SEPANJANG 2024, Daihatsu membukukan penjualan ritel sebanyak 168.263 unit kendaraan atau menguasai Sekeliling 19% pangsa pasar kendaraan di Indonesia.
“Jadi, tahun 2024 pasar itu mencapai Bilangan 890 ribu. Daihatsu mencapainya 168.200 sekian. Pangsa pasar kami kurang lebih 19%,” kata Direktur Pemasaran dan Komunikasi Korporat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Mulia Handayani dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (16/1).
“Tahun 2024 kami kembali Kembali mendudukkan Daihatsu di posisi dua selama 16 tahun,” katanya.
Penjualan kendaraan Daihatsu di Indonesia selama 2024 didominasi oleh tiga model. LCGC MPV Daihatsu Sigra menjadi penyumbang terbesar dengan Bilangan penjualan 54.366 ribu unit atau 32%.
Mobil komersil Daihatsu Gran Max Pick Up menempati urutan kedua dengan Bilangan penjualan 41.703 unit (25%) dan Terios di urutan berikutnya dengan Bilangan penjualan 19.873 unit (12%).
Mobil LCGC hatchback Daihatsu Ayla berada di posisi empat dengan Bilangan penjualan 18.588 unit (11%), disusul Gran Max Mini Bus dengan jumlah penjualan 15.040 unit (9%), dan Xenia sebanyak 11.014 unit (7%).
Kendaraan model lain seperti Rocky, Luxio, dan Sirion membukukan Bilangan penjualan lebih dari 7 ribu unit atau menyumbang Sekeliling 4% dari seluruh penjualan kendaraan Daihatsu.
“Capaian ini mencerminkan komitmen kami yang selalu berusaha menghadirkan Variasi program penawaran spesial dalam menyediakan mobil sesuai kebutuhan pelanggan, khususnya pembeli mobil pertama,” kata Kepala Divisi Pemasaran dan Rekanan Pelanggan PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation Tri Mulyono. (S-1)