BCA Ajak Masyarakat Waspada terhadap Modus Penipuan

Gedung BCA. Ilustrasi. Foto: dok BCA.

Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menegaskan komitmennya dalam memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap berbagai modus
penipuan. BCA menghadirkan kampanye edukasi “Kasih tau ke yang lain Demi Don’t Know? Kasih No! Demi ketemu penipuan yang Agak Laen” Berbarengan Indro Warkop dan deretan komika “Agak Laen” yang terdiri dari Bene Dion, Boris Bokir, Indra Jegel, dan Oki Rengga.

Data dari Avast menunjukkan Sekeliling 90 persen ancaman bagi pengguna layanan digital adalah modus kejahatan rekayasa sosial atau social engineering. Seiring perkembangan teknologi, modus penipuan juga Lanjut berevolusi dengan Metode-Metode yang semakin ‘agak laen’, misalnya modus penipuan Bunyi berbasis AI, arisan online Bajakan, QRIS Bajakan, tiket konser Bajakan, hingga tagihan Bajakan.

Oleh karena itu, BCA kembali mengimbau nasabah dan masyarakat Demi Lanjut menerapkan prinsip ‘Kalau Don’t know? Asal Usulnya, Langsung Kasih No!’ apabila menemui modus-modus penipuan yang ‘agak laen’.

Cek Artikel:  Bank Indonesia Didesak segera Pangkas Bangsa Kembang Acuan

“BCA menyadari kasus penipuan yang semakin masif Tak Pandai diperangi secara sendiri-sendiri. Perlu upaya kolektif Demi melawan berbagai Ragam modus penipuan yang Lanjut berkembang. Oleh karena itu, kami Tak pernah lelah Demi mengimbau dan mengedukasi nasabah supaya berhati-hati dan senantiasa menjaga data pribadi. Apabila Bersua dengan modus-modus penipuan yang ‘agak laen’, sikap kita harus sama, Adalah ‘Don’t Know? Kasih No!’. Lewat, jangan lupa share ke yang lain, sehingga kita Seluruh Pandai terhindar dari modus-modus ini. Dengan menggandeng Indro Warkop dan Grup komika ‘Agak Laen’, kami berharap video edukasi terbaru ini Tak hanya menghibur, tetapi juga mudah dipahami oleh segenap nasabah dan masyarakat,” ujar Direktur BCA Santoso, dalam keterangan tertulis, Jumat, 13 Desember 2024.

Cek Artikel:  Pupuk Indonesia: Tambahan Pupuk Subsidi Angin Segar Bagi Petani

 

 

Awas modus penipuan

Video “Penipuan Makin Agak Laen, Kalau Don’t Know? Kasih No!” juga mengajak masyarakat Demi membagikan pesan “Don’t Know? Kasih No!” kepada orang-orang terdekat, seperti keluarga, Kolega, hingga rekan kerja. BCA berharap semakin banyak orang yang terlindungi dan terhindar dari modus-modus penipuan yang semakin ‘agak laen’.

Prinsip “Don’t Know? Kasih No!” menekankan pentingnya selalu berpikir ulang sebelum bertindak. Nasabah diimbau Demi Tak langsung percaya dan memberikan informasi pribadi kepada pihak yang Tak dikenal, Bagus melalui telepon, e-mail, maupun media sosial. Tak kalah Krusial, BCA juga mendorong nasabah dan masyarakat Demi tetap mengikuti perkembangan informasi terkait modus penipuan terbaru dari sumber tepercaya, salah satunya dari tautan bca.id/awasmodus.

Sebagai bagian dari komitmen BCA dalam edukasi keamanan nasabah, sebelumnya BCA telah menghadirkan seri video “Nurut Apa Kata Mama”, sebagai langkah inovatif Demi menyampaikan pesan edukatif. Selain itu, BCA juga sempat menggelar kampanye “Tolak dengan Anggun” yang mengajak masyarakat Demi menolak segala bentuk penipuan social engineering, serta “Don’t Know? Kasih No!” yang mengajak masyarakat Demi dapat kritis dan menolak berbagai penipuan phising.

Cek Artikel:  Klaster Pertama Ludes, Grand Wisata Bekasi Luncurkan Vicente di Klasika

“Kami bersyukur setiap inisiatif edukasi yang telah kami lakukan Lanjut mendapat dukungan positif dari banyak pihak. Kami berharap video edukasi terbaru ini juga dapat memberikan Pengaruh positif bagi nasabah dan masyarakat, terutama dalam menghindari berbagai Ragam modus penipuan. Saya juga Mau memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam produksi video edukasi ini, termasuk Demi penampilan luar Normal dari Indro Warkop dan Grup komika ‘Agak Laen’,” ujar Santoso.

Mungkin Anda Menyukai