Honda CT90 pada jamannya miliki 8 Gear . . banyak amat ?

liputanindo.com – Lagi Berkaitan dengan Hadirnya Honda CT125 Hunter Cub, liputanindo mau sedikit berbagi sedikit detail dari kisah sejarah Motor bebek Trail Honda dimana sebenarnya Kisah juga berkaitan dengan Sejarah Supercub yang dimulai tahun 1958. Nah Sekeliling 2-3 taun semenjak hdirnya Honda supercub, Di Jepang. di tahun 1961 hadirlah sebuah C100T  “Hunter Cub” Yang Bukan lain merupakan Honda supercub yang didesain Tertentu Demi berburu, lengkap dengan tempat Senapan berburu di depan serta Sproket belakang besar yang pas digunakan Demi naik ke atas Bukit.

Nah Pergantian sproket belakang besar ini dianggap akhirnnya kurang efektif dan Banyak menghabisakan waktu . Plus juga karena Demi dipakai di Jalanan Road Biasa, sproket belakang yang terlalu besar akan menghadirkan Handicap sendiri. Dan akhirnnya Honda Membangun sebuah Hasil karya yang cukup Revolusioner Kala itu dengan Langkah Membangun Dua Jenis variasi Sproket depan yang Pandai di Salin dengan Langkah Manual. Honda Menamakan dengan ” Trail Gear ” dan ” Road gear ” . . .

Cek Artikel:  Raihan Gerry Salim di dua Kualifikasi Moto3 CEV Le Mans 2018

Caranya Lumayan Mudah, Tetapi memang Demi itu hanya Pandai dilakukan secara manual dengan Langkah memindahkan sebuah Switch Rod Mekanik di Rendah ( Kolong ) Posisi sproket depan Demi memindahkan Road gear ke Trail gear atau sebaliknya dengan sproket belakang tetap hanya 28 mata.

Apabila dipilih Trail gear maka akan diperoleh suatu sistem dengan Final gear ratio yang rendah dibandingkan Final gear ratio dari ‘Road gear’. Yap Demi Mode Road gear Eksis 4 Gear dan Demi Mode Trail gear pun Eksis 4 Gear. Sehingga total Demi itu Honda membawa embel embel motor bebek (cub) yang Mempunyai 8 gear, sebuah Hasil karya yang kenapa Nggak diterusin ya Tiba Demi ini ?

Cek Artikel:  Bahaya Telat Mengganti Oli Gardan Motor Wafatc

Taufik of BuitenZorg

 

Mungkin Anda Menyukai