BMW R18 . . . Sepeda Motor Dengan Mesin Boxer terbesar yang pernah dibuat BMW

liputanindo.com – BMW R18 . . . Sepeda Motor Dengan Mesin boxer terbesar yang pernah dibuat BMW selama 97 Tahun. Yap memang seperti itu sob, Mesin dengan Kubikasi 1.802 cc ini dapat menghasikan Power 91 hp @4.750 rpm dan Power maksimum 116 lb.ft @3.000 rpm . . Yap, Kalau dilihat sekilas, power 91 hp mah nggak Eksis apa apanya dengan BMW S1000RR misalnya . . Hanya cek deh sob, Itu Power keluar di RPM Yang sangat kecil yakni 4.750 rpm. Belum Kembali Kalau dilihat dari torsinya Yang juga dikail dengan rpm sangat rendah, BMW mengatakan torsi di atas 110 lb-ft Bisa diperoleh mulai diatas 2000 rpm . . ini Jernih sebuah tipe mesin dengan Watak jambakan idaman para Cruiser, powerfull semenjak awal.

Mesin Dua silinder Boxer ini merupakan Mesin dengan empat Klep per silinder dimana Penggerak Klepnya menggunakan Pushrod dan pushrodnya bergerak berkat tonjokan Lobe di Camshaft. Camshaftnya sendiri digerakan menggunakan Koneksi Rantai dari Crankshaft. . . Lumatan Ribet dan terkesan punya banyak potensi Kehilangan Kekuatan karena terlalu banyak koneksi hanya Buat mengerakkan buka tutup klep, Tetapi memang Eksis hal yang dikejar BMW dengan memilih sistem ini.

Cek Artikel:  Jangan Jangan Honda Genio Yang Sedang Dibidik Yamaha BEJ?

Secara Lazim Cruiser ini memang dibangun cukup artistik, clasick Tetapi Modern. Mulai dari headlamp Bulat LED, Lampu sen yang menyalanya selain diaktifkan secara Manual juga dipicu oleh Sensor Lean angle, Suspensi konvensional ( belum elektronik) dengan suspensi bagian belakang bermodel Hard Tail.  Roda Ban 19 depan dan 18 belakang dengan model velg Jari jari dimana Ujung dari jari jari berada di Bagian tengah dari Velg, Membikin sinyalemen Bannya pun Tetap bertipe ban dalam ( tube tipe ).

Dilihat dari riding possition, BMW R18 bukan bertipe Cruiser dengan posisi kaki selonjoran, Posisi footpegnya adalah ‘ mid-mounted pegs ‘ dimana  ini dipilih BMW Buat mencari Keseimbangan antara posisi duduk relax dengan Pencarian pace/ kecepatan Cruising. Transmisi Power dari mesin ke Bagian Ban belakang menggunakan Drive shaft ( Gardan). Pengereman Full ABS dengan Model Dual Disk di depan dan single Disk di belakang.

Cek Artikel:  [Breaking News] Afridza Munandar Meninggal Dunia Setelah Alami Kecelakaan Asia Talent Cup Sepang 2019

Taufik of BuitenZorg

2021 BMW R 18 Specifications
Engine Type Air/water-cooled 2-cylinder 4-stroke boxer, OHV, four valves per cylinder
Displacement 1802cc (110 ci)
Bore x Stroke 107.1 mm x 100 mm
Horsepower 91 hp at 4750 rpm (claimed)
Torque 116 lb-ft. at 3000 rpm (claimed)
Compression 9.6:1
Engine Control BMS-O
Emission Control Closed-loop 3-way catalytic converter, EU5 exhaust standard
Alternator 600W
Battery 12/26 V/Ah maintenance-free
Headlight LED low beam with projection module
LED high beam with projection module
Starter kW 1.5
Clutch Hydraulically activated single-disc dry clutch
Gearbox Constant-mesh 6-speed gearbox
Final Drive Universal shaft
Frame Double-loop steel tube frame
Front Suspension Telescopic fork, fork tube Ø 49 mm, 4.7 inches of travel
Rear Suspension Cantilever, 3.5 inches of travel
Front Brake Twin disc brake Ø 300 mm
Rear Brake Single disc brake Ø 300 mm
ABS BMW Motorrad Integral ABS (part-integral)
Rake/Trail 32.7°/5.9 inches
Wheelbase 68.1 inches
Fuel Capacity 4.2 gallons
Cek Artikel:  Diferensiasi menarik yang disodorkan Spesifikasi Calon Suzuki Nex 2 Crossover

 

Mungkin Anda Menyukai