Belum launching tapi Kalex sudah bikin Yamaha R9 balap??

liputanindo.com – Pelan menunggu peresmian YZF-R9 dari Yamaha yang sudah memasuki 2 tahun sejak pertama kali rumor atau desas desus konsepnya tersebar di jagat maya, Rupanya Membangun sebuah rumah modifikasi asal Britania Raya yakni Lucan Design mewujudkan sang Superbike berbasis motor sport naked MT-09 tersebut secara insiatif dan tanpa Adonan tangan Yamaha. Tongkrongan motor MT-09 custom ini memang cocok banget sebagai donor Demi dijadikan track bike dengan rangka Penting model perimeter dan swingarm yang kekar, membuatnya Bukan terlalu banyak diubah secara radikal Demi menjadikannya sebuah R9 superbike. Yuk, kita simak selengkapnya.

Latar belakang dari Lucan Design UK sendiri berspesialisasi pada restorasi dan modifikasi sepeda motor. Mempunyai tim desain dan development yang terlatih di pabrik dan Mempunyai pengetahuan di bidang custom build lebih dari 25 tahun dengan teknisi Spesialis dan pengalaman membangun dan memodifikasi sepeda motor, Bagus di dalam maupun di luar lintasan balap.

Lucan Design menggunakan keterampilan internal ini Demi menghadirkan part produksi custom pesanan customer yang direkayasa dengan CAD, dan grafis sepeda motor yang dibuat Spesifik secara individual. Lucan Design merupakan sebuah tim R&D yang kecil Tetapi adaptif Mempunyai spesialisasi dalam mengidentifikasi tren masa depan, membangun jenis sepeda motor baru – mulai dari mesin performa lintasan balap, model jalan raya neo-klasik, dan resto-mod, hingga kustomisasi penuh, serta pengembangan sasis motor.

Cek Artikel:  Ducati Streetfighter V2 Model 2025 Diluncurkan Pada EICMA Milan 2024

Motor ini dibuat menggunakan basis motor jalan raya Yakni Yamaha MT09 generasi terbaru dengan rangka yang diperbarui, sasisnya dibuat lebih kaku, dan geometri rangka lebih Bergerak serta IMU 6-axis. Menyantap potensi sebagai motor sport, tetapi Lucan Bukan sabar menunggu lebih Pelan Yamaha Demi membuatnya.

Sebelum R9 rilis di pasaran, tim Lucan memesan MT09 yang baru, dengan tujuan Spesifik Demi membangun R9 mereka sendiri. Memulai dengan mendesain Berbagai Ragam komponen yang diperlukan, awalnya dari gambar pra-peluncuran Yamaha MT09 Gen 3 yang akan datang, dimulai dengan desain CAD dari rearset, yang didesain dan dibuat Spesifik, bukan barang jadi dari produsen lain.

Hasilnya adalah sebuah motor yang ringan, dengan center of gravity yang digeser ke bagian depan dan pada titik yang lebih rendah Demi menciptakan sensasi seperti motor balap Grand Prix. Serta ergonomi berkendaranya pun seperti motor balap. Demi melakukan hal ini, Krusial Demi mengganti tangki bahan bakar secara total, yang membutuhkan tangki baru bergaya GP, yang terinspirasi dari Moto2, yang dibuat langsung melalui papan gambar, melalui prototipe busa foam, hingga Pembangunan aluminium yang disambung las.

Cek Artikel:  Akan Terdapat Pembalap Indonesia ke dua di ASB1000 ARRC Mulai seri 5

Demi bodywork menggunakan model fairing balap Kalex Racing Moto2 periode 2014 – 2015, lengkap mulai dari bagian fairing depan, windshield hingga buntut belakangnya. Sedangkan Demi bagian spatbor depan menggunakan model Yamaha TZ250 sebagai penambah kesan kental motor Yamaha.

Unit MT09 ini dikirim pada Juni 2021, dan setelah periode uji coba singkat, tim langsung memulai proses pembangunannya. Klaim dari Lucan Design mengatakan bahwa motor R9 yang dikembangkan ini hingga Demi ini sepenuhnya telah Mempunyai waktu uji cba di dalam track selama lebih dari dua tahun, memanfaatkan musim 2022 dan 2023 Demi menyempurnakan motor ini.

Memulai dengan membangun tangka bahan bakar, subframe belakang, subframe depan, rearset dan tuas persneling, karena hanya Terdapat sedikit parts aftermarket yang disesuaikan. Partner mereka dalam pembangunan motor ini antara lain Maxton Demi suspensi, dan Jetprime Italy yang menciptakan throttle quick respond atau Normal kita kenal dengan gas spontan Demi motor custom ini. Hasilnya adalah sebuah motor track use yang bertenaga 120 BHP, dengan torsi 97 Nm, dan dengan berat basah 167kg, yang siap Demi sesi di atas lintasan balap. Yamaha R9 ini Mempunyai rasio torsi-dan-bobot yang sangat tinggi, Yakni 0,58 Nm per kilogram (dibandingkan dengan 0,56 pada R1 2023), Tetapi dengan limiter RPM yang lebih tinggi Demi penggunaan di lintasan.

Cek Artikel:  Suzuki Daftarkan Paten Desain Motor Trail Listrik dengan Gigi Reduksi

Tetapi yang Lucan Design jabarkan pada laman Formal mereka di atas ini bukan daftar lengkap dari spesifikasi detilnya, karena beberapa proses dan pembuatan dilakukan internal mereka dan merupakan bagian dari resep rahasia yang Bukan Dapat sembarangan dipublikasi secara luas. Wadaww.. Tapi memang keren sih, hanya saja menurut kami Apabila Lucan Design Dapat Membangun model bodywork desain original mereka sendiri akan lebih keren ketimbang copy paste model Kalex Moto2, ya gak sih?

Mungkin Anda Menyukai