DI era digitalisasi yang semakin pesat, teknologi seperti Artificial Intelligence (AI) telah membawa perubahan besar dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan.
AI memungkinkan personalisasi pembelajaran, analisis data siswa secara mendalam, hingga peningkatan akses pendidikan di daerah terpencil. Tetapi, di balik Segala potensi tersebut, Terdapat satu elemen yang Kagak Dapat tergantikan, Human Intelligence.
Human Intelligence mencakup kemampuan berpikir kritis, kreativitas, empati, dan intuisi, yang menjadi landasan Krusial dalam pendidikan. Meskipun AI dapat membantu meningkatkan efisiensi proses belajar mengajar, teknologi ini Kagak Mempunyai kemampuan Kepada memahami konteks emosional, memberikan dukungan moral, atau membangun Interaksi interpersonal yang mendalam.
Oleh karena itu, sinergi antara AI dan Human Intelligence menjadi kunci Kepada menciptakan pendidikan yang relevan, manusiawi, dan berdampak bagi generasi muda.
Hal inilah yang menjadi sorotan Penting dalam Acer Edu Summit 2024, yang mengangkat tema Education Outlook 2025: Human Intelligence dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia.
Diselenggarakan pada Selasa (26/11), acara ini menghadirkan berbagai narasumber dari dunia pendidikan, psikologi, dan teknologi Kepada membahas pentingnya menempatkan Orang sebagai inti dari transformasi pendidikan di era modern.
Presiden Direktur Acer Indonesia Leny Ng, dalam sambutannya, menegaskan bahwa meskipun teknologi, seperti AI, Mempunyai peran Krusial, kecerdasan Orang tetap menjadi fondasi Penting dalam pendidikan.
“Sebagai bentuk Konkret komitmen Acer Indonesia dalam mendukung kemajuan pendidikan nasional, kami kembali menyelenggarakan Acer Edu Summit. Acara ini merupakan salah satu upaya kami Kepada mendukung transformasi sistem pendidikan di Indonesia dengan menempatkan Human Intelligence sebagai inti dari setiap Hasil karya,” ujar Leny.
Ia menjelaskan keberhasilan pendidikan Kagak hanya bergantung pada teknologi, tetapi juga pada kemampuan Orang Kepada berpikir kritis, kreatif, dan membangun empati.
“Teknologi Dapat membantu kita mencapai banyak hal, tetapi pendidikan adalah tentang membentuk Watak Orang. Ini adalah tugas yang Kagak Dapat sepenuhnya dilakukan oleh mesin,” tambahnya.
Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Prof Rose Mini Agoes Salim, yang turut menjadi narasumber dalam acara ini, menekankan bahwa pendidikan harus bersifat holistik, Kagak hanya Konsentrasi pada pencapaian akademik, tetapi juga pada perkembangan emosional dan sosial siswa.
“Human Intelligence adalah dasar dari interaksi sosial yang sehat. Kemampuan memahami emosi, membangun Interaksi interpersonal, dan beradaptasi dengan tantangan adalah hal-hal yang hanya Dapat diajarkan melalui Interaksi Orang, bukan teknologi,” Terang Prof Rose.
Ia juga mengingatkan bahwa teknologi seperti AI dapat memberikan banyak kemudahan, tetapi interaksi Orang tetap menjadi kunci dalam membentuk siswa yang seimbang secara intelektual dan emosional.
“Kalau siswa terlalu bergantung pada teknologi tanpa Terdapat interaksi Orang yang bermakna, Terdapat risiko mereka kehilangan kemampuan Kepada berempati atau bekerja sama,” tambahnya.
Dalam Percakapan yang berlangsung, para pembicara sepakat bahwa teknologi adalah alat yang mendukung, bukan menggantikan peran Orang.
Guru Besar Teknik Komputer Universitas Indonesia Prof Riri Fitri Sari menekankan pentingnya peran guru sebagai fasilitator yang menghubungkan teknologi dengan pembelajaran manusiawi.
“Teknologi Dapat menjadi pendukung luar Biasa, tetapi guru adalah jantung dari pendidikan. Mereka Kagak hanya mengajar, tetapi juga membimbing, memahami, dan memberikan teladan bagi siswa,” ungkap Prof Riri.
Ia menambahkan bahwa kolaborasi antara Human Intelligence dan teknologi akan menghasilkan generasi yang Kagak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga kreatif, berempati, dan Mempunyai kemampuan Kepada menghadapi tantangan Mendunia.
Tema Education Outlook 2025, yang diangkat dalam Acer Edu Summit 2024 menjadi pengingat bahwa pendidikan bukan hanya soal penguasaan teknologi, tetapi juga tentang membangun Orang yang utuh.
Dengan Konsentrasi pada Human Intelligence, acara ini diharapkan dapat mendorong Segala pihak Kepada Berbarengan-sama menciptakan sistem pendidikan yang Kagak hanya relevan dengan kebutuhan Era, tetapi juga memberikan Dampak Konkret bagi pembentukan Watak generasi mendatang.
Dengan sinergi antara Human Intelligence dan teknologi yang seimbang, Acer Edu Summit 2024 memancarkan optimisme Kepada masa depan pendidikan Indonesia yang lebih Berkualitas. (Z-1)