Woro Mustiko Minta Perempuan tidak Ragu Guna Kebaya

Woro Mustiko Minta Perempuan tidak Ragu Pakai Kebaya
Woro Mustiko(Instagram @mustikoworo)

DALANG perempuan dan penyanyi keroncong Woro Mustiko mendorong perempuan Indonesia agar tidak ragu memakai kebaya sebagai busana sehari-hari karena bisa dipadukan dengan fesyen yang lebih modern.

“Jujur, aku senang kebaya mulai dikenakan untuk kegiatan sehari-hari dipadu padankan dengan modern, jeans, semoga ini bisa jadi inspirasi teman-teman yang ragu pakai kebaya,” kata Woro saat konferensi pers penayangan film pendek Kebaya Kala Kini, Selasa (23/7).

Woro mengatakan ia juga bangga kepada anak muda sekarang yang sudah menjadikan kebaya sebagai salah satu pakaian sehari-hari yang bisa di mix and match jadi pakaian yang bergaya.

Baca juga : Penyanyi Nindy Ayunda Berkebaya Hitam, Desainer: Buat Malam Satu Suro

Cek Artikel:  Waspada, Ini Bahaya Tersembunyi dari Renang

Sebagai seniman dalang, Woro tentunya sudah sangat akrab dengan kebaya, yang ia sebut sebagai pusaka yang harus ia kenakan ketika mendalang. 

Dibesarkan dari keluarga seniman yang turun temurun membuat Woro melihat kebaya sebagai pakaian yang bisa membuatnya bertransformasi dari seorang yang ceria jadi lebih anggun dan berwibawa.

“Guna kebaya itu jadi transformasi dari Woro yang biasa ketika pakai kebaya nggak bisa neko-neko, karena memang dari dulu doktrinnya ketika pakai kebaya sangat lekat harus rapi, proper, duduk harus benar tata kramanya, jadi kebawa ketika aku pake kebaya harus sakral, agung, jejeg,” ucap penyanyi kelahiran 2002 itu.

Baca juga : Menko Airlangga Sebut Kebaya Aset Budaya dan Simbol Ekonomi Kerakyatan

Cek Artikel:  Tingkatkan Kualitas Hidup, Ajak Kerabat Lansia Bermain Puzzle dan Senam Otak

Tetapi, ia sempat mengalami rasa tidak percaya diri saat mengenakan kebaya di tengah anak seumurannya yang memilih pakaian modern. 

Ketika ia bergabung dengan Erwin Gutawa, Woro menceritakan tidak percaya diri dengan identitasnya sebagai anak Jawa yang medok dan berpenampilan dengan kebaya.

Tetapi, seiring waktu, ia melihat kebaya bisa sangat fleksibel dan masih relevan hingga saat ini dan tidak melulu harus terlihat kuno.

Baca juga : Peringatan Hari Kebaya Nasional akan Tampilkan Koleksi Kebaya Ibu Tien Soeharto

“Saya merasa beda sendiri, bisanya bahasa Jawa, ngomong medok dan udah di stylist pakai kebaya sendiri yang lain modern, dan ketika sekarang ternyata kebaya sangat luwes dan fleksibel dan sangat relevan di masa mendatang,” katanya.

Cek Artikel:  Kenali Tanda-ciri Makeup Kedaluwarsa Sesuai Jenisnya

Maka, Woro merasa tetap bangga membawa kebaya setiap kali ia tampil dan tidak ragu untuk memakai kebaya dan dengan identitasnya sebagai keturunan Jawa.

Ia juga memiliki beberapa model kebaya favoritnya, yaitu kutubaru dan kebaya kartini, selain itu juga kebaya janggan yang ia lihat dari desain penata busana Hagai Pakan. 

Woro juga kerap memakai kebaya janggan saat mendalang dengan model yang lebih panjang. (Ant/Z-1)

Mungkin Anda Menyukai