Satelit SATRIA Dorong Indonesia Menjadi Digital Society

Satelit SATRIA Dorong Indonesia Menjadi Digital Society
Satelit SATRIA Dorong Indonesia Menjadi Digital Society.(Ist)

PANDEMI Covid-19 yang melanda dunia tanpa disadari telah mendorong masyarakat untuk melakukan percepatan transformasi digital untuk menjadi masyarakat digital (digital society). Masyarakat di Indonesia pun mengalami hal yang sama.

Peletakan batu pertama pembangunan Stasiun Bumi Proyek Satelit Multifungsi Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada 18 Agustus 2021 menjadi tonggak utama percepatan transformasi digital di Indonesia.

Pemerintah bersama badan usaha pelaksana berencana memiliki 11 stasiun bumi atau gateways yang akan menghubungkan satelit dengan bumi untuk dapat dimanfaatkan sebagai layanan internet dan telekomunikasi lainnya.

Salah satu sasaran dari program percepatan transformasi digital nasional adalah memperkuat akses dan kualitas layanan digital atau internet hingga ke pelosok negeri.

Cek Artikel:  Ketersediaan Jaringan Internet di Distrik 3T

Eksisnya proyek SATRIA ini mendorong bangsa Indonesai bisa secepatnyamenjadi digital society dengan mempermudah layanan pendidikan, pemerintahan, kesehatan, perekonomian, dan sebagainya dengan akses internet. Kesetaraan digital ini menyiapkan seluruh masyarakat dalam menghadapi masa depan yang sebagian besar tergantung pada algoritma digital.

Mungkin Anda Menyukai