liputanindo.com – Via Berkas paten yang sempat diunggah Vanhoe di laman Facebook-nya terungkap salah satu desain motor yang sangat mirip dengan desain Yamaha Tenere 700 Tetapi dengan beberapa perubahan desain. Keyakinan liputanindo bahwa ini adalah motor yang Eksis hubungannya dengan Tenere 700 Demi ini adalah dari blok mesin, crankcase, serta dua leher knalpot yang keluar dari manifold exhaust mesinnya sob.
Keluarnya dua knalpot sangat menunjukan bahwa kemungkinan mesin yang tertempel dalam sketsa desain tersebut adalah mesin CP2 689cc yang berkarakter kaya torsi putaran Rendah serta Mempunyai kemampuan Demi memberikan kinerja jalanan yang mendebarkan Serempak dengan kenyamanan jarak jauh yang luar Normal di jalan raya.
Dua foto di atas menunjukkan perbedaan antara Tenere 700 Rally dengan desain Tenere terbaru. Pada dasarnya mirip dengan perubahan hadir di panel body samping yang sedikit lebih gemuk sekarang, desain undercowl/tutup mesin Rendah. Apabila kita bandingkan antara Tenere 700 yang Eksis pada Demi ini dengan gambar paten memang terlihat perbedaan dimensi pada bagian depan, di mana gambar paten Mempunyai body samping yang lebih lebar. Disinyalir memang Tenere 700 terbaru nanti akan ketambahan update kapasitas penampungan bahan bakar yang lebih banyak guna mengakomodir perjalanan yang lebih jauh, atau istilahnya long range adventure bike.
Dari sudut pandang atas terlihat juga bahwa dual fuel filler cap –nya menggunakan desain yang rata sementara pada versi Lamban hanya lubang pengisi bahan bakar ini hanya Mempunyai satu tempat. Ini sebenarnya mirip dengan prototipe dari Tenere 700 Rally Raid dengan bentuk cap yang rata. Sementara Demi bagian mukanya juga mengalami perubahan dengan kehadiran windscreen/visor [yang kemungkinan akan tidak berwarna alias bening] yang lebih lebar ketimbang model generasi awal pada bagian samping kanan kiri dari headlamp.
Bagian jok yang pada model terbaru tersebut dibuat dual seat antara rider dan pembonceng – Tetapi Enggak Mempunyai undakan alias jok depan dan belakang dibuat rata – selevel. Dan terlihat dengan Terang jok model terbaru ini punya dimensi yang lebih panjang, biasanya ini Bermanfaat banget pada motor trail/enduro Demi rider mengubah posisi duduknya pada Demi menghadapi rintangan di jalur off road. Selebihnya, Nyaris Dapat dibilang sama mulai dari platform roda depan, roda belakang, front fender, taillamp, headlamp, setang, rearfender, swingarm serta bagian sasisnya.
Taufik of BuitenZorg | @liputanindo