PNM Beri 5 Tips bagi UMKM untuk Raup Cuan di Harbolnas

PNM Beri 5 Tips bagi UMKM untuk Raup Cuan di Harbolnas
Tips UMKM cuan di Harbolnas(Dok. PNM)

MENYAMBUT Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), PT Permodalan Nasional Madani (PNM) membagikan tips bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memanfaatkan momentum ini dalam meningkatkan penjualan dan meraih keuntungan.

Sebagai lembaga yang mendampingi dan membiayai usaha ultra mikro di Indonesia, PNM melihat Harbolnas sebagai peluang emas bagi UMKM untuk meramaikan pasar digital.

Baca juga : Bidik Kesempatan Ekspor, UMKM Sektor Herbal Didorong Naik Kelas

Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary, memberikan lima tips yang dapat membantu UMKM meraih kesuksesan selama Harbolnas:

  1. Optimalkan Penggunaan Media Sosial
    UMKM disarankan aktif mempromosikan produknya di platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok. Menurut Dodot, ketiga platform ini efektif untuk memperluas jangkauan pelanggan. “Buat konten menarik seperti video keunikan produk atau live shopping untuk membangun interaksi dengan calon pembeli,” ujarnya.

  2. Hadir di Berbagai E-Commerce
    Selain media sosial, UMKM juga perlu memanfaatkan e-commerce untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Foto dan deskripsi produk harus ditulis dengan lengkap dan jelas agar menarik minat konsumen. E-commerce menawarkan berbagai fitur yang dapat meningkatkan pengalaman belanja, sehingga penting bagi pelaku usaha untuk hadir di berbagai platform.

    Baca juga : Yenni Walnita, Memberdayakan Perempuan Taratak dengan Anyaman Mansiang

  3. Tingkatkan Pengalaman Berbelanja
    Dodot menekankan pentingnya memberikan pelayanan yang baik dan pengiriman tepat waktu. “Pengalaman positif yang dirasakan oleh pembeli dapat membuat mereka kembali berbelanja, yang tentu berpengaruh terhadap pendapatan,” tambahnya. UMKM juga disarankan untuk membangun komunikasi yang responsif dan persuasif dengan pelanggan.

  4. Niscayakan Kualitas dan Persediaan Produk Cukup
    UMKM harus memastikan ketersediaan stok produk dan menjaga kualitas yang baik. Pengecekan stok secara rutin sangat penting, dan Dodot menyarankan agar mempekerjakan orang sekitar untuk membantu menyiapkan produk agar tidak kehabisan stok di tengah lonjakan permintaan selama Harbolnas.

  5. Manfaatkan Promosi dengan Cermat
    Diskon dan promosi besar-besaran adalah daya tarik utama selama Harbolnas. Tetapi, UMKM perlu berhati-hati dalam menawarkan potongan harga dan memastikan margin keuntungan masih tercapai. Promosi seperti diskon, beli satu gratis satu, atau paket bundling bisa menjadi pilihan menarik bagi konsumen.

    Baca juga : Growlab-Chahraeventplus Beri Edukasi untuk Pelaku UMKM Surabaya

Cek Artikel:  Investor Anggap Bali sebagai Blue Chip, Begini Dalihnya

PNM berharap dengan mengikuti tips ini, UMKM dapat memanfaatkan momentum Harbolnas untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar.

“Harbolnas adalah kesempatan besar bagi UMKM untuk terjun ke dunia digital dan berkontribusi pada perekonomian keluarga serta masyarakat,” tutup Dodot.

Dengan strategi yang tepat, Harbolnas dapat menjadi momen penting bagi UMKM untuk berkembang di era digital. #MIA (RO/Z-10)

Mungkin Anda Menyukai