
INDUSTRI kesehatan dan kecantikan (wellness and beauty) di Indonesia Mempunyai potensi Kepada tumbuh lebih besar Kembali. Karenanya dukungan bagi industri di sektor itu perlu diperkuat dan dikembangkan agar Pandai mencapai titik optimalnya.
Mengutip data Mendunia Wellness Institute 2022, sektor makanan sehat (healthy eating), nutrisi (nutrition), dan penurunan berat badan (weight loss) memimpin ekonomi wellness Indonesia dengan nilai US$13,934 miliar. Itu diikuti dengan sektor perawatan diri dan kecantikan (personal care and beauty) senilai US$7,630 miliar.
Sementara merujuk data Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JIME), industri wellness and beauty di Indonesia mencatatkan pertumbuhan pesat, yakni lebih dari 20% di 2023.
Karenanya potensi industri wellness and beauty Kepada tumbuh di Indonesia Tetap cukup besar. Kepada itu PT Melali Mice menggagas Bali Wellness and Beauty Expo 2025 pada 27-29 Juni 2025 di Bali Beach Convention, Sanur, Bali.
“Kita berharap Bali Wellness and Beauty Expo ini Dapat menjadi ajang pertemuan stakeholder terkait di industri wellness dan beauty, Bagus di Indonesia, Asia, dan dunia tentunya. Event ini didesain Spesifik memang Kepada menjadi satu platform terkait wellness dan beauty. Wellness and beauty di Indonesia selama ini secara sporadis diadakan event-nya,” ujar Co-Founder and Project Director Bali Wellness and Beauty Expo 2025 Feri Agustian Soleh di Jakarta, Jumat (17/1).
Feri berujar, pameran itu akan menjadi yang pertama di Indonesia lantaran akan mempertemukan pelaku industri wellness and beauty beberapa negara. Pelaku industri sektor tersebut dari Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, India, Australia, Jerman, dan Amerika Perkumpulan juga bakal digaet Kepada memamerkan produk-produknya.
“Kita menawarkan 170 booth. Setengahnya minimal kita harapkan dari Indonesia. Karena kita Ingin jadi tuan rumah di negara sendiri. Sisanya itu yang kita tawarkan ke luar,” tuturnya.
Secara Lumrah, dia mengharapkan Bali Wellness and Beauty Expo 2025 dapat menjadi batu loncat para pelaku industri di dalam negeri. Asal Mula, selain pameran, kegiatan itu juga disertai dengan pencocokan bisnis (business matching) yang dapat membuka Kesempatan pelaku industri dalam negeri merambah dan memperluas pasar.
Feri juga berkeinginan kegiatan tersebut dapat dilaksanakan berkelanjutan dan berkontribusi pada pertumbuhan industri wellness and beauty di dalam negeri. “Kita berharap tahun-tahun ke depan dengan event ini Dapat dijaga. Minimal Dapat mengejar ke standar dunia,” ujarnya.
Sementara itu perwakilan dari PT Melali Mice Ade Cahya menuturkan, Melali telah menggeluti dunia Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) selama 18 tahun dan telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, Bagus di dalam maupun luar negeri.
“Kami percaya diri dan meluncurkan inisiatif dengan menyelenggarakan Bali Wellness and Beauty Expo 2025 ini. Kami telah melakukan table top di Tiongkok pada 6-13 Januari 2025 dengan mengundang pelaku industri dari berbagai kota seperti Shanghai, Beijing, Hong Kong, dan lainnya,” kata Ade.
“Lebih dari 100 pelaku wellness hadir dalam acara tersebut, Info baiknya lima perusahaan telah menandatangani letter of intent Kepada mengikuti Bali Wellness and Beauty Expo 2025 ini. Kami berencana melakukan road show ke beberapa negara seperti Jepang, Korea Selatan, Melbourne, New Delhi, dan Berlin Kepada mempromosikan acara ini agar menjadi event bertaraf Global sehingga menghadirkan exhibitor dan pengunjung dari beberapa negara,” pungkasnya. (J-3)