa Datang

liputanindo.com – Honda pernah beberapa kali bikin geger dunia sepeda motor produksi massal dengan merilis sistem Hondamatic di 1970-an dan DCR di tahun 2000-an dan kini Honda baru saja mengumumkan pengembangan lain Buat Membangun perpindahan gigi lebih mudah dalam bentuk ride-by wire Honda E-Clutch dimana sistem ini memungkinkan start/pemindahan/penghentian yang mulus tanpa perlu pengendara sama sekali mengoperasikan tuas kopling di handlebar kiri.

Honda belum secara Formal memberikan rincian teknis sistem E-CLutch ini . . Hasil kerjanya mirip dengan Quick Shifter, Tetapi Honda telah merilis video dimana di dalamnya ya dapat lah sedikit diraba-raba bahwa sistem E-Clutch ini pada dasarnya adalah aktuator kopling elektrik yang membuka pintu ke berbagai kemungkinan strategi baru dalam sistem opling dan Quick Shifter.

Honda mengatakan bahwa mereka ‘berencana Buat menerapkan Honda E-Clutch pada model sepeda motor tipe fun-nya seiring berjalannya waktu’ dan dari video yang hadir terliat bahwa gambar-gambar tersebut mengonfirmasi bahwa sistem E-CLutch dipasang pada Mesin 4 silinder Segaris CB650R yang juga akan sangat mungkin hadir di CBR650R.

Cek Artikel:  Formal : AHM Rilis Generasi Terbaru Honda Beat dan Honda Beat Street MY2024

Tetapi begitu, Grand Designya adalah Sistem E-Clutch dirancang agar dapat dipasang pada sebagian besar mesin yang Eksis Begitu ini tanpa perubahan besar. Gambar yang diperoleh dari video teaser menunjukkan bahwa sistem ini menggunakan sepasang motor listrik yang membentuk sistem servo kuat. Sistem servo ini bekerja pada mekanisme kopling yang Eksis dan dioperasikan secara elektronik berdasarkan perintah ECU.

Sistem ini Tak mengubah sambungan mekanis normal dari tuas kopling yang Eksis – jadi ketika sistem ini di-non-aktifkan dengan tombol yang sudah disediakan, rider dapat berkendara secara konvensional dan melakukan pergantian gear dengan Langkah semula yakni menarik kopling secara manual.

Pada video terlihat pada display dashboard mirip yang dimiliki CB650R Tetapi hadir lampu yang menunjukkan Begitu sistem E-Clutch sedang aktif. Berbeda dengan transmisi DCT yang rumit, yang memerlukan gearbox berbeda dari gearbox standar, hadir dua kopling, dan sistem kontrol elektro-hidraulik, E-Clutch berpotensi dipasang pada Dekat Segala sepeda motor dengan kopling manual konvensional. Kandidat lain yang mungkin mendapatkan sistem ini di masa depan adalah Hornet 750, Transalp, dan bahkan model berbasis Honda CB500 atau CBR250RR yang diproduksi di Indonesia. – @liputanindo

Cek Artikel:  Isuzu Birui Bus Listrik Cocok untuk Diaplikasikan di Indonesia

Mungkin Anda Menyukai