liputanindo.com – Seperti sudah kita bahas sebelumnya, secara Lumrah performa power yang dihasilkan oleh mesin motor AC sinkronius konsep EV Yamaha E01 secara faktual lebih bertenaga dibandingkan dengan mesin motor AC sinkronius PCX Electric yang diproduksi 3 tahun yang Lewat oleh Honda. Sama-sama berjenis AC Sinkronius, Tetapi output power koq Dapat beda nih?
liputanindo belum mengetahui detail resep apa di jeroan gulungan kabel yang menjadi rahasia Yamaha. Tetapi liputanindo memperkirakan ini adalah hasil kerja keras dan Pusat perhatian Yamaha dalam Membikin mesin motor listrik asinkronius secara Lumrah dalam beberapa tahun terakhir.
Di artikel yang Lewat kita sudah sempat membaca bahwa Yamaha Motor Jepang mengumumkan bahwa mereka akan memasok Subaru Tecnica International Inc. (STI) dengan unit motor listrik Hyper-EV Buat STI E-RA EV. Mesin motor listrik AC Sinkronius yang disupply ke Subaru ini adalah motor listrik dengan output maksimum kelas 350kW dengan tegangan operasional 800V per-roda.
Nah bagaimana sebenarnya data performa empirik hasil pengujian dari mesin motor listrik sinkronium Yamaha E01 ini? Cek grafik berikut ini sob.
Sobat Dapat lihat pada grafik atas, garis torsi 30,2 Nm yang dihasilkan mesin tersebut itu sudah hadir semenjak awal alias semenjak pertama kali throttle grip kanan dibejek. Nomor ini gede banget lho, bahkan lebih besar dari umumnya torsi maksimum mesin motor motor sport twin 250 cc.
Dengan modal power dan torsi ini Yamaha E01 diklaim Dapat tembus top speed 100 km/jam dengan jarak jelajah maksimum dalam 1 kali charge baterai Tamat full adalah Tamat 104 km dengan catatan penggunaan konstan di kecepatan 60 km/jam.
Yang juga liputanindo Tetap kepo adalah feel engine brake yang pada Yamaha E01 dinamakan pengereman regenerative. Ini tuh mungkin semacam sebuah sistem ‘pengereman’ yang dihasilkan oleh ‘power listrik gratisan’ yang didapat Ketika motor berdeselerasi.
Taufik of BuitenZorg | @liputanindo
Spesifikasi Lengkap Yamaha E01
Kode: ZAD-SY13J
Model Motor Listrik: Y810E
Panjang keseluruhan x lebar x tinggi (mm): 1.930 x 740 x 1.230
Tinggi kursi (mm): 755
Jarak sumbu roda (mm): 1.380
Jarak Ground clearance min (mm): 140
Berat kendaraan (kg): 158
Kecepatan maksimum (km / jam): 100
Jangkauan jelajah (km): 104 (performa konstan 60km / jam)
Radius putar minimum (m): 2,1
Kapasitas penyimpanan di Dasar kursi (L): 23
Jenis motor: Motor sinkronius tertanam magnet permanen berpendingin udara (IPMSM)
Nilai keluaran (kW): 0,98
Output maksimum (kW / rpm): 8,1 (11PS) / 5000
Torsi maksimum (N/m / rpm): 30 (3,1kgf m) / 1.950
Jenis / model baterai: Lithium ion / ESB5 (4.9kWh)
Tegangan / kapasitas baterai: 87.6V / 56.3Ah (3HR)
Waktu pengisian penuh (perangkat pengisian Segera): Sekeliling 1 jam (pengisian 90%)
Waktu pengisian penuh (perangkat pengisian normal): Sekeliling 5 jam
Waktu pengisian penuh (perangkat pengisian daya portabel): Sekeliling 14 jam
Sistem penggerak: Belt
Format Frame: Craddle
Kastor (derajat): 26 ° 30′
Trail (mm): 90
Ukuran ban (depan/belakang): 110/70-13M/C 48P (tubeless)/130/70-13M/C 63P (tubeless)
Jenis perangkat pengereman (depan / belakang): Rem cakram hidrolik tunggal / rem cakram hidrolik tunggal
Sistem suspensi (depan / belakang): teleskopik / lengan ayun
Jenis bohlam lampu depan / lampu depan: LED / LED
Kapasitas berkendara: 2 orang