Bro sekalian, seperti Kita ketahui gelaran Shell Advance Asia Talent Cup menggunakan sistem One Make Bike. Berkat sponsor masif dari HRC, akhirnya gelaran ini mendapat sokongan dengan tersedianya 28 Unit Motor yang hanya boleh digunakan Kepada keperluan Kompetisi yakni Honda NSF 250R. Motor yang menggunakan mesin 250 cc satu silinder ini adalah pengembangan heboh dari motor terdahulu yakni GP Mono. Oke Kayak apa detail dari Motor ini . . . ayo mari Kita lihat Serempak
liputanindo mendapat kesempatan ekslusif lebih dekat dengan Motor ini dan Dapat mengabadikan detail demi detail dari Motor yang sedari awalnya di desain HRC Kepada masuk ke Jenjang Moto3 . . . di Tahun 2012 Eksis beberapa tim tim yang menggunakan Honda NSF250R ini di ajang Balap Moto3 seperti contohnya gambar diatas Honda NSF 250 R N.Antonelli Team Gresini 2012 . . .
Tetapi terlihat selama dua tahun 2012-2013 NSF 250R kalah berkompetisi dengan KTM Moto3 . . . maka Mulai 2014 ini HRC merilis update dari NSF 250R yang dinamakan Honda RS250FW . . . dan sepertinya positif . .. dua RS250FW masuk podium Alex Rins dan Alex Marquez Eksis di sana . . . Total Eksis 6 Honda RS250FW yang ikut Moto3 di 2014 ini . . .mengenai RS250FW kita bahas kemudian yaa . . oke Back to bussines . . . Honda NSF250R yang dipakai di SAATC 2014
dari dashboar, Jernih Kagak Eksis perbedaan dengan versi stock dari NSF 250R HRC . . . Berkualitas itu fuel tank Tamat ke dashboard . . . sama tapi coba cek gambar ini . .
Yap itu tombol hitam di sebelah kiri . . .menurut Pembalap Indonesia yang Ikut SAATC itu adalah tombol quick shif yang akan dapat Memajukan gear dari dua ke tiga ke empat Tamat ke enam . . so Pembalap SAATC diusahakan hanya menahan rpm dan menggunakan tombol ini Kepada Memajukan gear . . . so diharapkan Kagak Eksis Lost power karena rpm turun Demi menekan tuas kopling plus mengubah level shift di kaki kiri . ..
Trotel gasnya sudah mengunakan semacam gas spondtan dengan dua kabel push pull
ini adalah salah satu ubahan yang Dapat dilakukan oleh para rider SAATC . . . yap mereka diperbolehkan mengubah setingan suspensi depan yang USD WP . . . Tetapi tentu Kagak sembarangan seting. Setiap setingan harus di laporkan dan di diskusikan alasannya kepada race director dari SAATC ini yakni Alberto Puig . .. mantabb
Selain suspensi depan, Pembalap SAATC juga diperbolehkan mengubah suspensi . . . keras atau lembutnya rebound . . . ini terjadi pada Willy Hammar . . . dia minta suspensi di keras-kan . . . dan akhirnya mechanic melepas Suspensi dengan fluida gas Nitrogen ini dan membuatnya keras . . . sekali Tengah setiap perubahan harus dikomunikasikan dan di bicarakan dengan race Director Alberto Puig
Sprocket adalah hal ketiga yang boleh di ubah oleh Rider dan tim dari peserta SAATC . . . eiit dilihat dari gambar diatas, detail karbon dari swing arm Rupanya hanya tempelan . .. swing armnya Asli NSF 250R yakni alumunium Pejal.
ini adalah footpeg ridernya . . . seperti kita lihat, Kagak Eksis opsi Kepada mengubah posisi dari footpeg . . . which is artinya riding possition pembalap juga nggak boleh diubah mas bro
Yap Akrapofic menjadi salah satu sponsor dari SAATC . . so Segala rider menngunakan knalpot ini . . . jangan tanya deh . . . 22 rider start . . . Bunyi desibel interverensi dari 22 knalpot akra ini di starting grid sangaat sangaat kencang . .. Ampun kembali Tengah . . . hanya untukkeperluan kompetisi 😀
Rem belakang standar
Kagak sama denga Versi standarnya, rem depan NSF 250R yang dipakai di SAATC ini mengunakan produk Nissin. Pelumas menggunakan Shell Advance Ultra dan bbm menggunakan Shell fuel
NSF 250R juga menggunakan sistem Air RAM agar pasokan udara ke pembakaran lebih masif . . . Tetapi pada varian RS250FW . . . air RAM yang digunakan nyambung ke corong udara di depan motor . .. jadi Jernih lebih masif dibanding air ram yang menangkap udara hanya dari kolong motor seperti di NSF 250R. Ban menggunakan Ban Bridgestone, Eksis detail Rhizoma di handle guard, Eksis Brand regina di rantai motor . . . cukup lengkap sih . . . pas lah motornya Honda ini buat mendidik pembalap agar mulai berkenalan dengan Motor Full Frame . . .
menurut liputanindo . . . harusnya AHM yang punya Budget besar, Dapat beli ini motor dengan menggunakan koneksi mereka ke Honda Jepang dan HRC Kepada penjenjangan pembalap pembalap mereka kedepan selepas menggunakan CBR 150R Lokal mereka yang rencananya akan dirilis semnester 2 2014 ini dan juga tentunya CBR 250R . . . semoga Bermanfaat
Spesifikasi NSF250R versi Standar HRC , bukan versi standar Shell Advance asia talent Cup
Model name NSF250R
Model type MR03
Overall length × Overall width × Overall height(m) 1.809×0.560×1.037
Wheelbase(m) 1.219
Ground clearance(m) 0.107
Seat height(m) 0.729
Caster angle(degree) 22°36″
Curb weight(kg) 84
Fuel tank capacity(l) 11
Engine type liquid-cooled 4-stroke DOHC single cylinder
Displacement(cm3) 249.3
Bore × Stroke(mm) 78.0×52.2
Maximum power(kW/rpm) 35.5/13,000
Maximum torque(N・m/rpm) 28.0/10,500
Oil Capacity (ENG OIL/T.M OIL) (l) 1.27/0.55
Transmission Type Constant mesh
Gear ratio 1st 1.875
2nd 1.524
3rd 1.304
4th 1.167
5th 1.077
6th 1.000
Reduction gear ratio Primary 2.952
Secondary 2.333
Devices (Intake) IACV
Fuel supply system PGM-FI
Ignition type Full-transistor
Clutch type Wet multiplate
Lubricating type Semi-Dry Sump
Tire size Front 90/580R17
Rear 120/600R17
Rim size Front 2.50-17
Rear 3.50-17
Brake Front Type Hydraulic disk
Diameter φ296
Rear Type Hydraulic disk
Diameter φ186
Suspension Front Inverted telescopic
Rear Pro-link suspension system
Frame type Aluminum twin tube