Berdayakan Lebih Dari 20 Juta Perempuan Indonesia Cerdas Kelola Keuangan

Berdayakan Lebih Dari 20 Juta Perempuan Indonesia Cerdas Kelola Keuangan
Ilustrasi(Dok Prudential)

SELAMA 29 tahun perjalanan di Indonesia Kepada memperkuat komitmennya menjadi Kawan dan pelindung terpercaya bagi generasi kini dan nanti, sejalan dengan komitmen Kepada mendorong literasi keuangan, serta mendorong Perempuan Indonesia kuat secara finansial, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia)berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) mengadakan kegiatan Financial Literacy for Women di Jakarta, dengan tajuk Pintar Kelola Keuangan, Masa Uzur Terjamin. Kegiatan ini berhasil menjangkau lebih dari 1.000 peserta yang hadir, Bagus secara langsung maupun secara daring.

Kegiatan ini merupakan rangkaian program Financial Literacy for Women yang telah berlangsung di beberapa kota besar di Indonesia sejak Agustus 2024 antara lain Kendal, Pekalongan, Bogor, Tangerang, Purwakarta, Batam, dan Jakarta, program Financial Literacy for Women telah menjangkau lebih dari 6.000 peserta. 

Adapun sejak diluncurkan di tahun 2009, program ini telah menjangkau lebih dari 65 ribu peserta Perempuan dan lebih dari 20 juta awareness di media sosial. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mendorong literasi keuangan dan asuransi bagi Perempuan Indonesia, sehingga Perempuan dapat semakin Sendiri secara ekonomi, merencanakan masa depan dengan lebih Bagus, dan memperkuat ketahanan keuangan keluarga dalam jangka panjang.

Chief Customer & Marketing Officer, Prudential Indonesia, Karin Zulkarnaen mengatakan, Prudential percaya bahwa Perempuan Indonesia Mempunyai peran yang sangat Krusial Kepada mendorong perekonomian keluarga dan negara. 

“Perempuan Indonesia yang melek finansial, termasuk asuransi, serta cerdas merencanakan keuangan individu dan keluarganya, akan lebih Tangkas dalam menghadapi berbagai tantangan dan risiko kehidupan. Prudential secara konsisten berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk OJK dan Masyarakat Ekonomi Syariah kali ini, Kepada menjangkau semakin banyak Perempuan Indonesia agar melek keuangan sehingga mereka Dapat semakin berdaya secara finansial,” ungkapnya, Rabu (20/11).

Cek Artikel:  Rumah dari Tanah Sitaan Koruptor Dapat Lebih Terjangkau

Inisiatif ini juga sejalan dengan program GENCARKAN (Gerakan Nasional Cerdas Keuangan) dari OJK guna meningkatkan literasi keuangan dan asuransi secara merata di Indonesia. 

“Kami percaya asuransi Kagak boleh hanya dilihat sebagai produk keuangan, tetapi sebagai jaring pengaman Krusial yang melindungi keluarga dari berbagai risiko ke depannya. Sehingga dengan masyarakat yang Mempunyai kemampuan Kepada mengelola keuangannya, maka dapat mewujudkan kondisi finansial yang lebih Tangkas dan sejahtera,” tambah Karin. 

 

Selain Kepada mendorong Perempuan agar lebih cerdas dan Sendiri secara ekonomi, kegiatan edukasi finansial juga bertujuan Kepada Lalu meningkatkan literasi dan inklusi keuangan bagi Perempuan. Data menunjukkan, Perempuan Indonesia Ketika ini Mempunyai pemahaman keuangan sedikit lebih tinggi dibandingkan Pria. 

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024 OJK, Indeks Literasi Keuangan Perempuan Indonesia mencapai 66,75%, lebih tinggi dibandingkan Pria sebesar 64,14%. Sementara itu, Indeks Inklusi Keuangan Perempuan Indonesia mencapai 76,08%, lebih tinggi dibandingkan Pria sebesar 73,97%. 

 

Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cecep Setiawan mengatakan, pihaknya mengapresiasi komitmen Prudential  Indonesia dalam meningkatkan literasi keuangan, khususnya bagi Perempuan. 

Cek Artikel:  PalmCo Konsisten Perkuat Pemanfaatan EBT

“Kami percaya, Perempuan yang cerdas dalam mengelola keuangan sejak Awal akan menjadi duta-duta literasi keuangan di masyarakat, yang dapat dimulai dari mengedukasi Member keluarganya agar cerdas mengelola keuangan. Selain itu, kami menyadari bahwa meskipun Indeks Literasi Keuangan telah menunjukkan peningkatan, pemahaman tentang produk keuangan seperti asuransi Tetap perlu diperkuat. Asuransi merupakan alat yang sangat Krusial Kepada memberikan perlindungan finansial jangka panjang, dan pemahaman yang Bagus akan membantu masyarakat, khususnya Perempuan dalam mewujudkan merencanakan masa depan mereka dengan lebih Terjamin dan sejahtera,” lanjutnya.

Sementara itu, Certified Financial Planner MES, Rista Zwestika menyatakan pendidikan literasi keuangan adalah langkah pertama menuju kemandirian finansial, terutama bagi Perempuan. 

“Dengan pemahaman yang lebih Bagus tentang keuangan, setiap Perempuan dapat merencanakan masa depan dan mewujudkan keamanan finansial, Bagus Kepada dirinya sendiri maupun keluarganya. Literasi keuangan memberikan mereka kendali atas keputusan finansial yang lebih bijak, dan ini adalah salah satu kunci Kepada mencapai kesejahteraan jangka panjang,” kata Rista.

Selain mengedukasi Perempuan Indonesia lewat program ‘Financial Literacy for Women’, selama November 2024 ini Prudential Indonesia juga melakukan serangkaian edukasi keuangan kepada berbagai Golongan, termasuk di antaranya guru dan anak muda. 

Pada 2 November Lewat, Prudential Indonesia berkolaborasi dengan Yayasan Guru Mengajar dalam memberikan edukasi kepada lebih dari 5.000 guru dari seluruh Indonesia yang berpartisipasi dalam kegiatan Temu Pendidik Nusantara XI di Jakarta yang hadir langsung maupun online. 

Cek Artikel:  Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2024 Tumbuh Stagnan di 5,03%

Sebagai upaya Kepada mendorong kesejahteraan para guru, dalam kegiatan tersebut para guru diberikan wawasan pentingnya perencanaan keuangan, mulai dari pengelolaan tabungan, investasi, hingga Perlindungan melalui asuransi. Para guru yang Bisa mengelola keuangannya dengan semakin bijak diharapkan dapat memperbaiki kualitas hidup, sehingga mereka pun dapat Lalu memberikan Dampak positif melalui profesinya dan siap menghadapi berbagai tantangan finansial di masa depan. 

Selain itu, Prudential Indonesia juga berkolaborasi dengan Great Nusa by Universitas Bina Nusantara (Binus) pada 8 November 2024 Lewat yang menjangkau lebih dari 240 mahasiswa. 

Dalam sesi ini Prudential Indonesia memberikan edukasi keuangan di era digital, mulai dari berbagai tips mengelola keuangan bagi anak muda, seperti Langkah cerdas mengatur keuangan di tengah gaya hidup yang tinggi, pentingnya mengelola anggaran, investasi, mengenal asuransi, perencanaan pensiun sejak Awal, hingga tips Kepada berwirausaha.

“Prudential Indonesia berkomitmen Kepada Lalu berkontribusi dalam membangun masyarakat yang semakin Tangkas secara finansial. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan literasi keuangan, bagi Perempuan, anak muda, dan berbagai Golongan lainnya, agar mereka dapat mengelola keuangan pribadi dengan lebih cerdas. Pada tahun ini Prudential Indonesia telah menjangkau lebih dari 240.000 peserta Bagus Perempuan dan ibu rumah tangga, komunitas UMKM, pelajar, mahasiswa, dan Golongan disabilitas. Kami akan Lalu berkolaborasi dengan berbagai pihak karena hanya dengan literasi yang kuat, kita dapat menciptakan masyarakat yang lebih siap menghadapi tantangan finansial di masa depan,” tutup Karin. (H-2)

Mungkin Anda Menyukai