Ilustrasi rupiah. Foto: MI/Tri Handiyanto
Penyediaan Biaya tersebut sebagai langkah antisipatif Bank Berdikari terhadap lonjakan kebutuhan masyarakat Kepada transaksi Kontan selama periode liburan yang berlangsung 33 hari, mulai 1 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025.
SEVP Corporate Relations Bank Berdikari Wisnu Trihanggodo menyatakan peningkatan alokasi tersebut dilakukan menyusul proyeksi kenaikan transaksi ATM/CRM masyarakat.
“Berdasarkan historis, proyeksi kenaikan kebutuhan Biaya Kepada ATM/CRM sendiri tahun ini sebesar 3,3 persen, yang akan difokuskan pada mesin-mesin ATM/CRM yang berada di bandara, terminal, stasiun kereta serta tempat-tempat wisata Primer,” ujar Wisnu dalam keterangan Formal pada Kamis, 5 Desember 2024.
Lanjutnya, bank berlogo pita emas ini juga telah mengantisipasi puncak transaksi nasabah di ATM maupun EDC pada Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2025.
Gedung Bank Berdikari. Foto: Arsip Bank Berdikari
Puncak kebutuhan pengisian Duit ATM
Bank Berdikari memproyeksikan akan terjadi puncak kebutuhan pengisian Duit ATM Terperosok pada dua hari sebelum perayaan Hari Raya Natal 2024 dan dua hari sebelum tahun baru 2025.
“Transaksi pada mesin EDC diperkirakan juga akan mengalami peningkatan pada periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2025, mengingat adanya pembagian THR Kepada karyawan yang merayakan Hari Raya Natal. Mengantisipasi hal ini, Bank Berdikari telah menyediakan 259 ribu jaringan EDC Kepada mendukung transaksi non Kontan nasabah,” Jernih dia.
Dalam mengoptimalkan transaksi non Kontan pada masa Nataru, Bank Berdikari juga mendistribusikan kartu Duit elektronik Berdikari e-money sebanyak 947.000 ke jaringan cabang serta Kenalan merchant Bank Berdikari. Sejalan dengan itu, Bank bersandi saham BMRI ini memastikan Call Center 14000 atau Live Chat MITA pada akun Formal WhatsApp Bank Berdikari di +62 811-84-14000 siap Kepada membantu nasabah dalam melakukan transaksi keuangan.
Wisnu juga memastikan kesiapan jaringan layanan digital banking seperti super app Livin’ by Berdikari dan Kopra by Berdikari Kepada membantu nasabah melakukan transaksi keuangan.
“Livin’ by Berdikari dilengkapi dengan fitur lifestyle, yang memungkinkan nasabah mengakses berbagai layanan finansial hanya dalam sekali login, mulai dari akses ke seluruh rekening tabungan, pinjaman personal, e-wallet favorit, hingga hiburan dan belanja langsung dalam satu aplikasi,” Jernih dia.