Bagini Langkah baca dan Langkah artikan 12 Kode Kedipan MIL di Dashboard Motor Honda

Pict : Carmudi

liputanindo.com – Motor yang sudah mengaplikasikan Sistem Infus bahan bakar Apapun Merknya biasannya Mempunyai sistem komunikasi yang Pandai Membikin pemiliknya mengetahui apa permasalahan dari Motor Kalau memang mengalami masalah. Termasuk Juga Sepeda motor Merk Honda yang sudah banyak tersebar di market Indonesia dan Mayoritas Honda telah menggunakan sistem PGM-FI dimana Sistem sistem ini dapat mendiagnosa permasalahan yang terjadi pada sepeda motor. Hasil diagnosa ini akan disampaikan melalui Kode kedipan dari malfunction indicator lamp (MIL) berwarna Kuning  yang terletak pada bagian Dashboard speedometer Honda.

Pada kondisi normal, ketika kunci kontak dalam posisi ON maka MIL akan menyala Sekeliling 2 detik kemudian Wafat kembali dan motor siap dinyalakan. Kalau 2 detik nggak Wafat, maka kemungkinan sistem Mesin Eksis masalah dan Selama kegagalan pada sistem PGM-FI belum diperbaiki, maka MIL akan Maju berkedip. Jumlah kedipan pada MIL Mempunyai Definisi tersendiri Demi mengetahui permasalahan yang terjadi pada sistem PGM-FI.

Kedipan MIL pun terdapat dua jenis, Ialah kedipan Segera yang berlangsung selama 0,3 detik dan kedipan panjang yang berlangsung selama 1,3 detik. Dalam mendeteksi kedipan MIL, Demi satu kedipan panjang akan dihitung sama seperti 10 kedipan Segera. Lewat Demi satu kedipan Segera akan dihitung 1.

Cek Artikel:  SHAD Rilis Tas TERRA TR50 di IMOS+ 2023

Sebagai Misalnya  apabila MIL pada Honda Scoopy berkedip panjang dalam satu kali kemudian dilanjutkan dengan dua kedipan Segera maka akan dihitung sebagai 12 kedipan ( 10 + 2 ) . Lewat dapat diindikasikan bahwa sepeda motor tersebut mengalami potensi gangguan pada sistem injector  . .  Misalnya lain Honda Vario 125, yang MIL-nya menyala kedio panjang 2 kali dan berkedip pendek 1 kali. Jadi kasus ini punya kode kerusakan 21, Demi dicek Rupanya itu kode kerusakan di area O2 sensor.

Nah Berikut 12 jenis indikator permasalahan motor berdasarkan kedipan MIL di Sepeda Motor Honda.

  • 1 Kedipan | Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor atau Manifold absolute pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat kevakuman pada intake manifold. Bila Enggak segera diatasi akan menimbulkan Percepatan kurang Bagus dan performa mesin pun Enggak maksimal pada putaran atas.
  • 7 Kedipan | Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor temperatur mesin atau Lazim disebut Engine Coolant Temperature (ECT) Atau Engine Oil Temperature (EOT). Akibat dari hal ini dapat Membikin mesin agak susah dihidupkan pada Demi mesin kondisi dingin.
  • 8 Kedipan | Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor throttle position (TP), bila dibiarkan maka mesin akan mudah Wafat dan Percepatan pun Enggak maksimal.
  • 9 Kedipan | Menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor Intake air temperature (IAT). Akibat yang ditimbulkan performa mesin Enggak maksimal, mudah Wafat, emisi gas buang yang dihasilkan pun Enggak bagus.
  • 11 Kedipan | Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor kecepatan sehingga indikator speedometer Enggak berfungsi atau bila telah menggunakan fitur Idling Stop System (ISS) Enggak akan berfungsi.
  • 12 Kedipan | Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem injector sehingga sepeda motor Enggak Pandai dinyalakan.
  • 21 Kedipan | Hal ini menunjukan kode potensi gangguan pada area sistem O2 sensor (Oxigen sensor). Sensor ini berfungsi Demi mendeteksi gas buang dan kondisi pembakaran mesin. Akibat yang ditimbulkan mesin sulit dihidupkan dan terdapat Bunyi letupan pada knalpot.
  • 29 Kedipan | Hal ini menunjukan kode potensi gangguan pada area sistem Intake Air Control Valve (IACV) yang Membikin putaran stationer Enggak Kukuh, mesin sulit dihidupkan dan boros bahan bakar
  • 33 Kedipan |  Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem Engine Control Module (ECM) yang merupakan sumber dari seluruh pengaturan sistem PGM-FI. Akibatnya sepeda motor Enggak dapat dihidupkan.
  • 52 Kedipan | Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor crankshaft position (CKP) sehingga sepeda motor Enggak dapat dihidupkan.
  • 54 Kedipan | Hal ini menunjukan kode potensi gangguan pada area sistem sensor bank angle. Sensor ini berfungsi Demi mematikan mesin ketika sepeda motor terjatuh atau mengalami kemiringan hingga 60 derajat dengan toleransi + 5 derajat, dalam waktu 5 detik. Tetapi sepeda motor tetap Pandai di hidupkan kembali dengan mematikan kunci kontak terlebih dahulu kemudian dihidupkan kembali.
  • 67 Kedipan | Hal ini menunjukan potensi gangguan pada sistem Honda Selectable Torque Control (HSTC) terkait putaran roda depan dan belakang yang dibaca oleh ECM. Sensor ini bekerja ketika sepeda motor dalam kondisi Hening dengan standar tengah, kemudian dinyalakan dan tuas gas dibuka selama 20 detik, maka bila terdeteksi masalah, MIL pun akan berkedip. Kode ini hanya muncul pada sepeda motor yang Mempunyai sistem HSTC seperti Honda PCX160 tipe ABS, XADV dan Forza.
Cek Artikel:  Volkswagen Beetle Club Gelar Rangkaian Kontes Beetle Battle IV di Senayan Park

Nah Jadi Gitu sob, Kita Pandai mendeteksi dan mendiagnosa permaslaahan Pada Motor Honda Kalau kita memilikinya dan mengenai troubleshootingnya memang paling bagus adalah mengontak AHASS terdekat Demi dicari solusi permasalahannya. | Based on AHM Info

 

Mungkin Anda Menyukai