Fenomena Langka Asteroid 2024 PT 5 Akan Mengorbit Bumi Hingga November

Fenomena Langka! Asteroid 2024 PT 5 Akan Mengorbit Bumi Hingga November
Asteroid kecil akan mengorbit di Bumi selama dua bulan(Dok. The Daily Guardian)

BUMI akan segera kedatangan bulan mini baru, sebuah asteroid kecil yang akan mengorbit planet kita selama sekitar dua bulan.

Penemuan menarik ini dilakukan oleh dua peneliti dinamika asteroid dari Universidad Complutense de Madrid, Carlos de la Fuente Marcos dan Raúl de la Fuente Marcos.

Asteroid yang diberi nama 2024 PT 5 ini diperkirakan akan mengelilingi Bumi sebelum melanjutkan perjalanannya ke bagian lain tata surya.

Baca juga : Apakah Surya Semakin Menjauhi Bumi? Berikut Fakta dan Penjelasan Ilmiahnya

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Research Notes of the AAS, kedua peneliti menjelaskan bagaimana Bumi secara berkala menangkap asteroid kecil yang kemudian mengorbitnya untuk waktu singkat.

Cek Artikel:  Confluent Tunjuk Direktur Regional Baru untuk Indonesia

Fenomena ini bukanlah hal baru; pada tahun 2006, misalnya, sebuah asteroid kecil mengelilingi Bumi selama hampir setahun, sementara asteroid lain melakukannya selama beberapa tahun sebelum akhirnya meninggalkan Bumi pada tahun 2020.

Asteroid 2024 PT 5 ditemukan bulan lalu melalui Sistem Peringatan Terakhir Dampak Terestrial Asteroid, yang bertugas mendeteksi objek yang mendekati Bumi.