Orangtua, Jadilah Teladan Pengguna Internet yang Bijak pada Anak

Orangtua, Jadilah Contoh Pengguna Internet yang Bijak pada Anak
Ilustrasi(freepik.com)

KETUA UKK Tumbuh Kembang Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Rini Sekartini menjelaskan peran orang tua sebagai role model atau contoh pengguna internet yang bijak dan baik. Sehingga anak bisa meniru perilaku orang tua dengan mengakses internet sewajar dan seperlunya.

“Anak SMP dan SMA memang sudah sering akses internet harusnya didampingi orang tua dan harus diberikan contoh karena anak remaja bisa akses kemana pun. Harusnya cari di internet sesuai yang dibutuhkan dan sesuai dengan usia,” kata dr Rini di Jakarta, Selasa (23/7).

Bahkan dalam perkenalan internet pada sang anak juga harus didampingi. Sementara guru juga berperan penting gunakan internet sehat karena mendidik anak untuk berperilaku cyber bullying yang diberikan dampak buruk pada anak lain.

Cek Artikel:  Tembang Anak Krusial Bagi Tumbuh Kembang

Baca juga : Ini Krusialnya Musik Anak Berbahasa Indonesia untuk Tumbuh Kembang

“Yang jadi masalah orang tua sekarang juga terkadang susah lepas dari internet. Orang tua seharusnya jadi role model penggunaan internet dan jangan sampai orang tua tidak paham dan paham konten yang diberikan anak,” ucapnya.

Komunikaasi antara orang tua dan anak harus diciptakan agar keeratan hubungan tetap terjalin dan terjaga. Buat mengurangi dampak internet anak maka orang tua juga harus melakukan dulu dengan membatasi diri menggunakan internet dan lebih banyak bersosialisasi. Harus ada interaksi pada anak jangan sampai berkurang karena urusan dengan gadget.

Adiksi internet merupakan penyakit penggunaan internet secara berlebihan hingga menganggu kesehatan, kehidupan, dan pekerjaan. (H-2)

Cek Artikel:  Gejala Minim Kista Duktus Koledokus, Bernarkan Berbahaya dan Dapat Mengancam Nyawa

 

Mungkin Anda Menyukai