Bank Berdikari Siapkan Duit Kontan Rp26 Triliun Begitu Nataru

Ilustrasi rupiah. Foto: MI/Tri Handiyanto

Jakarta: Bank Berdikari mengalokasikan Duit Kontan secara net sebesar Rp26 triliun menyambut meningkatnya kebutuhan transaksi selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Alokasi ini naik sebesar 4,6 persen dibandingkan dengan realisasi pada tahun sebelumnya.

 

Penyediaan Biaya tersebut sebagai langkah antisipatif Bank Berdikari terhadap lonjakan kebutuhan masyarakat Kepada transaksi Kontan selama periode liburan yang berlangsung 33 hari, mulai 1 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025. 

 

SEVP Corporate Relations Bank Berdikari Wisnu Trihanggodo menyatakan peningkatan alokasi tersebut dilakukan menyusul proyeksi kenaikan transaksi ATM/CRM masyarakat.

 

“Berdasarkan historis, proyeksi kenaikan kebutuhan Biaya Kepada ATM/CRM sendiri tahun ini sebesar 3,3 persen, yang akan difokuskan pada mesin-mesin ATM/CRM yang berada di bandara, terminal, stasiun kereta serta tempat-tempat wisata Primer,” ujar Wisnu dalam keterangan Formal pada Kamis, 5 Desember 2024.

Cek Artikel:  Waspadai Penipuan, PLN Tegaskan Sekalian Layanan Terpusat Hanya Lewat PLN Mobile

 

Lanjutnya, bank berlogo pita emas ini juga telah mengantisipasi puncak transaksi nasabah di ATM maupun EDC pada Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2025.

 

Begitu ini, total ATM Bank Berdikari yang beroperasi tercatat sebanyak 12.885 mesin yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Berbarengan, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia. Sedangkan jaringan Berdikari EDC tercatat sebanyak 258 ribu unit di seluruh merchant
 


Gedung Bank Berdikari. Foto: Arsip Bank Berdikari

 

Puncak kebutuhan pengisian Duit ATM

 

Bank Berdikari memproyeksikan akan terjadi puncak kebutuhan pengisian Duit ATM Terperosok pada dua hari sebelum perayaan Hari Raya Natal 2024 dan dua hari sebelum tahun baru 2025.  

Cek Artikel:  Pertamina Niscayakan BBM dan LPG Periode Lebaran Kondusif, Naikkan Stok 15% di Jatimbalnus

 

“Transaksi pada mesin EDC diperkirakan juga akan mengalami peningkatan pada periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2025, mengingat adanya pembagian THR Kepada karyawan yang merayakan Hari Raya Natal. Mengantisipasi hal ini, Bank Berdikari telah menyediakan 259 ribu jaringan EDC Kepada mendukung transaksi non Kontan nasabah,” Jernih dia.

 

Dalam mengoptimalkan transaksi non Kontan pada masa Nataru, Bank Berdikari juga mendistribusikan kartu Duit elektronik Berdikari e-money sebanyak 947.000 ke jaringan cabang serta Kenalan merchant Bank Berdikari. Sejalan dengan itu, Bank bersandi saham BMRI ini memastikan Call Center 14000 atau Live Chat MITA pada akun Formal WhatsApp Bank Berdikari di +62 811-84-14000 siap Kepada membantu nasabah dalam melakukan transaksi keuangan.  

Cek Artikel:  Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jatim 2024, BI Ingatkan Ketidakpastian Dunia Lagi Tinggi

 

Wisnu juga memastikan kesiapan jaringan layanan digital banking seperti super app Livin’ by Berdikari dan Kopra by Berdikari Kepada membantu nasabah melakukan transaksi keuangan. 

 

“Livin’ by Berdikari dilengkapi dengan fitur lifestyle, yang memungkinkan nasabah mengakses berbagai layanan finansial hanya dalam sekali login, mulai dari akses ke seluruh rekening tabungan, pinjaman personal, e-wallet favorit, hingga hiburan dan belanja langsung dalam satu aplikasi,” Jernih dia.

Mungkin Anda Menyukai