Usai Dilantik, Gus Ipul Butuh Waktu Dua Hari untuk Konsolidasi

Usai Dilantik, Gus Ipul Butuh Waktu Dua Hari untuk Konsolidasi
Gus Ipul (kanan), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/9/2024).(MI/Fetry Wuryasti)

MENTERI Sosial Saifullah Yusuf atau Gus Ipul meminta waktu selama 1-2 hari untuk konsolidasi mengenai tugas yang akan dia selesaikan, kegiatan, maupun fokus program di masa kepemimpinannya.

Terdapatpun Gus Ipul dilantik menjadi menteri sosial di masa periode jabatan yang tersisa 39 hari.

“Ya kasih waktu 1-2 hari ini lah, saya akan coba konsolidasi. Niscaya kami akan melakukan arahan dari Presiden. Itu yang paling utama. Nah apa saja, kami membutuhkan waktu 1-2 hari,” kata Gus Ipul, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Baca juga : Gus Ipul Akan Dilantik Jadi Mensos Pagi Ini

Karena, kata Gus Ipul dirinya juga belum sempat berbicara dengan Presiden Jokowi terkait tugas-tugas sebagai menteri sosial. Maka, dia akan meminta waktu kepada Presiden.

Cek Artikel:  Motivasi Masyarakat Berdonor, PMI Jakarta Gandeng Elitery Gelar Donor Darah

“Belum sempat, nanti akan kita secara lebih lanjut, saya akan minta waktu kepada presiden,” kata Gus Ipul.

Dia juga mengatakan belum ada rencana untuk perluasan bantuan sosial bagi kelas menengah. Tetapi dirinya akan berkoordinasi dengan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Baca juga : Dilantik jadi Mensos, Kekayaan Gus Ipul Mencapai Rp24,6 Miliar

“Belum, belum sampai ke sana (pembicaraan). Saya akan koordinasi dengan Pak Muhadjir. Setelah itu nanti saya akan bikin pernyataan apa kira-kira yang akan kita lakukan ke depan dalam waktu yang tersisa,” kata Gus Ipul.

Sesuai dengan Surat Keputusan Presiden (Keppres), Gus Ipul mengatakan dihubungi istana untuk menjadi menteri sosial untuk selama 1 bulan. Dia dihubungi Istana untuk menggantikan Risma pada satu-dua hari yang lalu.

Cek Artikel:  WHO Berencana Mengucurkan Biaya Senilai Rp2,1 Triliun untuk Atasi Wabah Mpox

Dia menerima posisi menggantikan posisi menteri sosial, karena itu merupakan satu bentuk kepercayaan dari pemerintah.

Baca juga : Ini Sosok Gus Ipul, Pengganti Mensos Risma

“Ya sesuai SK tadi yang sudah dibacakan. Kita coba membantu dari waktu yang tersisa apa yang ada, sesuai arahan presiden. Tentu kita bicara juga masa transisi, khususnya untuk Kemensos apa yang akan dilakukan di tahun 2025,” kata Gus Ipul.

Tiba saat ini, Gus Ipul mengaku belum ada komunikasi Menteri Sosial sebelumnya Tri Rismaharini. Di hari yang sama seperti pelantikan, Gus Ipul juga mundur dari jabatan wali kota Pasuruan, Jawa Timur.

“Belum, belum ada. Jadi belum ada. Per hari ini juga saya mundur sebagai wali kota Pasuruan. Mekanis itu,” kata Gus

Cek Artikel:  Pansus Haji Beberkan Terdapat Dugaan Intervensi terhadap Verifikator

Baca juga : Gus Ipul Formal Dilantik Jadi Mensos

Meski hanya sebulan, Gus Ipul yakin Presiden memiliki maksud, di antaranya menata masa transisi.

“Ya, pasti Presiden punya maksud, yang saya kira tidak ada lain di antaranya adalah mencoba untuk menata masa transisi. Sekali lagi, saya akan cobaz saya memerlukan waktu untuk itu. Tapi ini kepercayaan, sebisa mungkin saya lakukan sesuai kemampuan yang saya miliki,” kata Gus Ipul.

Meski demikian, Gus Ipul bilang tidak ada jaminan bahwa dirinya akan melanjutkan jabatan tersebut di periode pemerintahan Prabowo-Gibran nanti.

“Tak. Tak ada seperti itu,” kata Gus Ipul. (Try/P-3)

Mungkin Anda Menyukai