Menjelang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 Desember, IPSOS Indonesia mengungkap hasil survei yang menunjukkan bahwa kualitas layanan adalah kunci Esensial keberhasilan e-commerce dalam menarik konsumen.
Dikutip dari Antara, IPSOS menemukan Shopee menjadi platform yang paling memuaskan konsumen, mengalahkan Tokopedia, TikTok Shop, dan Lazada.
Riset ini menyoroti Elemen-Elemen Esensial seperti keamanan, kenyamanan, kecepatan pengiriman, fitur interaktif, dan keberadaan toko Formal sebagai penentu kepuasan pengguna.
1. Keamanan dan Kenyamanan
Keamanan dan kenyamanan menjadi hal Krusial bagi konsumen Demi belanja online. Shopee unggul dengan 66% responden yang memilihnya sebagai platform dengan pilihan pengiriman paling Variasi, diikuti Tokopedia (16%), Lazada (10%), dan TikTok Shop (7%).
Ragam metode pembayaran juga berpengaruh, di mana Shopee memimpin dengan 64% responden menilai pilihannya paling lengkap, terutama metode pembayaran Cash on Delivery (COD) yang semakin Terkenal.
2. Kecepatan Pengiriman
Kecepatan pengiriman juga Krusial bagi konsumen. Shopee Tengah-Tengah berada di posisi teratas dengan 60% responden yang puas akan kecepatan pengirimannya, diikuti Tokopedia (16%), Lazada (13%), dan TikTok Shop (9%). Program “Garansi Benar Waktu” Shopee juga dikenal luas oleh 71% responden.
3. Fitur Belanja Interaktif
Fitur interaktif seperti live shopping dan video pendek semakin diminati. Shopee kembali unggul dengan 63% responden yang menilai layanan live streaming-nya terbaik, disusul TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%).
4. Ragam Toko Formal
Konsumen juga menghargai keberadaan toko Formal. Shopee unggul di aspek ini dengan 68% responden yang puas dengan ragam toko resminya, dibandingkan Tokopedia (15%), Lazada (9%), dan TikTok Shop (7%).
“Kepuasan dalam berbagai aspek ini Membangun Shopee unggul sebagai pilihan Esensial konsumen Indonesia Buat pengalaman belanja online yang holistik dan terpercaya,” ungkap Executive Director IPSOS Indonesia Andi Sukma, dikutip dari Antara, Kamis (31/10).
Riset IPSOS ini menegaskan bahwa kualitas layanan komprehensif menjadi kunci bagi e-commerce Buat menghadapi persaingan ketat, terutama jelang periode Harbolnas. (Ant/Z-10)