Honda CBR1000RR-R Formal dirilis AHM dengan Harga Mulai 990 Juta rupiah OTR

liputanindo.com – PT Astra Honda Motor (AHM) mulai memasarkan Honda CBR1000RR-R Fireblade in Tanah Air. Hadir sebagai episentrum filosofi Total Control, motor supersport berperforma tinggi ini memberikan pengendalian sempurna dan sensasi berkendara yang memacu adrenalin layaknya motor MotoGP yang dapat digunakan di jalan raya.

2020 HONDA CBR1000RR-R SP

Terinspirasi dari Honda RC213V MotoGP dan RC213V-S, Honda CBR1000RR-R Fireblade mengusung desain aerodinamis dan agresif yang melegenda dari motor supersport Honda, serta mengusung sebuah level baru dari performa mesin 4 silinder paling bertenaga dengan konfigurasi yang sama dengan Honda RC213V. Seluruh fitur yang diaplikasikan pada model ini pun bertumpu pada mesin dan teknologi sasis yang mendukung sensasi berkendara di sirkuit.

Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma mengatakan Honda CBR1000RR-R Fireblade merupakan motor supersport terbaik Honda CBR series yang didesain dengan kinerja dan kekayaan fitur yang belum Terdapat sebelumnya Buat sebuah motor yang siap dikendarai di jalan raya maupun di sirkuit.

2020 HONDA CBR1000RR-R SP

”Kami menghadirkan Honda CBR1000RR-R Fireblade dengan kesempurnaan menyeluruh Buat para pecinta big bike di Indonesia, terutama pecinta kecepatan, karena kami menyadari terdapat konsumen yang menginginkan motor berfitur terbaik, serta Mau merasakan sensasi berkendara maksimal di sirkuit,” ujar Toshiyuki Inuma.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan kehadiran Honda CBR1000RR-R Fireblade ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan Buat mewujudkan mimpi masyarakat, termasuk para pecinta sepeda motor premium.

2020 HONDA CBR1000RR-R SP

”Honda CBR1000RR-R Fireblade akan memberikan pengalaman berkendara tertinggi. Kehadirannya di Tanah Air didukung layanan terbaik di jaringan Big Wing Honda yang siap memberikan layanan premium Berbarengan tim terlatih Buat menemani pecinta flagship big bike Honda ini,” ujar Johannes Loman.

2020 HONDA CBR1000RR-R SP

Honda CBR1000RR-R Fireblade Mempunyai desain agresif dengan minim area frontal agar menambah aerodinamika. Dekat Seluruh bagian diciptakan Buat mendapatkan downforce maksimal Begitu berakselerasi, mengerem, dan bermanuver.

Cek Artikel:  Mulia Fachrul Didu Tercepat Kedua di Sesi FP1 ATC Seri Qatar 2018
2020 HONDA CBR1000RR-R SP

Headlight full LED semakin tajam mempertegas kesan futuristik. Terdapat winglet yang diturunkan dari Honda RC213V Buat menambah downforce, Membangun sepeda motor tetap Kukuh Begitu berakselerasi, atau melaju kencang Begitu keluar dari tikungan.

2020 HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE Ram Air Duct

Tak hanya itu, DNA motor balap juga tercermin dari aplikasi Air-ram Duct (lubang udara) di bagian depan yang mengalirkan udara segar langsung menuju airbox. Cover tangki bahan bakar didesain agar pengendara Dapat mendapatkan posisi paling ideal Buat mengurangi hambatan angin.

2020 HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE Frame body

Sasis Istimewa Honda CBR1000RR-R Fireblade menggunakan bahan aluminium, mendekap mesin lebih Berkualitas Buat memperbaiki kelincahan berkendara. Jarak sumbu roda (wheelbase) dibuat lebih panjang, yakni 1.455 mm (sebelumnya 1.405 mm), demi kestabilan Begitu melaju dengan kecepatan tinggi.

2020 HONDA CBR1000RR-R SP

Sensasi ”racy” didapat dari posisi berkendara yang baru. Setang lebih maju, sementara pijakan kaki (footstep) dibuat semakin naik dan mundur. Seluruh informasi pada panelmeter ditunjukkan dengan versi full digital dari layar TFT, Dapat dipilih lima mode display sesuai selera dan kebutuhan pengendara.

Peningkatan PerformaΒ 

Tentu bukan hanya desain, Kelebihan Istimewa Honda CBR1000RR-R Fireblade adalah performa. Buat mempertahankan performa tenaga yang tinggi yang diimbangi dengan kemudahan pengendalian, model ini dikembangkan dengan berbagai perubahan.

2020 HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE Cam chain

Mesin 999,9 cc DOHC 4-silinder inline mengalami banyak peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya. Konfigurasi mesin ini sama persis dengan RC213V (bore x stroke : 81 mm x 48,5 mm). Tenaga maksimalnya naik menjadi 160 kW @14.500 rpm (sebelumnya 141 kW), dan torsi maksimal mencapai 113 Nm @12.500 rpm.

2020 HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE Piston

Piston kini terbuat dari bahan aluminium tempa (Forged Aluminium). Kini, masing-masing komponen tersebut (terdapat 4 buah) berbobot lebih ringan 5 persen dibadingkan model sebelumnya, sekaligus Meningkatkan kekuatan dan ketahanannya.

Cek Artikel:  Formal : AHM Datangkan Honda NSF100 Demi Pembalap U-14
2020 HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE Cam shaft
2020 HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE Ti Conrod

Detail lain, camshaft diberi lapisan Tertentu yang disebut Diamond Like Carbon (DLC) Buat mengurangi Bentrok hingga 35 persen Kalau dibandingkan dengan komponen yang sama tanpa lapisan DLC. Connecting rods (konrod) menggunakan bahan titanium, sehingga bagian ini bobotnya berkurang 50 persen.

2020 HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE Bottom bypass

Teknologi baru pada superbike ini adalah Built-in Bottom Bypass, sistem sirkulasi air pendingin yang dialirkan lansung dari radiator Cocok menuju komponen Istimewa ”water jacket”. Lewat, terdapat New Multi-point Piston Jet, teknologi yang Bisa menyemprotkan pelumas pendingin pada piston dari berbagai arah. Tugasnya menjaga temperatur piston dan mengurangi gesekan berlebih.

Fitur Canggih

Performa tinggi sektor dapurpacu diimbangi dengan hadirnya peranti elektronik paket lengkap. Honda CBR1000RR-R Fireblade tetap dibekali sistem bukaan gas (throttle) via electrical wire yang presisi, akrab disebut Throttle by Wire.

2020 HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE IMU

Sensor advance Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis Bisa mengukur posisi sepeda motor dalam enam axis (sumbu). Peranti ini bekerja Berbarengan Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard, medium, soft) , Berfaedah Buat menambah stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan menikung.

2020 HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE Left handlebar

Kemampuan sepeda motor sangat Elastis dengan Riding Mode yang mempunyai tiga mode. Masing-masing mode akan mengatur level Buat besaran tenaga (1-5), kontrol torsi HSTC (1-9), engine brake (1-3), wheelie control (1-3), dan suspensi (1-3).

2020 HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE HSTC

Paket itu semakin lengkap dengan hadirnya fitur Wheelie Control yang mencegah Honda CBR1000RR-R Fireblade terangkat ban depannya karena berakselerasi terlalu tinggi. Hal ini Tetap ditambah Tengah dengan Rear Lift Control yang meniadakan potensi ban belakang terangkat karena rem terlalu dalam.

Satu hal Tengah yang menjadikan Honda CBR1000RR-R Fireblade semakin naik kelas, adanya fitur Start Mode. Fitur ini menjaga putaran mesin (rpm) tetap konstan Begitu melakukan start, memungkinkan pengendara berkonsentrasi pada pengoperasian kopling agar start semakin optimal. Peranti ini Bisa membatasi putaran mesin maksimal sesuai keinginan (6.000-10.000 rpm).

Cek Artikel:  Bo Bendsneyder Tercepat H-1 Tes WorldSSP Australia 2025 . . Aldi Satya ?

Fitur Assist & Slipper Clutch menjadi peranti standar, Buat memperingan pengoperasian kopling dan menghilangkan Dampak ban terkunci Begitu terjadi engine brake karena pengurangan gigi. Pada tipe SP, dibekali Quick Shifter yang Membangun perpindahan gigi naik-turun semakin Segera.

Kaki-kaki Maksimal

2020 HONDA CBR1000RR-R SP

Suspensi depan tipe STD menggunakan model Inverted Telescopic dari Showa, dan di belakang memakai tipe Pro-Link with Gas Chamber Showa. Semuanya Dapat di-setting manual, mulai dari sisi preload, rebound, hingga kompresinya.

2020 HONDA CBR1000RR-R SP
2020 HONDA CBR1000RR-R SP

Sementara tipe SP dibekali suspensi depan Inverted Telescopic Ohlins Smart-EC, dan tipe Pro-Link with Gas Chamber Ohlins Smart-EC di belakang. Keduanya Dapat di-adjust via setting-an mode berkendara.

2020 HONDA CBR1000RR-R SP

Sedangkan di sisi penghentian laju, tipe STD dibekali Nissin Dual Front Disc Brake Radial 4-piston, diameter 330 mm. Di belakang, menggunakan peranti rem Brembo 2 piston. Pada tipe SP, rem depan memakai Brembo Dual Front Disc Brake Radial 4 piston. Bagian belakang sama dengan tipe STD.

2020 HONDA CBR1000RR-R SP

Peranti Anti-Lock Braking System (ABS) terdapat dua mode yang Dapat dipilih. Sport Buat penggunaan jalanan, dan mode Track Buat penggunaan di sirkuit yang meningkatkan kekuatan pengereman.

2020 HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE Swing Arm

Lengan ayun (swingarm) dibangun dari bahan dasar alumunium. Dimensinya 30,55 mm lebih panjang dibandingkan Fireblade terdahulu, Tetapi bobotnya sama. Knalpot baru, kolaborasi antara Honda dan Akrapovic berbahan titanium.

AHM menawarkan Honda CBR1000RR-R Fireblade dalam dua varian, tipe STD dengan Rona hitam (Matte Pearl Morion Black), dan tipe SP dengan Rona khas Honda Tricolor. Keduanya dipasarkan dengan harga Rp990.000.000,- (tipe STD) dan Rp.1.100.000.000,- (tipe SP), on the road Distrik Jakarta

Taufik of BuitenZorg | @tmcbog

Mungkin Anda Menyukai