liputanindo.com – Seperti Kita ketahui Serempak sudah banyak teknologi teknologi yang awalnya dibuat di Trek Balap dibenamkan ke Sepeda motor Produksi Massal. Sebut saja Traction Control, Engine Brake Control, Aero winglet dan Quick Shifter. Tetapi memang Eksis banyak Tengah teknologi teknologi Balap yang belum juga turun ke Motor Produksi massal, salah satunya adalah Seamless gearbox. Setiap pabrikan Balap seperti di MotoGP Tetap menjaga rahasia resep transmisi seamless-shift-nya. Tetapi Sepertinya Ducati akan jadi Pionir yang akan memberikan gebrakan Demi segera mengumbar rahasia Dapur Depertemen Balapnya yang Pandai jadi akan menstimulasi pabrikan lain Demi melakukan hal serupa . .
Seamless gearbox (SSG) adalah sebuah desain dari gearbox Transmisi yang memungkinkan Kita Pandai berpindah gigi Berkualitas naik dan turun dengan Seamless ( senyap ). Secara Lumrah SSG merupakan Update yang jauh lebih Canggih dari Sebuah Quick Shifter. Seamless gearbox ini hadir dengan latar belakang yang Nyaris sama serta beririsan dengan hadirnya Quickshifter Yakni bertujuan agar Ketika perpindahan gear, power Kagak drop . . dalam balap ini adalah sesuatu yang sangat Krusial.
Dalam beberapa tahun terakhir Ducati memang terasa jauh lebih masif dalam Membikin Motor Motor Produksi massalnya lebih beraura dan berteknologi mesin MotoGP. Tanpa Cela Tengah, Ducati memang berada di garis depan soal downforce aerodinamis dengan Panigale V4 R Semenjak Ketika eprtama dirilis, dan sejak tahun Lampau, Panigale V4 dan Streetfighter V4 yang dibuat secara massal Juga Mempunyai fitur ini . . dan akhirnnya diikuti Pabrikan lain. Mesin V4 dari panigale V4 itu sendiri erat kaitannya dengan Desmosedici dengan poros engkol yang dapat berputar balik( Backward Rotating Crankshaft).
Dan Ducati kedapatan mengajukan permohonan paten yang memberikan gambaran tentang teknologi yang sedang dikerjakan perusahaan Demi membawa Perpindahan Gear transmisi yang mulus dan senyap ke Sepeda motor produksi massal.

Honda sempat mendesain Sistem yang memungkinkan Perpindahan gear berlangsung Smooth dengan nama Dual Clutch Transmission ( DCT ). DCTnya Honda ini lebih berorientasi pada kenyamanan Tetapi memang ilegal di MotoGP di mana aturan secara tegas melarang Kehadiran Kopling Ganda.
Perbedaaan dari Desain Seamless gearbox Ducati yang dipatenkan dengan DCT Honda paling kentara adalah hadirnya Dua Bongkah Clutch pada Sistem DCT sementara di Seamless gearbox Ducati hanya satu. Dari sini sendiri sudah kelihatan bahwa DCT lebih berat karena menggendong satu Gearbox tambahan . . Wahh, Jernih banget calon evolusi dari Ducati Panigale V4 ke depan nih . . . Bilaman Bilaman Kita Kupas sisi Tech-Talk dari Seamless gearbox Ducati ini sob . .
Taufik of BuitenZorg | @liputanindo