Guardian Gandeng Human Initiative Tingkatkan Perilaku Hidup Rapi dan Sehat di Sekolah

Guardian Gandeng Human Initiative Tingkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Guardian membangun fasilitas sanitasi dan air bersih di sekolah.(Istimewa)

DATA Kementerian Kesehatan 2022 mencatat lebih dari 293 ribu sekolah di Indonesia masih belum memiliki akses memadai terhadap air minum, sanitasi, dan kebersihan dasar. Kepada menjawab persoalan itu, butuh keikutsertaan berbagai pihak, termasuk swasta.

“Guardian Indonesia kembali menggelar Guardiancares. Ketersediaan akses air, sanitasi, dan kebersihan di sekolah adalah fondasi penting bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Seiring dengan perjalanan selama 34 tahun di Indonesia, Guardian membantu anak Indonesia mendapatkan akses kesehatan, khususnya di lingkungan sekolah. Program Guardiancares adalah bentuk kepedulian kami terhadap pemenuhan kesehatan dan kesejahteraan anak Indonesia,” papar Head of Marketing Guardian Indonesia Malvin Tarigan dalam keterangannya, Rabu (11/9).

Cek Artikel:  Kenalkan Tenun Lewat Game Cotton Match dan Pameran Foto Karya Anak Bangsa

Upaya itu, lanjutnya, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mencapai sustainable development goals (SDGs). Sehingga dapat menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi tiap orang di segala usia, termasuk anak-anak dan kaum muda, melingkupi aktivitas anak di sekolah, akses terhadap air bersih, serta edukasi kesehatan di sekolah.

Baca juga : BPK Tekankan Krusialnya Transformasi dan Kerja Sama Lelah Tujuan SDG’s

Malvin mengatakan sejak diluncurkan pada tahun 2022 lalu, Guardiancares telah memberikan dampak positif melalui berbagai inisiatif, seperti penyediaan fasilitas sanitasi dan air bersih di Desa Ciapus dan Patrolsari (Bandung), mendonasikan lebih dari 24.000 produk body wash Guardian kepada anak-anak dan keluarga di rusun, serta menyelenggarakan rangkaian edukasi perilaku hidup bersih dan sehat.

Cek Artikel:  Festival Budaya Panji Gelar Pameran, Percakapan Tematik dan Penampilan 10 Karya

Pahamn ini, Guardian memperluas programnya melalui kolaborasi dengan Human Initiative, organisasi kemanusiaan yang fokus pada isu-isu kemanusiaan di bidang pemberdayaan masyarakat dan program perlindungan anak. Keduanya mendistribusikan 24.000 produk body wash Guardian kepada siswa sekolah di Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Yogyakarta, serta perbaikan dan pembangunan fasilitas air bersih di sekolah untuk mendukung penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Romi Ardiansyah, Vice President Operations of Human Initiative, menambahkan pentingnya edukasi PHBS sejak dini dan penyediaan sanitasi di sekolah. Hal itu sebagai langkah awal mewujudkan lingkungan belajar yang sehat dan nyaman.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan Guardian dan meyakini sinergi ini dapat memberikan manfaat positif dan berkelanjutan baik untuk sekolah maupun anak-anak secara keseluruhan. Dengan begitu, program Guardiancares dapat mendorong komitmen pemerintah dalam mewujudkan sekolah-sekolah sehat di Indonesia,” imbuhnya.

Cek Artikel:  7 Bahaya Main Handphone sambil Dicas

Dalam rangkaian program Guardiancares, Guardian juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat untuk pelaksanaan edukasi PHBS di lebih dari 40 sekolah di area Nusa Jawa, serta menggelar berbagai kegiatan inspiratif yang melibatkan relawan yang terdiri dari karyawan kantor pusat Guardian. (E-2)

Mungkin Anda Menyukai