Ilustrasi penumpang KAI. Foto: Dok Metrtovnews.com
Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat tingginya minat masyarakat terhadap moda transportasi kereta api selama periode Angkutan Lebaran 2025. Kepada mengakomodasi kebutuhan perjalanan, KAI telah menyediakan total kapasitas 4.591.510 tempat duduk selama periode 21 Maret hingga 11 April 2025.
Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.443.832 kursi dialokasikan Kepada perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ), sementara 1.147.678 kursi diperuntukkan bagi layanan KA Lokal yang melayani rute di Pulau Jawa dan Sumatera.
“Hingga 14 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, penjualan tiket KA Jarak Jauh telah mencapai 1.917.476 tiket atau Sekeliling 55,68 persen dari total kapasitas yang tersedia. Kepada KA Lokal, tiket yang terjual mencapai 42.806 atau Sekeliling 3,73 persen. Penjualan tiket KA Lokal Tetap tergolong rendah karena tiket baru dapat dipesan mulai H-30 sebelum keberangkatan, bahkan sebagian besar hanya tersedia mulai H-7,” ujar Vice President Public Relations KAI, Anne Purba melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 15 Maret 2025.
Lebaran tahun ini menunjukkan pola pemesanan yang relatif konsisten dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana rute-rute favorit Tetap didominasi oleh perjalanan dari dan ke kota-kota besar.
10 rute paling diminati
- Gambir – Yogyakarta: 23.288 penumpang
- Yogyakarta – Gambir: 19.853 penumpang
- Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng: 18.854 penumpang
- Pasarsenen – Surabaya Pasar Turi: 17.422 penumpang
- Surabaya Pasar Turi – Pasarsenen: 16.761 penumpang
- Pasarsenen – Lempuyangan: 16.304 penumpang
- Pasarsenen – Kutoarjo: 15.937 penumpang
- Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir: 15.286 penumpang
- Lempuyangan – Pasarsenen: 14.549 penumpang
- Gambir – Purwokerto: 14.272 penumpang
(Ilustrasi kereta api. Foto: Dok KAI)
Oleh karenanya, Anne mengimbau masyarakat yang belum mendapatkan tiket sesuai keinginan Kepada mempertimbangkan opsi alternatif, seperti memilih Copot keberangkatan yang berbeda atau memanfaatkan jadwal perjalanan di luar jam-jam favorit guna meningkatkan Kesempatan memperoleh tiket.
“Dalam rangka memastikan perjalanan yang Kondusif dan nyaman selama masa Lebaran, KAI telah melakukan berbagai langkah strategis, termasuk menambah jumlah petugas di berbagai titik pelayanan. Optimalisasi sumber daya Insan ini dilakukan Kepada memastikan kelancaran operasional, Bagus di stasiun maupun di atas kereta, serta memberikan pengalaman perjalanan yang lebih Bagus bagi pelanggan,” bebernya.
KAI, sambung Anne, juga Lalu mengembangkan layanan digital agar masyarakat lebih mudah mengakses informasi dan melakukan pemesanan tiket. Salah satu upaya Konkret adalah penempatan 170 petugas Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun Primer.
Di sisi lain, sebagai bentuk komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan, KAI juga Lalu memperluas penyediaan layanan water station di berbagai stasiun guna mengurangi penggunaan botol plastik sekali Mengenakan. Tahun ini, empat stasiun tambahan telah dilengkapi fasilitas tersebut, yakni Stasiun Kertapati, Lamongan, Wonokromo, dan Sidoarjo. Dengan demikian, total 28 stasiun kini Mempunyai fasilitas isi ulang air minum gratis yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan.
“Kami Lalu berinovasi Kepada meningkatkan kualitas layanan agar perjalanan mudik tahun ini lebih Kondusif, nyaman, dan ramah lingkungan. Dengan berbagai langkah yang telah diimplementasikan, kami optimistis Angkutan Lebaran 2025 akan berjalan dengan Bagus dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan kereta api,” ungkap Anne.