BMW M1000RR . . . “M” series Formal BMW di segmen Superbike

liputanindo.com – Dulu awalnya BMW Hanya menyediakan Paket Part Performa “M” Kepada BMW S1000RR secara terpisah . . Tetapi di September 2020 ini Akhirnnya Secara Lazim BMW Motorrad Menghadirkan Superbike Homologasi Tertentu WorldSBK dengan Namanya BMW M1000RR.  . . . Yes nama “S” diganti Dengan “M”  . . . BMW M (“M” Kepada “motorsport”) awalnya dibuat Kepada banyak Kepada jenis Mobil ( roda empat) untu memfasilitasi program balap BMW, yang sangat sukses pada tahun 1960-an dan 1970-an. Seiring waktu berlalu, BMW M mulai melengkapi portofolio kendaraan BMW dengan model trim tinggi yang dimodifikasi Tertentu, yang sekarang paling dikenal oleh masyarakat Lazim Sebagai M series. BMW M1000RR adalah setara dengan Ducati Panigale V4R atau Honda CBR1000RR-R Fireblade SP – homologasi Tertentu, dirancang Kepada memenuhi aturan FIM WSBK dan Superstock yang menawarkan peningkatan kinerja dan potensi setup balapan lebih Berkualitas dibandingkan dengan BMW S1000RR.

BMW M1000RR dibangun sebagai versi revisi dari S1000RR yang mengadopsi Mesin jenis Shiftcam inline four. Power nya sekarang maksimum 209 hp (212PS, 156kW) dan tentunya Formal Kepada dipakai di jalan raya, bobotnya lebih rendah dari S1000RR Tamat 192 kg saja, suspensi Tertentu dan Detail aerodinamika. Singkatnya, ini adalah sepeda Motor produksi Massal Formal paling kuat yang pernah dibuat BMW.

Apa saja yang hadir di perubahan pada mesin? Kapasitas Mesin Shiftcam empat silinder BMW sudah berada di limit atas regulasi Tetapi Kepada M1000RR timing Penutup variabel dan liftnya menawarkan potensi penyetelan yang lebih besar. Piston baru – masing-masing 12g lebih ringan, con rod titanium yang lebih panjang dan lebih ringan, rocker arm yang lebih ramping dan ringan, serta rasio kompresi 13,5: 1 yang lebih tinggi.

Cek Artikel:  Andi Gilang Finish posisi 5 Race Moto3 CEV Albacete 2017 . . . Best Asian Rider di race ini !

BMW menambahkan limiter Redline hingga 500 prm lebih tinggi menjadi 15.100rpm, Power bertambah lima hp pada raungan mesin 14.500rpm dengan kurva performa Power dan torsi yang lebih besar dari S1000RR dari 6000rpm Tamat ke redline.

Torsi puncak 83lbft pada 11.000rpm Tak berubah, tetapi M1000RR mendapatkan sproket belakang 46 gigi, bukan desain gigi 45 pada S1000RR, memberikan persneling keseluruhan yang lebih pendek yang Niscaya akan menghasilkan Percepatan yang lebih kuat.

Lubang Valve masuk di mesin juga diubah, dengan geometri baru Kepada meningkatkan Jenis, sementara Penutup buang ( exhaust )  titanium mendapatkan detail penggunaan pegas baru.

Konrod Titanium yang lebih panjang 2mm mengurangi beban lateral pada piston, menambah potensi penyetelan Balap. Setiap batang  konrod Mempunyai berat hanya 85g.

Seperti S1000RR, M1000RR Mempunyai header Knalpot lebih pendek dari sebelumnya Kepada meningkatkan kinerja top-end. Sistem pembuangan Akrapovic Titanium yang Mempunyai bobot 7,78 kg  mengurangi bobot Tamat 3,657g dibandingkan sistem Knalpot standar

Dalam hal performa di Tarck, BMW mengklaim M1000RR mencapai Percepatan dari 0 ke 100 km/jam dengan waktu 0,1 hingga 0,2 detik lebih Segera dari S1000RR dan Kepada Percepatan 0-125mph hasilnya 0,4s lebih Segera. Memang Tak signifkan terasa Demi dipakai harian, tetapi signifikan dalam balapan terutama Demi start menuju tikungan pertama Kepada memperoleh holeshot.

Cek Artikel:  Suzuki Gixxer SF 250 dapat Livery MotoGP 2020 . . GSX-R150 Indonesia Ketika ?

Riding Mode bermodalkan awal Mode yang Terdapat di S1000RR (Mode hujan, jalan raya, dinamik, balapan) Tetapi ditingkatkan lebih jauh dengan tiga pengaturan ‘Race Pro’ tambahan (Race Pro 1-3), sementara M1000RR juga mendapatkan spesifikasi tertinggi yang dibantu IMU. Dimana kontrol traksi dan kontrol wheelie yang dapat disesuaikan dengan cermat dalam mode ‘Race Pro’ Kepada menyesuaikan jumlah pengangkatan roda depan yang diinginkan. Race Pro juga menambahkan tiga pengaturan engine Brake. Launch Control, quickshifter naik-turun dan Pit Lane Limiter juga jadi fitur standar ditambah pula dengan fitur Hill Start Assist

BMW M1000RR dirilis dengan menggunakan Winget Tetap di kedua sisi hidung. Didesain Kepada mengahdirkan Downforce yang membantu menjaga bagian depan motor tetap rendah selama Percepatan, memungkinkan pengendara Kepada menggunakan lebih banyak throttle tanpa wheelying.

Winglet BMW M1000RR terbuat dari serat karbon yang diklaim dapat menghasilkan downforce sebanyak 13,4kg pada 186mph. Selama tes dengan Tom Sykes dan Eugene Laverty, M1000RR membukukan Lapitme 0,5 detik hingga 0,7 detik per lap lebih Segera dengan winglet terpasang bila dibandingkan tanpa winglet.

M1000RR juga mendapatkan windscreen/ Winshield baru yang lebih tinggi. Desain ini diklaim BMW lebih mengurangi hambatan angin dan mengimbangi hambatan ekstra dari kehadiran Winglet sehingga top speed Tak berkurang. Berbicara tentang Laptime, BMW mengatakan bahwa pengendara BMW World Endurance Markus Reiterberger, dengan stok M1000RR yang dilengkapi dengan slick, hanya 2.101 detik lebih Pelan dari Laptime Tom Sykes dan 1.590 detik lebih Pelan dari Laptime Eugene Laverty Demi keduanya mengendarai S1000RR spesifikasi WSBK FUll 2020 yang 15hp lebih bertenaga dan 15kg lebih ringan.

Cek Artikel:  0,003 detik antara Andi Gilang dan Yuta Date itu seperti ini bedanya

BMW M1000RR tetap menggunakan sasis aluminium. Hal ini mungkin dilakukan karena harus memenuhi batasan harga € 40.000 WSBK yang ketat Kepada vesi Homologasi – Harga jual BMW M1000RR di Inggris sebesar £ 30.935.

Sasisnya mungkin sudah Tak asing Tengah, tetapi M1000RR mendapatkan geometri suspensi baru dengan sudut Rake 23,6° dan offset garpu yang lebih kecil 3mm. dibanding S1000RR, BMW M1000RR Wheelbase lebih melar  dari 1441mm menjadi 1457mm dimana sebagian besar dikarenakan swingarm yang lebih panjang 11,7mm dari versi normal.

Bobot BMW M1000RR adalah 192kg, bobot sepeda Motor ini 5kg lebih ringan dari S1000RR, sebagian besar disebabkan oleh sistem knalpot yang lebih ringan 3,7kg. Roda – pelek karbon ‘M’ BMW – juga lebih ringan 1,7kg dari yang jenis aluminium Lazim.

Suspensi belakang yang direvisi sehingga meningkatkan ketinggian pengendaraan belakang sebesar 6mm sementara pengereman mengunakan rem “M” yang dikembangkan dengan Nissin dengan kaliper yang lebih ringan dan cakram yang lebih tebal daripada stok S1000RR. Oh ya BMW M1000RR 2021 hadir dalam skema grafis Khas Motorsport BMW Yakni  Light White M

Taufik of BUitenZorg | @liputanindo

 

 

Mungkin Anda Menyukai