TELKOM Indonesia kembali menginisiasi program Socio project Innovillage untuk mengajak generasi muda, khususnya mahasiswa seluruh Indonesia dalam inovasi keberlanjutan. Program Innovillage 2024 merupakan tahun ke-5 dan diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Senin (14/10) lalu.
Senior Manager Sustainable Development Goals (SDGs) Unit Social Responsibility Center (SRC) Telkom Indonesia, Suharsono, Rabu (16/10), menyampaikan bahwa selama 5 tahun terakhir, Innovillage telah menjadi wadah yang tidak tergantikan bagi para socio preneur muda untuk
mewujudkan inovasi-inovasi yang memberikan dampak nyata kepada masyarakat. Program ini berkomitmen untuk mengembangkan solusi berbasis teknologi yang berorientasi pada pembangunan berkelanjutan, memperkuat peran generasi muda sebagai agen perubahan sosial.
“Pahamn 2024 menandai momentum penting bagi Innovillage, memasuki tahun ke 5 dengan mengusung branding baru yaitu Personalize, Proud Ecosystem, dan National Asset,” ujar Suharsono.
Branding ini lanjut Suharsono, mencerminkan tiga nilai utama yang akan membimbing setiap peserta dan inovasinya, yaitu solusi yang dihasilkan harus menyesuaikan kebutuhan spesifik masyarakat, sehingga menciptakan dampak yang lebih tepat guna dan berkelanjutan.
Pembangunan ekosistem inovasi yang solid dan bangga akan kontribusi yang diberikan, di mana setiap aktor, dari peserta hingga mitra, terlibat aktif. Serta Ciptaan yang dihasilkan tidak hanya memberikan manfaat lokal, tetapi juga diakui sebagai aset yang berharga bagi kemajuan bangsa Indonesia.
“Pada tahun ini, Innovillage memperkenalkan tema besar ‘5th Innovillage: Keberlanjutan Ciptaan untuk Membangun Negeri’. Tema ini menggarisbawahi peran penting inovasi berkelanjutan dalam mengatasi berbagai tantangan sosial dan ekonomi yang dihadapi masyarakat, terutama di wilayah-wilayah yang belum berkembang,” papar Suharsono.
Menurut Suharsono, inovasi yang dihasilkan tidak hanya berfokus pada penyelesaian masalah jangka pendek, tetapi juga menciptakan dampak jangka panjang yang mampu memberdayakan komunitas lokal.
Meningkatkan kesejahteraan dan mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Perayaan 5 tahun ini bukan sekadar ajang kompetisi, melainkan juga sebuah platform kolaboratif untuk mewujudkan visi bersama dan menciptakan solusi yang diakui sebagai aset nasional.
“Telkom Indonesia sebagai pempimpin perusahaan telekomunikasi dan dunia digital Indonesia berkomitmen dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Telkom Indonesia,” ungkapnya.
Rektor Telkom University (Tel-U) Prof Adiwijaya menyampaikan, Innovillage 2024 merupakan langkah awal untuk memperkenalkan dan membuka pendaftaran kompetisi kepada publik, terutama mahasiswa, akademisi dan masyarakat umum. Ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya inovasi digital dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan mempromosikan program Innovillage sebagai platform bagi talenta muda Indonesia untuk berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).
“Dengan mengusung semangat inovasi digital untuk pembangunan berkelanjutan, Innovillage 2024 diharapkan mampu menciptakan ekosistem
yang mendukung sociopreneur muda dalam memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Innovillage kini hadir bukan hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi sebagai wujud nyata aksi bersama menuju masa depan Indonesia yang lebih baik, menuju Indonesia Emas 2045,” tutur Adiwijaya.
Adiwijaya menambahkan, program Innovillage yang diusung oleh PT Telkom Indonesia juga sejalan dengan visi Tel-U, untuk menjadi national excellence entrepreneurial university yang berkontribusi pada pemenuhan tujuan pembangunan berkelanjutan. (AN/J-3)