liputanindo.com – BMW R18 . . . Sepeda Motor Dengan Mesin boxer terbesar yang pernah dibuat BMW selama 97 Tahun. Yap memang seperti itu sob, Mesin dengan Kubikasi 1.802 cc ini dapat menghasikan Power 91 hp @4.750 rpm dan Power maksimum 116 lb.ft @3.000 rpm . . Yap, Kalau dilihat sekilas, power 91 hp mah nggak Eksis apa apanya dengan BMW S1000RR misalnya . . Hanya cek deh sob, Itu Power keluar di RPM Yang sangat kecil yakni 4.750 rpm. Belum Kembali Kalau dilihat dari torsinya Yang juga dikail dengan rpm sangat rendah, BMW mengatakan torsi di atas 110 lb-ft Bisa diperoleh mulai diatas 2000 rpm . . ini Jernih sebuah tipe mesin dengan Watak jambakan idaman para Cruiser, powerfull semenjak awal.
Mesin Dua silinder Boxer ini merupakan Mesin dengan empat Klep per silinder dimana Penggerak Klepnya menggunakan Pushrod dan pushrodnya bergerak berkat tonjokan Lobe di Camshaft. Camshaftnya sendiri digerakan menggunakan Koneksi Rantai dari Crankshaft. . . Lumatan Ribet dan terkesan punya banyak potensi Kehilangan Kekuatan karena terlalu banyak koneksi hanya Buat mengerakkan buka tutup klep, Tetapi memang Eksis hal yang dikejar BMW dengan memilih sistem ini.
Secara Lazim Cruiser ini memang dibangun cukup artistik, clasick Tetapi Modern. Mulai dari headlamp Bulat LED, Lampu sen yang menyalanya selain diaktifkan secara Manual juga dipicu oleh Sensor Lean angle, Suspensi konvensional ( belum elektronik) dengan suspensi bagian belakang bermodel Hard Tail. Roda Ban 19 depan dan 18 belakang dengan model velg Jari jari dimana Ujung dari jari jari berada di Bagian tengah dari Velg, Membikin sinyalemen Bannya pun Tetap bertipe ban dalam ( tube tipe ).
Dilihat dari riding possition, BMW R18 bukan bertipe Cruiser dengan posisi kaki selonjoran, Posisi footpegnya adalah ‘ mid-mounted pegs ‘ dimana ini dipilih BMW Buat mencari Keseimbangan antara posisi duduk relax dengan Pencarian pace/ kecepatan Cruising. Transmisi Power dari mesin ke Bagian Ban belakang menggunakan Drive shaft ( Gardan). Pengereman Full ABS dengan Model Dual Disk di depan dan single Disk di belakang.
Taufik of BuitenZorg
2021 BMW R 18 Specifications | |
Engine Type | Air/water-cooled 2-cylinder 4-stroke boxer, OHV, four valves per cylinder |
Displacement | 1802cc (110 ci) |
Bore x Stroke | 107.1 mm x 100 mm |
Horsepower | 91 hp at 4750 rpm (claimed) |
Torque | 116 lb-ft. at 3000 rpm (claimed) |
Compression | 9.6:1 |
Engine Control | BMS-O |
Emission Control | Closed-loop 3-way catalytic converter, EU5 exhaust standard |
Alternator | 600W |
Battery | 12/26 V/Ah maintenance-free |
Headlight | LED low beam with projection module |
LED high beam with projection module | |
Starter | kW 1.5 |
Clutch | Hydraulically activated single-disc dry clutch |
Gearbox | Constant-mesh 6-speed gearbox |
Final Drive | Universal shaft |
Frame | Double-loop steel tube frame |
Front Suspension | Telescopic fork, fork tube Ø 49 mm, 4.7 inches of travel |
Rear Suspension | Cantilever, 3.5 inches of travel |
Front Brake | Twin disc brake Ø 300 mm |
Rear Brake | Single disc brake Ø 300 mm |
ABS | BMW Motorrad Integral ABS (part-integral) |
Rake/Trail | 32.7°/5.9 inches |
Wheelbase | 68.1 inches |
Fuel Capacity | 4.2 gallons |