Akankah ke depan mesin Honda Supra 125 akan makin Longstroke dan 5 Kecepatan?

liputanindo.com – Terlepas hadirnya perbedaan jenis Transmisi full clutch atau Automatic Clutch, Awalnya tercatat mesin Honda C125, Honda MSX125, Honda Monkey 125, Honda CT125 dan Honda Supra 125 Mempunyai dimensi Ruang bakar yang sama yakni Bore x stroke 52,4 x 57,9 mm dengan Transmisi Manual, 4-speed. Dengan mesin ini Honda Supra X 125 Mempunyai power tertinggi 7,04 kW (10,1 PS)  . . . Tetapi yang menarik adalah baru baru ini Honda mengumumkan Merubah Platform mesin Demi Produk yang menggunakan Mesin selonjoran air cooled 125 cc ini  Yakni di produk Honda MSX 125 Grom MY 2021

Yap Honda MSX125 grom mengunakan Mesin baru yang secara Standar terlhat Eksis cukup banyak perbedaannya. Hal paling signifikan adalah Perubahan Dimensi Ruang bakarnya yang mengadopsi Bore-Stroke Piston 50,00 x 63,1 mm . . . Ini artinya Secara Standar Platform mesinnya jadi Kian Mengadopsi Kepribadian Long Stroke yang memang secara Standar disinyalir akan lebih Ok buat berkendara harian karena biasannya Mesin dengan Kepribadian ini, dengan panjangnya Lengan Kuasa dari Piston, Kagak butuh rpm tinggi Demi meraih Torsi Maksimum yang diinginkan.

Cek Artikel:  Interview Pasca FP1-FP2 liputanindo dengan Rider ATC asal Indonesia, Andi Gilang dan Gery Salim

Kalau dilihat dari desain konstriksi mesinnya Juga hadir perubahan yang luar Normal sangat signifikan . . sobat Bisa lihat dan cari tehu sendiri di mana letak Poros Crank shaft, di mana letak dari lubang Oli, Di mana Letak dari Filter Oli dan seperti apa bentuk silinder dan kepala silindernya . . Segala nya Mempunyai posisi yang Berubah sangat signifikan

Longstroke itu lebih Berkarakter Motor Komuter dengan model Jalan stop and Go seperti di jalan perkotaan. Jalur Trek yang pendek pendek Membikin top speed bukanlah jadi tujuan Penting, Tetapi bagaimana Bisa efesien dalam ngebejek Throtel gas Tetapi torsi dan power dapat lansgung ditemukan Demi berakselerasi maupun Demi Nyelap nyelip. Nggak perlu memuntir Gas dalam dalam, efeknya adalah efesiensi dalam Konsumsi bahan bakar .. kata kata marketingnya : lebih irit . .

Cek Artikel:  Ulang Tahun ke-46, Yamaha Kasih Diskon 10% Kepada pembelian Motor

Hal kedua yang juga cukup signifikan adalah Bahwa Mesin 125 cc air cooled ini sudah mengadopsi Transmisi 5 percepatan Menggantikan Transmisi 4 percepatan yang selama ini seakan telah menjadi Signature Mesin selonjoran Honda selama Berpuluh puluh tahun lamanya . . .Lagi ingat kan Jaman Astrea series sudah mengadopsi jumlah gear Transmisi ini . .

liputanindo Lagi ingat sekali mengenai apa yang honda lakukan pada platform mesin di beberapa segmen Motor lain. Kasus paling dekat adalah Pergantian Mesin 110 cc Skutik di mana Honda mengawali dengan merubah pada Motor yang baru saja kemarin menghadirkan Rona Rona Grafis Baru Yakni Honda Genio, Lewat akhirnnya selang beberapa waktu kemudian setelah terlihat Mesin ini cukup ‘settle’ di Ganio, Honda ( AHM ) menghadirkan secara Masif di Sosok Motor backbone market mereka yang fenomenal  . . yakni Honda Beat.

Cek Artikel:  Yamaha R25 Dapat Opsi Konsesi Camshaft Custom di AP250 ARRC Mandalika 2023

Patut sobat Catat bahwa Honda mengubah/ mengganti Mesin di platform mesin skutik 110 adalah berubah ke Mesin yang lebih berkarakter ‘ long stroke ‘  . . dari sini sudah ketemu Benang merahnya ?

Bercermin pada hal di atas adalah sesuatu yang bukan Tengah mustahil akan kita temukan di waktu ke depan bahwa Bisa jadi Platform mesin mesin Motor bebek 125 cc Honda akan berangsur angsur beralih Juga ke Mesin mesin yang lebih berkarakter long stroke ini dan tentunya juga mengadopsi 5 tingkat Transmisi Percepatan. Sesuatu yang menurut liputanindo Bisa jadi sebuah alarm awareness buat kompetitor Demi mengantisipasi strategi Market ini walaupun memang secara Standar market Motor bebek kian kisut, Kiat mengkerut dilahap oleh Intervensi Motor motor skutik karena kepraktisan dan fungsionalitasnya.

Taufik of BuitenZorg | @liputanindo

Mungkin Anda Menyukai