liputanindo.com – Seperti yang sudah kita simak di artikel sebelumnya. Akhir Bulan April ini Suzuki Secara Mendunia memperkenalkan sosok Update StreetBike terbaru mereka Suzuki GSX-S1000 MY2021. Penampilan fisik adalah hal Paling Jernih terlihat, Penggunaan headlamp LED Projector Bertingkat, Desain Bodywork yang bersudut Membangun siluet body secara keseluruhan menjadi lebih menukik ke depan. Ergonomi Juga semakin bikin pengendaranya berasa gagah dengan menempatkan Setang lebih dekat ke tubuh dan lebih baplang. Tetapi begitu, seperti apa perubahan perubahan teknis yang diberikan? Cek penjabarannya sebagai berikut sob
Secara Lumrah Sasis dan Subframe dari New GSX-S1000 MY2021 Bukan Eksis perubahan signifikan dibandingkan generasi GSX-S1000 sebelumnya. Jenis Sasis twin spar supsensi depan Upside down, berikut juga sub-framenyapersis sama, Mungkin hanya titik titik mounting fairing saja yang berubah
Desainnya yang sangat bersudut di setiap sisinya ini lah yang memang banyak yang Membangun Orang Kaget. GSX-S1000 2021 sangat jauh berbeda dibandingkan generasi sebelumnya. Tak ayal banyak netizen yang berkesimpulan bahwa Bisa jadi Suzuki Baru mengangkat kepala desain Motor baru akhir Akhir ini . . Bukan apa apa bentuk fisik VStrom 1050XT dan Katana baru pun memperkuat sinyalemen hadirnya Gelombang baru jajaran Desainer Suzuki.
Pada sisi samping / Shround kanan dan kiri Eksis semacam detail Aero wing Bagus yang terpapar sebagai Outer wing atau bahkan membentuk Inner wing. Kami belum mengetahui apakah Eksis Dampak Downforce yang diriset dari Kehadiran Detail aero ini. Tetapi minimal Secara Desain sih memang menambah ketajaman Ide desain dari GSX-S1000 ini.
Secara bentukan fisik, Mesin 4 silinder GSX-S1000 MY2021 boleh dibilang Bukan banyak berbeda dengan mesin generasi sebelumnya, Lagi berbasiskan mesin GSX-R1000 K5 2005. Tetapi Suzuki memberikan beberapa update di bagian jeroannya dengan tujuan Penting Biar Bisa lolos Euro 5
Dengan basis Mesin Superbike, tentu awal mesin ini punya Watak di Putaran tinggi, Sementara Demi dignakan di NakedBike butuh pemindahan pita Power/ Torsi lebih ke RPM rendah dan ini Pun dilakukan Di mesin GSX-S1000 yang baru ini. Dapat Kita Lihat dari Grafik diatas, Grafik torsinya lebih Konsisten dan Linear dibandingkan generasi sebelumnya.
Dan memang sepertinya salah satu variabel penyebabnya adalah kehadiran throttle yang dikontrol secara elektronik (throttle/ ride by wire) di GSX-S1000 MY2021 ini. Secara Lumrah respon Bukaan Klep kupu kupu di TB akan dikendalikan secara elektronik, Bukan Kembali secara langsung dikendalikan oleh Bukaan Gas di Handle kanan yang biasanya dihubungkan Via Kabel baja.
Bila dilihat memang secara Lumrah Torsi maksimum diperoleh di rpm yang lebih rendah 250 kitiran, Tetapi Karena redline / limiter kailan putaran mesin dibuka 1000 rpm lebih tinggi ( sekarang 11500 rpm) , maka secara Lumrah Power maksimumnya pun dibuat 2 PS lebih tinggi dibandingkan Generasi sebelumnya.
penggunaan Ride By Wire Membangun GSX-S1000 juga sekalian dibenamkan SDMS (Suzuki Drive Mode Selector) yang pada dasarnya adalah sebuah Ride Mode dimana Mode mengemudi dapat pilih menajdi ke 3 tahap A.B.C. Dari dashboard nya pun sobat Bisa lihat Eksis juga Setup Traction Control yang mengandung beberapa Level dan Juga setup quickshifter.
Taufik of BuitenZorg @liputanindo