Eksis AirNav Indonesia, Absahabat Para Pilot Hingga Komunitas Bus Mania di Hub Space 2024

 Ada AirNav Indonesia, Sahabat Para Pilot Hingga Komunitas Bus Mania di Hub Space 2024
Hub Space 2024 menampilkan kinerja berbagai pihak yang berkontribusi dalam sektor perhubungan, termasuk AirNav Indonesia dan para pecinta transportasi publik.(Dok Hub Space 2024)

AirNav Indonesia, perusahaan milik negara yang bergerak di bidang pemanduan lalu lintas udara hingga kreator konten dengan spesialisasi video tentang bus, Adit Sayuti tampil dalam Hub Space 2024, acara yang digelar Kementerian Perhubungan di JIExpo, Jakarta, Jumat hingga Sabtu, 6-7 September 2024. 

Acara pameran itu menampilkan kinerja dan temu wicara berbagai pemangku kepentingan di sektor perhubungan, di antaranya BUMN, swasta, komunitas, hingga kreator konten. Rangkaian kegiatan yang dibuka untuk umum itu dibuka Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Hub Space merupakan kegiatan yang bertujuan menyampaikan capaian sektor transportasi dan apresiasi terhadap pihak-pihak yang berkontribusi besar terhadap kepentingan-kepentingan transportasi untuk mendukung konektivitas di Indonesia selama 10 tahun terakhir,” kata Budi Karya.

Cek Artikel:  Wapres Kontribusi Ekonomi Syariah Lelah Rp155 Triliun di 2030

Baca juga : Direktur Bulog Paparkan Penerapan ESG dalam ICMEM 2024 yang Digelar SBM ITB

Budi Karya, dalam paparannya menyatakan pembangunan dan rehabilitasi telah dilakukan pada sektor transportasi udara, laut, dan darat, di antaranya ratusan pelabuhan, puluhan bandara, dan membuat rel ganda kereta. “Kami membangun 45 Proyek Strategis Nasional (PSN), 193 pembangunan rehabilitasi pelabuhan-pelabuhan yang di ujung utara, selatan, barat, hingga timur. Rehabilitasi juga dilakukan pada 91 bandara dan membangun lebih dari  25 bandara. Kemenhub juga  membangun 157 terminal dan 80 program kereta api, termasuk rel ganda, di sekitar Jabodetabek,” ujar Budi Karya.

Kerja bersama itu, kata Budi Karya, membuat jarak tempuh antar daerah menjadi lebih cepat dan menunjang mobilitas warga. “Perjalanan kereta Jakarta-Surabaya yang tadinya 10 jam sekarang menjadi 8 jam, Jakarta-Solo semula 8 jam sekarang 6 jam. Ini telah membuat minat masyarakat menggunakan kereta api kian tinggi,” tuturnya.

Cek Artikel:  Pengusaha Pastii Transaksi Digital Dapat Hindari Penggelapan Duit

Kolaborasi juga dilakukan dengan pemerintah daerah untuk bersama membangun transportasi yang terjangkau, nyaman, dan berkeadilan. “Ditandai bagaimana pemerintah konsisten membangun fasilitas kapal perintis di Indonesia timur, kapal tol laut, kapal ternak, serta jembatan udara di Papua, Sulawesi, Kalimantan maupun Sumatera.

AirNav Indonesia atau Perusahaan Lumrah Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia, mempresentasikan kerja mereka yang sehari-hari lebih banyak berinteraksi dengan pilot dan pihak maskapai. AirNav Indonesia bertugas mengawal keselamatan dan pelayanan navigasi penerbangan di wilayah Indonesia bagi maskapai Indonesia maupun perusahaan penerbangan asing yang melintasi Nusantara. Istimewanya, AirNav juga telah berkontribusi pada aspek lingkungan karena salah satu layanannya adalah memberikan rute terbang yang lebih singkat sehingga menghemat bahan bakar. Selain itu, AirNav juga telah merekrut pegawai disabilitas sesuai regulasi Kementerian BUMN serta setiap tahunnya menerbitkan Sustainability Report. 

Cek Artikel:  Jokowi Berkantor di IKN, Pelaku Usaha Hotel Qubika Optimis dengan Investasi IKN

Sementara, Adit Sayuti yang memiliki akun YouTube  Mlaku Mlaku mengisahkan tentang kecintaannya pada dunia bus. Ia telah membuat aneka video keseruan menggunakan transportasi publik itu hingga lintas pulau Nusantara. (X-8)

Mungkin Anda Menyukai