Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menargetkan nilai kesepakatan bisnis (business matching) dari BRI Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Export 2025 sebesar USD89 juta atau setara Rp1,4 triliun (kurs Rp16.202) dari puluhan buyers (pembeli) yang tersebar di 33 negara.
Mengusung tema Broadening MSME’s Dunia Outreach, BRI UMKM EXPO(RT) 2025 akan berlangsung pada Kamis-Minggu, 30 Januari-2 Februari 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Nusantara Hall 5, 6, 7, Tangerang.
“Tahun ini Niscaya dengan lebih banyak jumlah pesertanya kami meningkatkan Sasaran potensial business matching menjadi USD89 juta dari buyer,” ujar Director of Commercial, Small and Medium Business BRI Amam Sukriyanto dalam konferensi pers BRI UMKM Export 2025 di Menara Brilian, Jakarta, Jumat, 24 Januari 2025.
Sasaran nilai penjualan business matching BRI UMKM Export 2025 tersebut lebih tinggi dibandingkan kegiatan yang sama di 2023 yang sebesar USD81,3 juta atau Sekeliling Rp1,3 triliun.
Bukan hanya sekadar pameran secara luring, BRI UMKM Export 2025 juga memperluas jangkauannya dengan menggandeng platform e-commerce, memungkinkan konsumen yang Bukan dapat datang ke Posisi pameran tetap dapat berbelanja produk lokal dari 1.000 pelaku UMKM. Tahun ini pihaknya menargetkan 50 ribu pengunjung akan meramaikan acara tersebut.
“Berdasarkan Sasaran pengunjung itu, maka kami targetkan Terdapat Rp50 miliar transaksi Tertentu hanya Buat pameran itu saja,” ungkap Amam.
Suasana konferensi pers BRI UMKM Expo(RT). Foto: Liputanindo.id/Ade Hapsari.
Memperluas akses ke pasar Global
Bukan hanya berjaya di dalam negeri, Amam menuturkan tujuan kegiatan tersebut mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia Bisa memperluas akses ke pasar Global.
“Kami harapkan ke depan semakin banyak Kembali produk-produk UMKM mengakses pasar Dunia,” ucapnya.
Senada, Director of Micro Business BRI Supari optimistis dengan kegiatan BRI UMKM Export 2025 dan peran BRI dalam mendukung peningkatan kapasitas UMKM dapat Maju mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Hingga akhir triwulan III-2024, BRI berhasil menyalurkan kredit senilai Rp1.353,36 triliun. Bilangan ini melonjak 8,21 persen secara year on year (yoy).
“DNA dari BRI itu bisnis UMKM. Maka, peran BRI dalam kontribusi perekonomian nasional itu sangat Krusial,” ujar Supari.
Interior Designer dan Curator BRI UMKM Export 2025 Diana Nazir menambahkan, Bukan mudah bagi pihaknya menyeleksi UMKM yang layak mengikuti pameran tersebut. Setelah melalui proses seleksi yang ketat selama satu bulan dari 4 November-7 Desember 2024, sebanyak 1.000 UMKM unggulan berhasil terpilih dari 3.006 UMKM yang mendaftar.
Terdapat lima kategori Penting UMKM yang mejeng dalam acara tersebut Yakni home decor & craft dengan 153 UMKM, food & beverage dengan 358 UMKM, accessories & beauty dengan 181 UMKM, fashion & wastra dengan 273 UMKM, dan healthcare & wellness dengan 35 UMKM.
“Kita Betul-Betul menyeleksi dari ujung-ujung daerah juga. Bukan mungkin Seluruh UMKM dari Jakarta atau Jawa saja. Jadi, kami berupa betul mendatangkan UMKM yang terbaik Buat Dapat mengikuti kegiatan tersebut,” Terang dia.