BADAN Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar acara soft launching aplikasi terbaru, BPKH Apps, Demi menghadirkan layanan terbaik bagi jemaah haji dengan sistem lebih Segera, mudah, dan transparan. Dalam acara ini sekaligus dilakukan performance review serta pemberian apresiasi bagi Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH) yang Mempunyai kinerja terbaik dalam pengelolaan Biaya haji selama semester I 2024.
Acara yang digelar di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (2/11) ini dihadiri Wakil Menteri Religi Romo H R Muhammad Syafii, Pj Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah, Personil Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander, Direksi BPS BPIH, stakeholders perhajian dan Kenalan strategis lainnya.
Wakil Menteri Religi Romo H R Muhammad Syafii memberikan pesan bahwa Biaya haji harus dikelola Demi meningkatan kemaslahatan umat dan pelayanan jemaah haji sebagai prioritas. Demi itu, lanjut dia, BPKH harus membangun ekosistem haji.
BPKH merupakan badan nirlaba dan Mempunyai BPKH Limited Demi membangun pembangunan seperti pembuatan Kampung Haji Indonesia di Arab Saudi.
Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah mengatakan aplikasi BPKH Apps hadir sebagai Bentuk komitmen BPKH dalam memberikan kemudahan bagi calon jemaah haji dalam mempersiapkan ibadah dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji melalui pengelolaan Biaya haji yang transparan dan akuntabel.
Pada soft launching aplikasi BPKH ini, tahap pertama telah berhasil mengintegrasikan tujuh BPS BPIH, Adalah Bank Muamalat Indonesia, Bank Danamon Syariah, Bank Syariah Indonesia, Bank BJB Syariah, Bank Nano Syariah, Bank CIMB Niaga Syariah, dan Bank Nagari Syariah.
Dengan aplikasi ini, jemaah dapat mengakses informasi tentang nilai manfaat virtual account Punya jemaah haji, melakukan pembayaran setoran awal dan daftar haji dengan lebih mudah, serta mendapatkan informasi terkini mengenai pengelolaan Biaya haji yang dilakukan BPKH dengan prinsip syariah, akuntabel, hati-hati dan profesional.
Ia melanjutkan BPKH Apps dikembangkan melalui kerja sama dan sinergi antara BPKH, Kementerian Religi, BPS BPIH, dan stakeholder perhajian lainnya. Fitur-fitur tambahan seperti panduan ibadah haji, informasi promo, event perhajian, serta fitur islami lainnya (Al-Qur’an, Jadwal Sholat, Letak Masjid dan Arah Kiblat) dirancang Demi membantu jemaah dalam mempersiapkan dan menjalankan ibadah haji dengan lebih Bagus.
Personil Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander menambahkan peluncuran aplikasi BPKH Apps adalah bagian komitmen BPKH Demi Lanjut berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji.
“Kami Mau memastikan setiap proses persiapan dan pengelolaan keuangan haji jadi lebih mudah diakses, transparan, dan amanah. Melalui aplikasi ini, kami mengajak Segala pihak terkait Demi Lanjut bersinergi demi terciptanya ekosistem haji yang modern dan terpercaya,” ajak Harry.
Sementara itu, dalam performance review pada semester I 2024, BPKH memberikan apresiasi kepada 12 BPS BPIH dengan kinerja terbaik dalam bentuk penghargaan umrah, dengan dua kategori yakni Bank Syariah Nasional dan Bank Syariah Daerah. (H-2)