Alun-alun Gadobangkong jadi Ikon Baru di Ibu Kota Kabupaten Sukabumi

Alun-alun Gadobangkong jadi Ikon Baru di Ibu Kota Kabupaten Sukabumi
Seorang warga tengah menikmati hasil pembangunan Alun-alun Gadobangkong, di Kabupaten Sukabumi.(MI/BENNY BASTIANDY)

ALUN-ALUN Gadobangkong menjadi ikon baru di kawasan wisata Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Keberadaannya diharapkan bisa semakin mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan, sehingga berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, pembangunan Alun-alun
Gadobangkong didanai Pemprov Jawa Barat. Alun-alun Gadobangkong masuk ke dalam proyek strategis Gubernur Jawa Barat 2018-2023.

“Alun-alun Gadobangkong jadi ikon baru sebagai simbol kemajuan di Ibu Kota Kabupaten Sukabumi. Cita-citanya, keberadaan Alun-alun Gadobangkong bisa meningkatkan daya tarik wisata,” ungkapnya seusai penandatanganan berita acara serah terima Alun-alun Gadobangkong di Pendopo Palabuhanratu, Kamis (12/9).

Baca juga : Bawaslu Kabupaten Sukabumi Samakan Persepsi Soal Independenitas ASN pada Pilkada 2024

Pembangunan Alun-alun Gadobangkong merupakan wujud komitmen antara Pemkab Sukabumi dan Pemprov Jabar sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kehadirannya akan makin menambah nilai
estetika kawasan wisata Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Dunia Geopark
(CPUGGp).

Cek Artikel:  Polres Tasikmalaya Kota Tembak Residivis Pelaku Curanmor

“Alun-alun Gadobangkong juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas,” terangnya.

Marwan mengapresiasi Pemprov Jabar yang telah mendukung kemajuan kawasan pariwisata di Kabupaten Sukabumi. Upaya itu selaras dengan implementasi Peraturan Presiden Nomor 87/2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Jabar Selatan.

Baca juga : Gempa Bumi Berulang di Sukabumi, Satu Rumah di Tegalbuleud Ambruk

“Nantinya, Alun-alun Gadobangkong bukan sekadar tempat rekreasi, tapi bisa jadi pusat kegiatan sosial, budaya, dan ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi,” jelasnya.

Dia meminta partisipasi masyarakat bisa menjaga dan memelihara kawasan
Alun-alun Gadobangkong, sehingga masyarakat yang berkunjung ke tempat itu bisa nyaman dan aman. “Harus kita jaga dan pelihara bersama-sama,”
pungkasnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Jawa Barat, Indra Maha, menambahkan Alun-alun Gadobangkong yang berada di kawasan pantai itu merupakan komitmen Pemprov Jabar membangun lingkungan perumahan yang berkelanjutan.

Cek Artikel:  Telkom Corpu Dukung Digitalisasi Industri Minyak dan Gas di Indonesia

Menurutnya, bukan perkara mudah membangun Alun-alun Gadobangkong karena
penuh dengan dinamika. “Tapi akhirnya rampung juga. Setelah diserahterimakan, selanjutnya tanggung jawab pengelolaan ada di tangan Pemkab Sukabumi.”

Mungkin Anda Menyukai